twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 28 November 2023

Aksi Ciamik Mahasiswa Praktik Masak American Cuisines di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya


Wow! Lezatnya Macho Nachos dan Chili Relleno, Dua Menu Masakan Klasik dari Negeri Sombrero Meksiko


AKSI ciamik kembali ditunjukkan empat tim mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi, saat praktik masak dua menu masakan klasik dari negeri Sombrero (Meksiko), yakni Macho Nachos dan Chili Relleno (Chili Stuffed with Cheese) nan lezat, di Kitchen Modern 2, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Selasa (28/11/2023) pagi.

 

Dua menu masakan tersebut merupakan materi praktik masak American Cuisines hari kesembilan yang wajib dilakoni oleh 12-an mahasiswa yang hadir pagi itu. Masing-masing tim (Tim A, B, C dan D) pun tampil all out, demi masak Macho Nachos dan Chili Relleno (Chili Stuffed with Cheese) ala masakan di hotel berbintang.

 

Selama praktik masak di Hot Kitchen Graha Tristar Surabaya, empat tim mahasiswa tersebut disupervisi langsung oleh Chef Nadya Ratri Aryani, Dosen Pengajar Culinary Art Akpar Majapahit (member of Tristar Group).

 

Praktik masak dua menu American Cuisines tersebut menekankan cara pengolahan ground beef lengkap dengan aneka vegetables dan bumbu ala masakan khas Meksiko dan juga ditambahkan dengan taburan melt cheddar, sebelum di-bake pada suhu 180*C selama tujuh menitan.

 

Menurut Chef Nadya, demi masak Macho Nachos, maka sejumlah bahan masakan yang disiapkan terdiri dari ground beef, onion dan garlic (di-chop lalu di-sautee), salt, pepper, cinnamon dan clove (sebagai seasoning-nya), demi memberi cita rasa sedap (taste good) setelah heat off.

 

Selain itu masih ada bahan lainnya yang ditambahkan saat masak Macho Nachos, yakni raisin, almond, tomato dan apple (di-small dice), jalapeno (di-chop), green olive, corn tortilla (taco) dan melt cheddar.

 

Secara umum resep seputar masakan Meksiko itu dikenal sebagai Taco Seasoning. Bahannya terdiri atas chili powder, cumin, garlic powder, smoke paprika powder, oregano, onion powder, sea salt, ground blackpepper dan red flakes pepper.


Selanjutnya masing-masing tim (Tim A, B, C dan D), juga diminta Chef Nadya Ratri Aryani untuk membuat Chili Relleno (Chili Stuffed with Cheese). Untuk masak menu masakan yang satu ini, maka bahan masakan yang dibutuhkan adalah problano chili (green chili), Mexican cheddar cheese, mozzarella cheese (di-grated), bacon (di-chop lalu di-sautee). Semua bahan tersebut lalu di-mix jadi satu dan tambahkan juga pepper secukupnya.

 

Selain itu, masing-masing tim juga ditugasi membuat Batter. Bahannya meliputi canola oil, all purpose flour, water, egg, salt & pepper di-mix jadi satu. Sementara itu bahan untuk membuat Sauce-nya terdiri dari tomatoes (di-blanch baru di-chop), tomato paste, jalapeno, onion dan roasted garlic (semuanya di-chop). Sedangkan clove, cinnamon dan oregano masukkan ke dalam air sebanyak 250 ml lalu tambahkan seasoning pada saat kalian memasaknya.

 

Masing-masing tim yang berjibaku di hot kitchen, juga diberi kesempatan sama untuk menuangkan ide-ide cemerlang mereka saat mem-plating ketiga menu masakan American Cuisines tersebut agar tampilannya semakin keren, layaknya sajian makanan di hotel berbintang atau restoran ternama di Surabaya.

 

Praktik pengolahan makanan American Cuisines hingga pertemuan hari kesembilan itu sudah mengaplikasikan teknik-teknik memasak seperti grilling, roasting, sautéing, boiling, simmering, braising dan yang lainnya. Oleh karena itu, mahasiswa Culinary Art diharapkan sudah bisa membaca resep sekaligus mempraktikannya di hot kitchen kampus dengan baik. Good jobs! Bro & Sis. Amazing banget

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar