twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Jumat, 04 November 2022

Memotret Keseruan Mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Sukseskan Program Entrepreneur


Sebelum Masuk Tahap Produksi, Dua Tim Mahasiswa Pastry Art Kelas A-1 Pagi, Presentasikan Proposal dan Test Food di Kitchen Graha Tristar


GELARAN Program Entrepreneur bagi mahasiswa Pastry Art Class Akpar Majapahit kembali bergulir. Kali ini giliran 15 orang mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi yang terbagi dalam dua tim ditantang Dosen Pengajar Pastry Art Chef Dwi Mei Retnowati, untuk mempresentasikan proposalnya dan menggelar test food, di Kitchen Patisserie 1 Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Rabu (02/11/2022) pagi.

 

Sebelum presentasi proposal, dua tim mahasiswa itu menghelat test food lebih dulu di Kitchen Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Surabaya. Tim A yang dimotori Fransisca Nathalia bersama tujuh personel lainnya harus berjibaku di cold kitchen UR Daily Bake, demi membuat Paste Tutup dengan tampilan kekinian nan keren.

 

”Untuk memasarkan produk pastry yang berasa asin/gurih (savoury taste) tersebut, kami memanfaatkan jaringan media sosial seperti Instagram (IG): @urdailybake dan menerapkan everybody sales. Artinya, masing-masing anggota tim juga proaktif menjual produk tersebut agar target minimal 75 package untuk setiap kali produksi bisa tercapai,” terang Sisca sapaan akrabnya di dampingi Fitri Febrina Istiqomah.

 

Masih menurut Fransisca, harga satu paket berisi dua buah Paste Tutup dibandrol Rp 25.000. Harga tersebut terbilang pantas karena biaya produksi untuk membuat produk pastry tersebut tidak lebih dari Rp 10.000-an.



Sementara itu untuk modal awal sudah terkumpul sebesar Rp 800.000. Uang sebanyak itu berasal dari hasil urunan delapan orang anggota @ Rp 100,000 per orang,” ujar Fransisca kepada kru www.sekolahmasak.info, Rabu (02/11/2022) siang.

 

Hal sama juga dilakukan Naomi Chrissanta Felicia bersama enam orang anggota Tim B yang tampil all out di kitchen Dezato Ten (artinya Toko Dessert, dalam Bahasa Jepang), demi membuat Éclair yang cantik, menarik dan berkelas tentunya. Éclair-nya sendiri merupakan salah satu dessert yang berasa manis (sweet taste).

 

”Demi memasarkan Éclair-nya nanti agar hasilnya sesuai ekspektasi yakni 70-75 package setiap kali proses produksi, maka Tim B juga sudah menyiapkan kemasan nan cantik demi memikat konsumen yang sudah mulai ditawarkan secara online melalui media sosial, IG: dezato_ten maupun direct selling oleh masing-masing individu anggota Tim B,” tutur Naomi.

 

Sesuai hasil kesepakatan segenap personel di Tim B, maka harga Éclair per package-nya dipatok Rp 30.000 isi empat buah. Sedangkan biaya produksi untuk setiap paketnya bermain pada kisaran Rp 16.500-an.

 

Sementara itu Dosen Pembimbing Program Entrepreneur Pastry Art Class Akpar Majapahit, Chef Dwi Meri Retnowati mengatakan, sesuai kalender Akademik 2022, proses produksi yang dilakoni mahasiswa Pastry Art Class Akpar Majapahit demi menyukseskan Program Entrepreneur dicanangkan dua kali.

 

”Produksi tahap pertama dijadwalkan pada 2 Desember 2022, sedangkan proses produksi tahap kedua diperkirakan sekitar 9 Desember mendatang, sebelum liburan Natal dan Tahun Baru 2023,” ujar Chef Mei, di ruang kerjanya.

 

Sebelum masuk ke tahap produksi, maka pihaknya meminta masing-masing tim untuk menggelar tesf food dan mempresentasikan proposalnya. Ketatnya penilaian pada tahapan ini karena dosen pembimbing ingin menyampaikan masukan, arahan, mengevaluasi dan memberikan finishing touch agar hasil kerja masing-masing tim nantinya sesuai ekspektasi. Good jobs! Bro & Sis. Very impressive

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar