twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 16 November 2023

Dari Keseruan Acara Kunjungan Industri di Kampus Tristar Culinary Institute Graha Tristar Surabaya


Kepala Sekolah Bersama Lima Guru dan 68 Siswa SMK Negeri 2 Tuban Diajak Tour Campus, Lihat Fasilitas Kitchen hingga Ramaikan Cooking Demo Buat Kimbab, Sushi ala Negeri Ginseng  


DEMI lebih mendekatkan siswa dengan dunia industri khususnya dengan Lembaga Pendidikan Tinggi yang membuka program Studi Perhotelan, Tristar Culinary Institute (TCI) yang berkampus di Gedung Graha Tristar Jl, Raya Jemursari No. 244 Surabaya, kedatangan rombongan tamu yang terdiri dari 68 siswa Jurusan Tata Boga SMK Negeri 2 Tuban di dampingi Kepala Sekolah bersama lima orang guru, Kamis (09/11/2023) pagi.


Kedatangan tamu yang dipimpin Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Tuban, Heny Indariani pagi itu disambut Kabag Kemahasiswaan & Hubungan Kerjasama Kelembagaan Dalam dan Luar Negeri Tristar Group, Imania Ayu Wulandari MMPar., Farah dari Divisi Marketing & Humas serta Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Tristar Group, Yuliana Putri L., bersama sejumlah pengurus di lobi Graha Tristar Surabaya.


Sebelum mendengarkan presentasi seputar Tristar Culinary Institute (TCI) dan jaringan kampus di bawah Tristar Group --yang berada di Surabaya, Batu, Semarang, Bogor, Tangerang (Jakarta), Pontianak dan Denpasar (Bali)-- dari Kabag Kemahasiswaan & Hubungan Kerjasama Kelembagaan Dalam dan Luar Negeri dan staff Marketing & Humas Tristar Group, pengurus BEM Tristar Group ajak tiga kelompok siswa SMK Negeri 2 Tuban bersama gurunya untuk mengikuti tour campus di lantai 2 dan lantai 3 Graha Tristar.


Rombongan siswa SMK Negeri 2 Tuban itu ditunjukkan dua ruangan Kitchen Patisserie berikut fasilitasnya mulai mesin oven, proover, chiller, mixer, kompor induksi hingga meja kerja, meja display produk hingga tempat cucian dari bahan stainless steel di Lantai 2 dan dua ruangan Kitchen Culinary di Lantai 3 Graha Tristar.


Siswa SMK Negeri 2 Tuban itu juga ditunjukkan hasil kreasi mahasiswa Pastry Art Class, usai mengikuti gelaran Baking Demo & Duplication bersama Chef Sari Palupi demi membuat Korean Folding Cake yang keren tampilannya, di Kitchen Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar.


Oleh Dosen Pengajar Pastry Art Tristar Group yang akrab disapa Chef Upi itu, baik Kepala Sekolah, guru dan siswa-siswi SMK Negeri 2 Tuban ditunjukkan Korean Folding Cake (dengan tiga varian rasa) yang sudah dikemas cantik dalam plastic box transparan. Dan sebagai cindera matanya, maka Korean Folding Cake dalam kemasan cantik itu diserahkan Chef Upi kepada Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Tuban.


Selanjutnya acara pamungkas yang ditunggu oleh siswa-siswi Jurusan Tata Buga SMK Negeri 2 Tuban adalah mengikuti gelaran Cooking Demo membuat Kimbab (makanan khas Negeri Ginseng Korea yang tampilannya mirip Japanese Food, Sushi).


Dalam cooking demo tersebut tuan rumah menghadirkan, Junior Chef Samuel Kurniawan, salah satu mahasiswa Culinary Art Tristar Group. Untuk membuat Kimbab ala Korean Food yang lezat, menurut Samuel, sebetulnya tidak begitu ribet koq.


”Pasalnya bahan yang dibutuhkan pun relatif mudah didapatkan di supermarket menengah atas, mulai beras (nasi putih), nori, aneka sayuran (vegetables), sosis, telur dan daging kepiting (crabs) sebagai option-nya berikut bumbunya,” kata Samuel di dampingi Yuliana Putri, Ketua BEM Tristar Group Periode 2023-2024.


Untuk membuat Kimbab, salah satu makanan kekinian dan banyak disuka generasi millenial Surabaya khususnya, maka teknik menggulung (nge-roll)-nya agar tampilan Kimbab saat diris dan disajikan di atas piring tampak cantik dan berkelas, maka bisa juga ditaburi biji wijen (sesame seed) lengkap dengan sauce-nya berupa mayonnaise atau 1000s island dan kecap asin.


Dalam kesempatan itu, Chef Samuel juga mengajak beberapa siswa dan siswi SMK Negeri 2 Tuban untuk performance di depan demi meramaikan gelaran cooking demo membuat Kimbab yang tasty & deliciously.


Ketua BEM Tristar Group juga mengajukan beberapa pertanyaan seputar Basic Cookery & Basic Pastry Knowledge kepada siswa SMK Negeri 2 Tuban. Siswa yang bisa menjawab dengan benar, berhak mendapatkan hadiah berupa goodie bag dari pihak sponsor yang menjadi mitra Tristar Group. Good jobs! Bro & Sis. So cool


Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Tristar Culinary Institute (TCI) dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Culinary Insitute (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Gedung Graha Tristar (Head Office) Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar