twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 05 Juni 2022

Aksi Heboh Mahasiswa Masak Satu Set Menu di Kitchen Plaza Segi Delapan Surabaya Barat


Mahasiswa Tristar Cruise Sukses Gelar Fine Dining ala Western nan Elegan di French & Continental Restaurant


UNTUK kali kesekian, mahasiswa Tristar Cruise B Class yang berkampus di Kampus D Plaza Segi Delapan Sukomanunggal, Surabaya Barat, sukses menggelar acara Fine Dining ala Western Styles yang dikemas layaknya jamuan makan resmi di hotel berbintang atau kapal pesiar mewah, Rabu (25/05/2022) malam. Mahasiswa Cruise B Class tersebut sehari-hari diasuh Chef Lusiana dan Chef Suhendra Hardja, Dosen Pengajar Tristar Cruise International Training Centre (member of Tristar Group).


 

Gelaran Fine Dining ala Western Styles di French & Continental Restaurant tersebut, di-set up sedemikian rupa sehingga penataannya terkesan elegan dan berkelas, dengan berhias pernak pernik khas restoran yang menyajikan satu set menu lengkap masakan Continental Cuisines dengan tampilan mewah dan superlezat rasanya.


Penataan meja yang terkesan mewah untuk acara fine dining itu wajib hukumnya karena disesuaikan dengan kehadiran 12-15 orang tamu (undangan) berstatus Very Important Person (VIP) yang menuntut pelayanan spesial dan memuaskan tentunya.


 

Penataan meja makan untuk perhelatan fine dining itu pun dipercayakan kepada Onasis Samboro sebagai leader di bagian Food & Beverage Service (FBS) bersama empat orang waiters/waitrees dengan balutan busana khas French & Continental Restaurant. Sedangkan kru kitchen-nya sendiri sebanyak enam orang, yang dimotori langsung oleh Chef De Party (CDP), Dana Wahyu.


Dana, sapaan akrab mahasiswa Tristar Cruise B Class bersama lima anggota timnya harus berjibaku di hot kitchen French & Continental Restaurant demi membuat Butterfly Ice Tea (Welcome Drink), Chicken Wings with Cheese Sauce (Welcome Snack), masak Sauteed Mushroom Canape (Appetizer), Vichyssoise (Soup), Chicken Steak with Black Pepper Sauce (Main Course) dan Lemon Curd Tart Dome Entremet (Dessert).


Menurut Dana, Butterfly Ice Tea untuk Welcome Drink ini memanfaatkan bunga Telang kering diseduh dengan air panas seperti menyeduh teh lalu tunggu sampai dingin yang ditandai dengan warna ungu. Selanjutnya tambahkan perasan sari lemon, gula dan air direbus sampai meleleh dan ice cube + di-garnish agar tampilannya semakin keren.


Sedangkan untuk Welcome Snack-nya sendiri, tim kitchen telah menyiapkan Chicken Wings with Cheese Sauce yang gurih rasanya karena digoreng dengan balutan tepung yang telah dibumbui dengan cheese sauce.


Sauteed Mushroom Canape adalah salah satu menu masakan klasik dari Eropa yang biasa disajikan sebagai menu pembuka (Appetizer). Teksturnya soft yang berasal dari olahan onion, green chilli dan mushroom yang di-sauteed bersama butter. Sauteed Mushroom Canape biasanya dihias cantik lebih dulu dengan herbs agar tampilannya keren sehingga menggoda selera makan Anda.


Sedangkan Vichyssoise merupakan salah satu jenis sup legendaris yang dikenalkan kali pertama oleh Chef Louis Diat dari Prancis pada 1917 silam. Sup spesial ini terbuat dari olahan kentang yang sudah dihaluskan dan ditambah bumbu penyedap dengan rasa sedikit pedas. Cocok banget jika dihidangkan dalam keadaan panas. Vichyssoise, a chilled creamy potato and leek soup!


Sementara itu menu Main Course-nya adalah Chicken Steak with Black Pepper Sauce. Salah satu menu utama andalan French & Continental Restaurant ini berupa potongan Chick Breast lalu dipanggang hingga matang sempurna bersama ramuan bumbu khas steak yang lezat.


Untuk penyajiannya sendiri, daging ayam itu diguyur Black Pepper Sauce yang kental dan rasanya sedikit pedas dengan aroma khas serta ditambahkan bahan pelengkap seperti jagung manis pipil, wortel, buncis dan brokoli rebus, menjadi hidangan istimewa dalam jamuan makan malam.


Sedangkan menu penutupnya sendiri dipilih salah satu cake kekinian yang keren tampilannya, yakni Lemon Curd Tart Dome Entremet. Cake dengan tampilan mewah yang teksturnya lembut dengan warna permukaannya mengkilap, pas banget untuk menyempurnakan suasana fine dining malam itu.


Penyajian Butterfly Ice Tea, Chicken Wings with Cheese Sauce dan menu-menu yang lainnya dipercayakan kepada Onasis bersama anggota tim FBS. Selama prepare untuk gelaran fine dining tersebut, mahasiswa Tristar Cruise B Class itu disupervisi langsung oleh Chef Lusiana dan Chef Suhendra Hardja, agar segala sesuatunya bisa berjalan lancar sesuai ekspektasi. Good jobs! Bro & Sis. Congratulations


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Tristar Cruise International Training Centre (member of Tristar Group) di Gedung Graha Tristar, silakan menghubungi Tim Marketing di Front Office (FO) Tristar Group, Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar