twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 10 November 2022

Asyiknya Belajar Teknik Dasar Pengolahan Basic Bread Bersama Chef Dwi Mei Retnowati


Kerennya Corn Fla Bread, Japanese Soft Bread dan Twist Bread Three Strand, Tiga Kreasi Bread Legendaris Persembahan Mahasiswa Pastry Art Class


PADA pertemuan hari ketiga, Rabu (26/10/2022) lalu, mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit (member of Tristar Group) Kelas A-1 Pagi yang dibimbing Chef Dwi Mei Retnowati kembali diajarkan Teknik Dasar Pengolahan Roti (Basic Bread), demi membuat tiga kreasi bread legendaris dengan tampilan kekinian, yakni Corn Fla Bread, Japanese Soft Bread dan Twist Bread Three Strand, di Kitchen Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No, 244 Surabaya.


Materi praktik Basic Bread dilakoni mahasiswa dimulai pada pekan terakhir Oktober 2022 lalu, tepat pada Senin (24/10/2022) dan Rabu (26/10/2022). Pertemuan hari pertama, mahasiswa diajarkan membuat tiga kreasi bread, yakni Baguette, Italian Bread dan Black Sesame Seed Bun.


Sedangkan pada tatap muka hari kedua, Chef Mei mengajarkan cara membuat tiga resep bread yang berbeda demi membuat Eight Roll Bread, Pizza Roll dan Cone Bread. Praktik di Kitchen Patisserie Graha Tristar Surabaya.


Sementara itu pada pertemuan hari terakhir, Rabu (26/10/2022) lalu, mahasiswa kembali diajarkan membuat tiga kreasi Basic Bread yang legendaris, yakni Corn Fla Bread, Japanese Soft Bread dan Twist Bread Three Strand yang keren tampilannya.


Selama praktik di cold kitchen tersebut, masing-masing tim tampil antusias demi mempersembahkan aneka kreasi bread yang keren tampilannya sesuai job desc yang diberikan Chef Mei, sapaan akrab Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit tersebut.


Setiap tim pun berupaya tampil all out di hadapan Chef Mei demi menghasilkan produk pastry yang berkualitas sesuai standar industri perhotelan. Pasalnya, usai mem-plating empat kreasi bread itu, hasil kreasi masing-masing kelompok dievaluasi oleh Dosen Pengajar Pastry Art Class tersebut.


Tak salah jika masing-masing tim pun kerja keras untuk membuat produk pastry dengan sebaik-baiknya seperti arahan Chef Mei. Tim A, misalnya, tampil percaya diri saat bekerja di cold kitchen Graha Tristar, demi membuat Corn Fla Bread yang cantik, menarik dan berkelas.


Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Corn Fla Bread terdiri dari bread flour, yeast, bread improver, sugar, milk powder, salt, egg, water, butter dan margarine. Sedangkan bahan untuk membuat filling-nya adalah RAP instant, cold water, corn kernel, cheddar cheese, egg yolk dan fresh milk.


Sedangkan Tim B dan Tim C yang diberi tugas membuat Japanese Soft Bread, juga tak kalah serunya saat berjibaku di kitchen kampus. Mereka tampil penuh semangat sejak prepare bahan yang terdiri dari komachi flour, yeast, bread improver, sugar, milk powder, salt, egg yolk, water, ice cube, fresh milk dan butter unsalted (anchor/orchid), memproses adonannya hingga mem-plating produk pastry tersebut.


Adonan Japanese Soft Bread yang sudah kalis dimasukkan loyang persegi ukuran 18x18 cm2 kemudian diberi filling berupa cheddar cheese dan chocolate rice. Lalu adonan itu didiamkan beberapa saat sampai mengembang dan permukaan atasnya diolesi dulu dengan campuran milk powder dan water, barulah di-bake pada suhu 180*C selama 15-20 menitan.


Tidak mau kalah dengan rekannya, maka mahasiswa dari Tim D dan E ini juga antusias bekerja di Kitchen Patisserie Graha Tristar Surabaya saat praktik Basic Bread, demi mempersembahkan Twist Bread Three Strand dengan tampilan kekinian.


Menurut Chef Mei, selama selama praktik Basic Bread, mahasiswa wajib mengenal bahan-bahan yang dipakai termasuk manfaat yeast (ragi roti) dan fungsinya sejak awal belajar di Pastry Art Class Akpar Majapahit.


”Mereka juga harus paham 12 step pembuatan roti secara baik dan benar dan tahu cara mengoperasikan blender, mixer, proofer dan oven machine saat nge-bake roti,” tandas Chef Dwi Mei Retnowati kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya. Good jobs! Chef. Very cool

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di Kampus Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar