twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Jumat, 10 November 2023

Melihat Keseruan Final Exam Hari Pertama Mahasiswa Culinary Art di Kitchen Graha Tristar Surabaya


Dahi Vada & Chicken Curry with Rice, Dua Kreasi Menu Masakan Khas India Persembahan Talitha Carissa dan Dimas Adriyan Dipuji Tim Juri 


DUA mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi, Talitha Carissa Benita dan Dimas Adriyan S.P., tampil percaya diri demi mempersembahkan dua kreasi menu masakan khas India, Dahi Vada & Chicken Curry with Rice, pada gelaran final exam hari pertama yang dihelat Kamis (12/10/2023) lalu, Talitha dan Dimas bekerja dalam satu tim (Tim A) pada final exam tersebut.

 

Sedangkan Tim B yang terdiri dari Titin Marta S. dan Gilbert Justya Yang tampil all out demi membuat dua kreasi masakan Italia (Continental Cuisines) yang bertajuk Spaghetti Alfredo with Shrimp & Squid with Cucumber Serve Lemon Sauce, di Kitchen Culinary 2 Lantai 3 Graha Tristar Jl, Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Tak mau kalah dengan Tim A dan Tim B, dua personel Tim C, yakni Maria Violeta T. dan Hizkia Dwi Firmansyah berjibaku di hot kitchen, demi mempersembahkan dua menu fusion (mermadu padankan masakan Eropa dan India) dalam tampilan berkelas, yakni Stuffed Mushroom with Potato & Cajun Beef with Canai Bread yang lezat.

 

Kreasi masakan yang ditampilkan tiga tim itu mengangkat tema masakan Asia (Asian Cuisines) dan Continental Cuisines (Western Food) atau masing-masing tim bebas menampilkan kreasi masakannya dalam tampilan ala menu fusion yang tasty & deliciously.

 

Sifat ujian praktik itu sendiri di-set up ala Mistery Box. Keseruan masing-masing peserta ujian praktik itu ingin masak Asian Cuisines atau Continental Cuisines apa, baru terpecahkan setelah mereka mengetahui isi perintah yang ada di dalam kardus.


Selama berjibaku di hot kitchen, masing-masing tim berupaya keras menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu, sejak prepare bahan, memproses masaknya hingga mem-plating masakan tersebut agar tampilannya semakin keren dan berkelas, ala sajian makanan di restoran terkenal maupun di hotel-hotel berbintang.

 

”Pasalnya, pada final exam kali ini durasi masaknya dibatasi tidak lebih dari 120 menit,” kata Talitha, mahasiswa Culinary Art Class yang berpasangan dengan Dimas dalam Tim A., disela-sela kesibukannya menata masakannya di meja display.

 

Sementara itu Chef Nadya Ratri Aryani, Dosen Pengajar Culinary Art Akpar Majapahit mengatakan, ”Dalam final exam kali ini masing-masing tim dipersilakan untuk mengembangkan talentanya sesuai passion per individu mahasiswa. Makanya demi hasil terbaik, kedua orang yang bekerja dalam satu tim itu harus tetap solid agar dua kreasi masakannya sesuai ekspektasi.”

 

Chef Nadya pun antusias mengawasi hasil kerja anak didiknya sejak prepare bahan masakan hingga menyajikannya di meja display produk. Chef Nadya juga memberikan arahan kepada peserta ujian praktik masak agar meja untuk men-display hasil kreasi masakannya itu dihias sekeren mungkin.

 

Secara overall, tiga orang juri yang terdiri dari Chef Yanuar Kadaryanto, Chef Renny Savitri dan Chef Nadya Ratri Aryani, kompak mengapresiasi sekaligus mengkritisi hasil kreasi masakan yang ditampilkan tiga tim yang mengikuti gelaran final exam pada hari pertama.

 

Setidaknya ada tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

 

Ketiga juri mengapresiasi kerja cerdas ketiga tim yang tampil pada final exam hari pertama itu. Salah satu kreasi masakan mahasiswa yang mendapat apresiasi dari tim juri adalah dua kreasi menu masakan khas India, Dahi Vada & Chicken Curry with Rice persembahan dari Tim A.

 

Dua menu masakan khas India yang ditampilkan Talitha dan Dimas itu mendapat pujian dari ketiga juri berkat tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasanya yang sesuai ekspektasi. Amazing. Good jobs! Bro & Sis …

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar