twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 24 November 2022

Aksi Heboh Mahasiswa Praktik Buat Aneka Kreasi Bread House di Kitchen Graha Tristar


Mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi Tampilkan Snow Village dan The Dwarfs Village, Dua Kreasi Bread House yang Keren


SELAMA empat kali pertemuan pada pekan keempat bulan November 2022, sekitar 15-an mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi, yang dibimbing Chef Sari Palupi, berjibaku di Kitchen Patisserie 2, Lantai 2 Graha Tristar Jl, Raya Jemursari No. 244 Surabaya, demi membuat Snow Village dan The Dwarfs Village, dua kreasi Bread House yang keren.


Dari 15 mahasiswa Pastry Art Class tersebut, mereka dibagi menjadi dua kelompok kerja. Setiap tim yang rata-rata beranggotakan 7-8 orang, berupaya keras untuk tampil all out selama bekerja di cold kitchen, demi mempersembahkan dua kreasi Bread House dengan tampilan kekinian.


Setiap tim dituntut untuk menjada kekompakan selama bekerja di kitchen mengingat untuk membuat sebuah kreasi Bread House dari A sampai Z disediakan waktu empat kali tatap muka, terhitung sejak Senin (21/11/2022), hingga Rabu (23/11/2022), demi mempersembahkan dua kreasi Bread House sesuai tema yang diusung oleh masing masing tim.


Tim A yang dimotori Aisyah Aulia Hanum bersama dengan enam anggota kelompoknya tampil penuh semangat sejak prepare bahan, memproses aneka ornament dan aksesoris Bread House bertajuk Snow Village agar hasil akhirnya nanti sesuai dengan ekspektasi.


Tema Snow Village yang diusung Tim A ini menggambarkan keheningan sebuah desa di mana pada saat itu turun hujan salju yang begitu lebat, sehingga menutupi Sebagian besar rumah dan hamparan lahan kosong yang ada di desa tersebut.


Pada saat itu juga tidak terlihat aktivitas penduduk desa tersebut karena mereka lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga di kediamannya masing-masing. Hal itu dilakukan demi menghangatkan tubuh setelah menikmati turunnya salju pertama kali. Sebelumnya warga desa itu juga sibuk banget membuat aneka kreasi snowman sebagai tanda bahwa mereka pun antusias menyambut datangnya musim dingin. ”The winter is coming …”


Hal senada juga dilakukan delapan personel Tim B yang diketuai Zilfa Nadia. Gadis cantik dengan hijab di kepala itu bahu-membahu bersama tujuh personel lainnya, sejak tatap muka hari pertama hingga hari terakhir, demi menampilkan kreasi Bread House kekinian yang berjudul The Dwarfs Village.


The Dwarfs Village mengisahkan kegirangan para kurcaci menyambutnya perayaan Natal di desanya. Dengan menikmati sekeranjang penuh kue yang menggambarkan kebahagiaan dan kebersamaan menyambut datangnya musim dingin dengan berkumpul bersama di gubuk mereka. ”May it brings joy through the winter…”


Bread House kekinian hasil kreasi mahasiswa Pastry Art Kelas A-2 Pagi tersebut dinilai berdasarkan aspek tampilan & kreativitas, tema yang diangkat, dan teamwork,” kata Chef Sari Palupi, Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit, di ruang kerjanya, Rabu (23/11/2022) siang.


Bahan untuk membuat kreasi Bread House terdiri dari bread flour, sugar, egg, fresh milk, ginger powder, baking soda, ammoniac powder, honey dan water. Selain itu, masing-masing tim mahasiswa juga diminta membuat Royal Icing. Bahannya meliputi icing sugar, egg white dan vinegar. Sementara itu untuk membuat Bread Clay-nya sendiri, maka bahan yang dibutuhkan adalah bread flour, salt, water dan margarine.


Masih menurut Chef Sari Palupi, Snow Village yang dibuat oleh Tim A, personelnya terdiri dari Aisyah Aulia Hanum, Ayustin Agitha Prastika, Desi Antika, Vaneza Lawrence Supit, Margareth Tesalonika Paat, Wan Ersa Fi Sabilillah, Nicolaus Caesario Nugraha dan Yohanes Sadewa Putra Nugraha,   


Sedangkan Tim B anggotanya terdiri atas Zilfa Nadia, Cindy Rizky Aulia, Ramadhani Arung Samudera, Abraham Stefan Wicaksono, Habib Taufiqurrahman, Kenneth Jeconiah Chinlandra, Juanito Dio Rafael dan Reynaldy Dwi Pangga Krisna dengan bangga mempersembahkan kreasi terbaiknya, yakni The Dwarfs Village.


”Saya apresiasi banget atas kerja keras kedua tim mahasiswa Pastry Art Kelas A-2 Pagi yang menampilkan Snow Village dan The Dwars Village, dua kreasi Bread House yang keren, ” ujar Chef Upi, sapaan akrab Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Mahapahit di ruang kerjanya, kemarin. Amazing banget! Good jobs Bro & Sis


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class di Kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit (member of Tristar Group), Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar