twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 26 November 2023

Asyiknya Mahasiswa Belajar Buat Aneka Kreasi Chocolate Praline Bersama Chef Sari Palupi


Usai Praktik di Cold Kitchen Graha Tristar, Mahasiswa Pastry Art Persembahkan Rhum Truffle, Crunchy Peanut Butter Balls dan Strawberry & Biscuit Truffle yang Cute

 


DOSEN Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit Chef Sari Palupi kembali berbagi ilmu dengan 15-an mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi, seputar cara membuat enam kreasi Chocolate Praline dengan tampilan masa kini selama dua kali tatap muka. Untuk praktiknya sendiri dihelat di Kitchen Patisserie 1, Lantai 2, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Senin (19/11//2023) pagi.

 

Sebelum praktik membuat aneka kreasi Chocolate Praline, Chef Sari Palupi menerangkan sejarah singkat Chocolate Praline menjadi suatu olahan coklat eksklusif dan menjadi pilihan keluarga bangsawan, ketika memberikan hadiah kepada mereka yang dianggap penting. Jadi wajar saja bila Chocolate Praline sangat jarang dikonsumsi oleh warga biasa pada saat itu.

 

Chocolate Praline diyakini bermula dari seorang Chef Duke of Plessis-Praslin, yang secara tidak sengaja menumpahkan gula mendidih yang meleleh pada bubuk almond. Kemudian lahirlah kata Praline.

 

Chocolate Praline sendiri adalah sejenis permen coklat yang biasa di dalamnya berisi isian buah kering berupa kismis atau kacang-kacangan seperti hazelnut atau isian lain misalnya caramel dan sebagainya. Berbentuk bulatan kecil-kecil atau persegi dan ada juga yang berwarna-warni.

 

Biasanya Chocolate Praline dikemas secara satuan (per butir) dalam kemasan kado. Chocolate Praline biasa dijadikan hadiah Hari Ulang Tahun Kelahiran atau Hari Kasih Sayang seperti Valentine Day. Chocolate Praline juga cocok banget diberikan sebagai hadiah untuk orang-orang yang dicintai seperti pasangan, teman atau keluarga.

 

Sebelum praktik membuat enam kreasi Chocolate Praline dalam dua kali pertemuan, Chef Sari Palupi menjelaskan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang teknik pembuatan dan pencetakan Chocolate Praline menggunakan silicon mold dan membuat Chocolate Praline secara manual dengan telapak tangan.

 

Pada pertemuan hari pertama, Senin (19/11/2023) pagi, sebanyak 15 mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi yang hadir pagi itu dibagi dalam lima tim (Tim A, B, C, D dan E). Mereka diajarkan Chef Sari Palupi bersama asistennya, Chef Gabriel Nathania AMd.Par., S.TP., membuat tiga kreasi Chocolate Praline yang imut, lucu dan cute banget tampilannya.

 

”Lima tim mahasiswa Pastry Art Class itu mendapat tugas membuat tiga kreasi Praline, yakni Rhum Truffle (Tim A), Crunchy Peanut Butter Balls (Tim B dan C) dan Strawberry & Biscuit Truffle (Tim D dan E),” kata Chef Upi, sapaan akrabnya, di sela-sela kesibukannya mendampingi mahasiswa praktik di Kitchen Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Surabaya, pekan lalu.



Demi membuat tiga kreasi truffles tersebut, masing-masing tim pun cukup memanfaatkan ketrampilan tangan tanpa menggunakan silicon mold. Tampilan truffles cenderung warnanya nge-dop (buram) atau tidak mengkilap, permukaan kasar dan tidak beraturan bentuknya.

 

Sedangkan pada pertemuan hari kedua, Selasa (20/11/2023) pagi, mahasiswa Pastry Art Class itu kembali membuat tiga kreasi Chocolate Praline yang berbeda dari sebelumnya. Tiga kreasi Praline masa kini tersebut adalah Mocha Caramel Praline, Strawberry Cheese Praline dan Lemon Cream Praline sesuai arahan dan pembagian tugas dari Dosen Pengajar.

 

Dari tiga resep tersebut, indikasi kreasi Chocolate Praline yang dibuat mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi tersebut berhasil jika tampilan permukaan produknya rata-rata mengkilap, lucu, imut dan cute banget penampilannya.

 

Oleh karena itu, setiap tim diminta menggunakan cetakan silikon (silicon mold) dengan berbagai karakter seperti wajah teddy bear, blossom flower, ball, star, clamshell, scallob dan sebagainya yang imut, lucu dan cute tampilannya.

 

Demi menghasilkan tampilan produk Chocolate Praline yang menarik, mahasiswa juga harus paham teknik pengolahan coklat yang benar dan penggunaan bahan pewarna makanan (food coloring) yang tepat, sebelum praktik membuat Chocolate Praline di Kitchen Patisserie Graha Tristar Surabaya.

 

”Untuk hasil terbaik, mahasiswa juga diminta terus mempertajam kreativitasnya dalam mem-plating produk Chocolate Praline yang baru selesai dibuat. Jika saat mengambil praline ada bagian pinggirannya yang belum rata, bisa Anda rapikan dengan gunting kecil agar finishing-nya nanti terlihat halus, menarik dan rapi,” kata Chef Upi memberi tips kepada anak didiknya.


Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar