twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 13 November 2023

Aksi Heboh Mahasiswa Pastry Art pada Final Exam Hari Pertama di Kitchen Graha Tristar Surabaya


Mahasiswa Pastry Art Class Tampilkan Classic Chocolate Éclair & Éclair au Coffee, Oreo Flower Tart dan Tartlet au Chocolate, Tiga Kreasi Cakes Kekinian

 

ANTUSIASME ditunjukkan enam mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi pada gelaran final exam hari pertama yang dilaksanakan di Kitchen Patisserie 2 Lantai 2, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Kamis (13/10/2023) lalu. Mereka terbagi dalam tiga tim, yakni Tim A, B dan C, berjibaku di cold kitchen kampus demi mempersembahkan tiga kreasi cakes masa kini yang keren.

 

Dua personel Tim A, Annisa Auliya Nuur Anam dan Nadia Halimah Delameyrasyah kompak membuat dua kreasi Éclair yang keren, yakni Classic Chocolate Éclair & Éclair au Coffee, pada final exam hari pertama tersebut.

 

Sedangkan Tim B yang beranggotakan Muhammad Akbar Harun Alrasyid dan Arifa Nirwana Putri tampil all out di cold kitchen Graha Tristar, untuk membuat Oreo Flower Tart dengan tampilan kekinian nan cantik dan berkelas.

 

Tak mau kalah dengan aksi heboh koleganya dari Tim A dan B, maka Bella Lorenza Avelina dan Alvin Setiawan dari Tim C pun bekerja cerdas di Kitchen Patisserie Graha Tristar, demi mempersembahkan kreasi terbaiknya bertajuk Tartlet au Chocolate, kreasi cake masa kini nan elegan.

 

Masing-masing tim pun harus berjibaku di cold kitchen Graha Tristar Surabaya selama tiga jam (mulai pukul 09.00-12.00 WIB), demi mempersembahkan kreasi cake terbaiknya, Sebelum bekerja di cold kitchen, enam mahasiswa Pastry Art Class itu juga mengikuti ujian tulis (teori) di ruang kuliah, selama 60 menit (mulai pukul 08.00-09.00), untuk menjawab 10 soal essay.

 

Sementara itu tim juri yang terdiri dari Chef Yanuar Kadaryanto, Chef Nadya Ratri Aryani dan Chef Dwi Mei Retnowati, pun mengatensi semua produk pastry hasil kreasi enam mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi, setelah mereka berjibaku selama tiga jam di cold kitchen, demi mempersembahkan kreasi Éclair, Cake dan Tartlet masa kini yang keren.

 

Hasil kreasi mahasiswa Pastry Art Class itu dinilai oleh tim juri berdasarkan tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP), seperti yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

 

Sebelum hasil kreasi mahasiswa dinilai dan dikritisi tim juri, tiga tim yakni Tim A, B dan C, diminta mempresentasikan kreasi produknya, mulai bahan-bahan yang dipakai, metode dan teknik pembuatannya hingga cara mem-plating serta meng-garnish-nya.

 

Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi, Chef Renny Savitri mengatakan, final exam kali ini mengusung tema Amazing Pastry Product Creations 2023. Ujian praktik tersebut dihelat selama dua hari, Kamis (12/10/2023) dan Jumat (13/10/2023) di Kitchen Patisserie 2, Lantai 2 Graha Tristar Surabaya.

 

Dalam final exam tersebut, mahasiswa Pastry Art Class ditantang membuat aneka kreasi Kue Tradisional, Bread, Pie & Tartlet, Muffin, Cookies, Pudding dan Cakes kekinian sesuai passion-nya masing-masing.

 

”Ada mahasiswa kami yang tertarik membuat kreasi Éclair, ada juga yang fokus membuat kreasi Cake dan Tartlet dengan tampilan kekinian,” ujar Chef Renny kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, belum lama ini. Congratulations. Good jobs! Bro & Sis

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar