twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 15 November 2022

Aksi Ciamik Mahasiswa Culinary Art Praktik Entrepreneur di Kitchen Modern Graha Tristar


Demi Sukseskan Program Entrepreneur, Tim A Persembahkan Kekian dan Tim B Tampilkan Buffalo Chicken Wings, Dua Kreasi Frozen Food Kekinian

 

PROGRAM Entrepreneur kembali bergulir. Demi menyukseskan program itu, maka 14 orang mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit (member of Tristar Group) Kelas A-2 Pagi (terbagi dalam dua tim) yang diasuh Chef Mario Alvin Jonathan, Dosen Pengajar Culinary Art Tristar Group, ditantang untuk mengikuti gelaran food test di hot kitchen kampus, sebelum dua kreasi produk frozen food kekinian, yakni Kekian dan Buffalo Chicken Wings dalam kemasan itu dipasarkan kepada masyarakat umum.

 

Kegiatan food test yang dihelat di Kitchen Modern 2 Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Selasa (11/11/2022) pagi, diikuti dua tim. Mereka pun tampil all out demi mempersembahkan dua kreasi produk frozen food kekinian terbaiknya di hadapan dosen pembimbing.

 

Selama bekerja di hot kitchen, Tim A yang dimotori Evan Alexander bersama enam personel lainnya tampil ciamik demi menyiapkan dua varian kekian yang delicious rasanya. Dua varian kekian tersebut adalah Chicken Kekian dan Shrimp & Chicken Kekian, sehingga calon konsumen bisa memilih Kekian mana yang disuka.

 

”Dalam setiap kemasan, Kekian yang sudah di-slice itu dilengkapi dengan satu sachet Bangkok Sauce sebagai sambalnya,” ujar Alexander di dampingi Christy Angelica, di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya, Selasa (11/11/2022), pekan lalu.

 

Selama proses membuat produk frozen food tersebut, Chef Mario Alvin Jonathan pun terus memantau apa saja yang dilakukan anak didiknya, sejak prepare bahan, memprosesnya jadi kekian hingga produk frozen food kekinian tersebut dikemas dalam vacuum food sealer machine.

 

”Dari kalkulasi sementara, selling price yang kami patok untuk Chicken Kekian with Bangkok Sauce dibandrol Rp 25.000, sedangkan Shrimp & Chicken Kekian with Bangkok Sauce harganya Rp 27.000 per paket,” terang Alexander kepada kru www.sekolahmasak.info, di sela kesibukannya bekerja di hot kitchen kampus.

 

Meskipun proses produksinya sendiri (untuk tujuan komersial) baru dilakoni pada 26 November 2022 dan 01 Desember 2022 mendatang, namun pihaknya sudah prepare sejak pekan kedua November 2022 lalu. Pasalnya, masing-masing tim wajib menyusun proposal dan mempresentasinya, membuat foto produk masakan ala studio dan mengikuti gelaran acara food test, sebelum running ke proses produksi di hot kitchen kampus pada pekan terakhir November 2022 dan awal Desember 2022.

 

Sementara itu tujuh mahasiswa Culinary Art Kelas A-2 Pagi yang tergabung dalam Tim B juga tidak mau kalah dengan rekannya dari Tim A. Wendelira Arung bersama enam anggota Tim B lainnya pun tampil percaya diri, saat mengikuti gelaran food test di kitchen kampus, demi membuat Buffalo Chicken Wings yang tasty & deliciously.

 

Produk frozen food kekinian yang dipersembahkan Tim B ini merupakan produk setengah jadi yang dijual dalam kemasan plastik kedap air dan udara. Dari perhitungan sementara, harga jual satu paket Buffalo Chicken Wings yang sudah dibumbui tersebut dibandrol Rp 15.000-an. Harga tersebut belum termasuk ongkos kirim yang besarannya tergantung jauh dekatnya alamat pelanggan.

 

Demi menambah daya tarik konsumen untuk memberi produk tersebut, Chef Jo, sapaan akrab Mario Alvin Jonathan menyarankan kepada tim B untuk membuat dua varian rasa, yakni Buffalo Chicken Wings rasa original (asam manis dan tidak pedas), sedangkan varian yang kedua, Buffalo Chicken Wings yang hot (berasa pedas).

 

Pasalnya, lanjut Chef Jo, saat food test tersebut, Tim B baru sebatas mem-plating Buffalo Chicken Wings, belum menunjukkan bagaimana tampilan kemasannya jika nanti produk frozen food kekinian itu ditawarkan kepada konsumen.

 

Produk frozen food kekinian yang ditawarkan Tim A itu mengibarkan merek dagang Kekian. Frozen Food Kekinian. Sedangkan Tim B mengangkat merek dagang Laperz. Selain itu untuk mendukung penjualan dan promosi produk makanan tersebut secara online system, masing-masing tim juga memanfaatkan layanan media sosial melalui Instagram (IG) dan WhatsApp (WA).



”Melihat antusiasme masing-masing tim yang tampil all out saat menggelar food test di hot kitchen kampus, saya semakin optimistis jika target penjualan 100 paket frozen food kekinian untuk setiap tim (dengan dua kali produksi) yang dikemas menarik bisa tercapai,” ujar Chef Jo di hadapan anak didiknya. Good jobs! Bro & Sis. The most incredible

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar