twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 06 November 2022

Asyiknya Mahasiswa Belajar Teknik Pengolahan Basic Bread Bersama Chef Renny Savitri


Mahasiswa Pastry Art Kelas A-2 Pagi Praktik Buat Twist Bread Three Strand, Eight Roll Bread dan Cone Bread di Kitchen Modern Graha Tristar


MAHASISWA Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi yang sehari-hari diasuh oleh Chef Renny Savitri, antusias belajar Teknik Pengolahan Basic Bread. Pada tatap muka hari kedua, Rabu (26/10/2022) lalu, mereka diajarkan cara membuat tiga kreasi breads, yakni Twist Bread Three Strand, Eight Roll Bread dan Cone Bread yang keren, di Kitchen Patisserie 2, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Mahasiswa yang hadir pagi itu tampak antusias bekerja di kitchen-nya masing-masing, demi membuat tiga kreasi breads dengan tampilan kekinian sesuai pembagian tugas yang diberikan dosen pembimbing praktik.


Setiap tim berupaya tampil all out di hadapan dosen pembimbing demi menghasilkan produk pastry yang berkualitas sesuai standar industri perhotelan. Pasalnya, usai mem-plating tiga kreasi breads itu, hasil kreasi masing-masing kelompok dievaluasi langsung oleh Chef Renny.


Tak salah jika masing-masing tim pun kerja keras untuk membuat produk pastry dengan sebaik-baiknya seperti arahan Chef Renny. Tim 1 misalnya, tampil percaya diri saat bekerja di kitchen demi membuat Twist Bread Three Strand yang cantik, menarik dan berkelas.


Begitu juga dengan Tim 2, yang kebagian tugas membuat kreasi Eight Roll Bread, tampil kompak saat bekerja di kitchen, sejak prepare bahan, mengolah hingga mem-plating-nya agar tampilannya memikat hati. Sedangkan Tim 3 tampil penuh semangat ketika bekerja di kitchen demi mempersembahkan Cone Bread ala hotel berbintang.


Selama di cold kitchen kampus, tiga mahasiswa anggota Tim 1, misalnya, terlihat bahu-membahu membuat Twist Bread Three Strand. Bahan-bahan yang disiapkan untuk membuat adonan Twist Bread Three Strand adalah fresh milk dan bread flour (Bread Dough 1).


Selanjutnya bahan untuk membuat Bread Dough 2 sendiri meliputi bread flour (cakra kembar), medium flour (segitiga biru), yeast, bread improver, sugar, milk powder, salt, egg yolk, water, fresh milk, butter dan margarine.


Menurut Chef Renny, agar adonan Twist Bread Three Strand tersebut mengembang sempurna, maka roti setengah jadi itu harus di-proover lebih dulu selama 60 menitan, sebelum di-bake di dalam mesin pengovenan pada suhu 180*C selama 15-20 menit. Teknik membuat Twist Bread Three Strand ini menggunakan Tangzhong Method.


Sementara itu untuk menyiapkan filling dan toping-nya, maka bahan yang diperlukan adalah chocolate filling, peanut jam, sugar dan cashewnut. Untuk washing-nya sendiri menggunakan milk powder dan water.


Sedangkan mahasiswa yang menjadi anggotaTim 2 dan 3 pun harus berjibaku di Kitchen Patisserie 2, Lantai 2 Graha Tristar Surabaya, demi mempersembahkan Eight Roll Bread dan Cone Bread yang keren. Good jobs! Bro & Sis. Very nice


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Pastry Class Art Class di kampus Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)





 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar