twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 28 November 2022

Melihat Keseruan Aksi Mahasiswa Belajar Teknik Pengolahan Sweet Bread Bersama Chef Mei


Tiga Kali Pertemuan, Mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi Diajarkan Buat Sembilan Kreasi Sweet Bread Kekinian nan Keren


SETELAH diajarkan teknik membuat aneka kreasi Enriched Bread, sekarang giliran mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi, praktik membuat sembilan kreasi Roti Manis (Sweet Bread) dalam tiga kali pertemuan bersama Dosen Pengajar Pastry Art Tristar Group Chef Dwi Mei Retnowati S.Si., di Kitchen Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Selama tiga kali pertemuan, Dosen Pengajar Pastry Art Tristar Group itu mengajarkan cara membuat sembilan resep Roti Manis (Sweet Bread) kekinian yang cantik dan keren. Pertemuan hari pertama, Rabu (16/11/2022), misalnya, mahasiswa diajarkan cara membuat tiga kreasi Roti Manis yakni Chocolate Almond Babka Bread, Cinnamon Braided Roll Bread dan Five Strand Braid Bread.


Sedangkan pada tatap muka hari kedua, Selasa (22/11/2022) pagi, mahasiswa Pastry Art Kelas A-1 Pagi kembali dibekali tiga resep Roti Manis (Sweet Bread) yang lain, yakni Potato Donut, Barliner (Bomboloni) dan Viennoise Deux.


Sementara itu pada pertemuan hari terakhir, tepatnya pada Rabu (23/11/2022) pagi, Chef Mei mengajarkan teknik membuat tiga resep Sweet Bread yang berbeda dari sebelumnya, yakni Melon Bread, Mocha Bun Bread dan Bread Cake.


Ditemui kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, Rabu (23/11/2022) pagi, Chef Mei mengatakan, 15 orang mahasiswa Pastry Art Class –terbagi dalam lima tim-- yang hadir pagi itu diminta membuat Melon Bread, Mocha Bun Bread dan Bread Bread sesuai job-nya masing-masing.


Tim A dan B kebagian tugas membuat Melon Bread, sedangkan Tim C dan D diminta membuat Mocha Bun Bread dan Tim E mendapat tugas dari Chef Dwi Mei Retnowati untuk membuat Bread Cake dengan tampilan kekinian nan cantik dan keren.


”Baik Melon Bread, Mocha Bun Bread maupun Bread Cake masuk dalam kelompok Sweet Bread Hybrid. Untuk membuat Melon Bread dan Mocha Bun Bread, adonan yang dibuat mahasiswa memadupadankan adonan bread dengan adonan cookies, sedangkan Bread Cake mengombinasikan adonan bread dan adonan cake,” terang Chef Mei, sapaan akrabnya.


Demi membuat Bread Cake sesuai standar industri, maka bahan yang dibutuhkan untuk membuat dough-nya adalah bread flour, all purpose flour, yeast, bread improver, sugar, salt, water, butter dan vanilla paste.


Sementara itu demi membuat filling-nya, maka bahan yang disiapkan hanya frozen butter (Orchid). Sedangkan untuk menyiapkan topping-nya sendiri bahannya terdiri dari margarine, icing sugar, egg, bread flour dan vanilla paste.


Adonan Bread Cake yang sudah siap lalu dimasukkan kotak alumunium persegi panjang (masing-masing ukurannya @ 200 gram). Sebelum di-bake selama 12-15 menitan pada suhu (atas) 150*C dan suhu (bawah) 170*C, maka Bread Cake tersebut di-proofer (mesin pengembang roti) lebih dulu sekitar 60 menitan.


Selain mendampingi mahasiswa yang kebagian tugas membuat Bread Cake, Chef Mei dengan telaten juga mengawal mahasiswa lain yang mendapat tugas membuat Melon Bread dan Mocha Bun Bread.


”Setelah semuanya matang, maka tiga kreasi roti manis itu kemudian di-plating dan di-garnish sesuai kreativitas masing-masing tim. Hasil kerja setiap tim lalu di-display di meja uji untuk kita evaluasi bersama,” jelas Chef Dwi Mei Retnowati kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, pekan lalu. Good jobs! Bro & Sis. Very very impressive


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class di Kampus Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar