twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 14 November 2023

Memotret Gelaran Master Demo & Duplication with Chef Sari Palupi di Kitchen Patisserie Graha Tristar


Mahasiswa Pastry Art Class Sukseskan Baking Demo dan Duplikasi Cara Buat Korean Folding Cake, Kue Kekinian dari Negeri Ginseng yang Layak Jual  


DOSEN Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit, Chef Sari Palupi, kembali tampil seru pada gelaran Master Demo & Duplication bertajuk Korean Folding Cake, di Kitchen Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Kamis (09/11//2023) pagi. Baking demo membuat tiga varian rasa Korean Folding Cake itu dihadiri 19 mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi.


Menurut historisnya, Korean Folding Cake adalah dessert yang sekarang lagi populer di Negeri Ginseng (Korea Selatan) dan akhir-akhir ini mulai dikenalkan pada publik Surabaya. Teksturnya yang lembut semakin terasa meleleh di mulut karena cakes itu ada filling-nya yang berupa cream dengan aneka varian rasa yang lezat.  

 

Di sejumlah outlet Cake & Patisserie Shop terkenal di Surabaya, kreasi cakes kekinian yang lagi populer itu dikemas dalam wadah plastik (plastic box) transparan, sehingga tampilannya semakin keren dan berkelas. Setiap paketnya berisi 3-4 buah Korean Folding Cake dibandrol antara Rp 35.000-Rp 50.000,00

 

Dalam gelaran Master Demo & Duplication di Kitchen Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar, Kamis (09/11/2023), Chef Sari Palupi yang akrab disapa Chef Upi itu dihadiri 19 mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi (dibagi menjadi tiga tim). Mereka antusias mengikuti demo membuat Korean Folding Cake.

 

Chef Upi pun tampil all out saat mendemonstrasikan cara membuat Korean Folding Cake, mulai dari A (prepare bahan) sampai Z (mem-plating dan meng-garnish) di meja display produk, bersama asistennya Chef Gabriel Nathania AMd.Par., S.TP di Kitchen cold kitchen Graha Tristar Surabaya, pekan lalu.

 

Demi membuat Korean Folding Cake sesuai standar industri, maka bahan yang dibutuhkan membuat cakes populer ini melalui beberapa tahapan pekerjaan. Tahapan pekerjaan pertama membuat Vanilla Sponge dikerjakan Tim A. Bahannya terdiri dari egg, castor sugar, cake emulsifier, salt, Kunci Biru (KB) flour, corn starch, vanilla milk paste (all in one method) dan unsalted butter (melted).

 

Selanjutnya Tim B diminta Chef Upi membuat Chocolate Sponge. Bahannya meliputi egg, castor sugar, cake emulsifier, salt, KB flour, cocoa powder, corn starch, choco paste, rhum bake (all in one methode) dan unsalted butter (melted).

 

Sedangkan tujuh personel Tim C diberi tugas membuat Red Velvet Sponge. Bahannya meliputi egg, castor sugar, cake emulsifier, salt, KB flour, corn starch, red velvet paste (all in one method) dan unsalted butter (melted). Adonan cakes yang sudah siap lalu ditaruh dalam bread paper cup baru di-bake pada suhu 180*C selama 10 menitan.

 

Tahapan pekerjaan berikutnya adalah membuat filling-nya. Bahan yang dibutuhkan terdiri dari cream powder (rich cream), castor sugar ice water (mixing until 90 persen peak), chocolate filling, lotus jam dan cheese spread.

 

Untuk Vanilla Sponge maka filling-nya adalah Rich Cream (Cream Powder), Chocolate Sponge diberi filling berupa Lotus Jam, sedangkan Red Velvet Sponge dikasih filling berupa Chocolate Cream.

 

Sementara itu untuk topping-nya sendiri, Anda bisa memanfaatkan peanut chunk, kiwi, mandarin orange, oreo biscuit, strawberry dan choco ball. Dengan topping tersebut maka tampilan dari Korean Folding Cake (rata-rata beratnya @ 30 gram) menjadi semakin cantik, berkelas dan elegan.

 

Aksi seru ditunjukkan masing-masing tim, baik Tim A (beranggotakan enam orang), Tim B (anggotanya enam personel) maupun Tim C (personelnya ada tujuh orang), saat menduplikasi kreasi cakes tersebut, demi mempersembahkan tiga varian rasa Korean Folding Cake masa kini yang keren tampilannya.

 

Chef Upi pun antusias memberikan finishing touch agar tampilan Korean Folding Cake setelah di-plating dan di-garnish di atas bread paper cup semakin keren terutama saat dikemas di dalam plastic box transparan yang sudah diberi etiket (sticker). Dari demo ini, mahasiswa setidaknya sudah dibekali kreasi cake apa yang akan diproduksi dan dijual demi menyukseskan tugas Entrepreneurship. So Cool. Good jobs! Bro & Sis …

 

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di Kampus Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar