twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 26 Oktober 2023

Memotret Kehebohan Final Exam Mahasiswa Culinary Art di Kitchen Modern Tristar Samator


12 Mahasiswa Tristar Samator Kelas C Siang Antusias Tampilkan Dua Menu Appetizer, 12 Main Course dan Dua Dessert, Aneka Kreasi Masakan Indonesian Authentic Food nan Lezat


TIM JURI yang terdiri dari Chef Fridolin, Chef Lusi F. Noor dan Chef Antoni Clearius mengapresiasi dua menu Appetizer, 12 menu Main Course dan dua Dessert, kreasi masakan Indonesian Authentic Food nan lezat pada final exam hari kedua (terakhir) di Kitchen Modern Tristar Samator, Sky Suites SOHO-The Samator Jl. Raya Kedung Baruk No. 26-28 Surabaya, Jumat (13/10/2023) lalu.

 

Penilaian langsung oleh tim juri setidaknya mengacu pada tiga kriteria yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Penilaian tersebut sesusai dengan Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

 

Secara overall, tiga orang juri pun sepakat untuk mengapresiasi kerja keras 12 mahasiswa Culinary Art Tristar Samartor Kelas C-Siang yang telah berjibaku di Kitchen Modern Tristar Samator, demi menampilkan kreasi masakan terbaiknya pada gelaran final exam tersebut.

 

Sebelum berjibaku di hot kitchen selama dua jam, mahasiswa Culinary Art Class tersebut mengikuti ujian tulis lebih dulu. Durasi ujian tulis itu dipatok sekitar 90 menitan. Durasi ujian tulis selama itu demi menyelesaikan 20 soal essay, yang jawabannya membutuhkan uraian dan penalaran dari masing-masing peserta final exam.

 

Setelah ujian tulisnya rampung, giliran 12 mahasiswa Culinary Art Tristar Samator Kelas C-Siang yang sehari-hari diasuh Chef Antoni Clearius itu harus berjibaku di hot kitchen sejak prepare bahan, proses memasak hingga menyajikannya di meja display produk demi menampilkan kreasi masakan terbaiknya.

 

Sebanyak 10 dari 12 mahasiswa Culinary Art Class yang hadir pada final exam hari kedua itu wajib mengikuti ujian praktik masak ala mistery box. Kehebohan masing-masing peserta ujian praktik itu mau masak menu Indonesian Authentic Food apa, baru terpecahkan setelah tahu isi perintah yang ada di dalam kardus.



Ahmad Arfan S. dan Samantha K.Tj., misalnya, yang mendapat tantangan membuat dua olahan masakan Indonesia berbasis daging bebek sesuai passion-nya masing-masing individu, yakni Bebek Cabe Merah dan Nasi Bunga Telang with Bebek Bacem Bakar, Oseng Tahu Sayur + Sambal Terasi. Sedangkan Maya Auliyana P. dan Fajria Ezra P.O. ditugaskan membuat dua kreasi masakan Indonesia dari daging ayam, yakni Ayam Semur dan Kare Ayam Jawa.

 

Selanjutnya Atania Bintan Z. dan Raihan Jaya S., kebagian tugas untuk membuat dua kreasi menu masakan Indonesian Authentic Food dari daging sapi, yakni Gepuk Sapi Goreng Khas Sunda dan Empal Kentang Goreng atau disingkat Ekagor.

 

Sedangkan Albertus Laksamana G.P., Aprilia Felicia N., Kilmatuna G.Q. dan Husin Abdul G.A.S., menerima tantangan membuat empat menu masakan Indonesia berbasis olahan seafood (udang, cumi-cumi dan ikan gurame), yakni Cumi Nyat-Nyat, Udang Woku & Rica Rodo, Gurame Kuah Kuning dan Bihun Gurame Kari Pedas Medan.

 

Sementara itu dua mahasiswa Culinary Art Class yang terakhir, yakni Felicia Regina Limantara dan Michael Gozali, all out bekerja di hot kitchen Tristar Samator demi masak tiga menu Indonesian Authentic Food sekaligus yang terdiri dari Appetizer, Main Course dan Dessert.

 

Selama berjibaku di hot kitchen, Felicia tampil percaya diri demi masak Gado-gado (Appetizer), Bebek Goreng Balado (Main Course) dan Es Dawet (Dessert). Sedangkan Michael harus bekerja cerdas di hot kitchen untuk masak Lumpia Udang (Appetizer), Ikan Ekor Kuning Masak Manado (Main Course) dan Es Degan Telasih (Dessert).

 

Sebelum hasil kreasi masakan mahasiswa dalam final exam hari kedua itu ditampilkan di hadapan tim juri, masing-masing peserta pun wajib mem-plating dan meng-garnish-nya lebih dulu agar masakan tersebut tampilannya semakin keren, layaknya menu makanan yang biasa disajikan di restoran terkemuka dan hotel berbintang di Surabaya. The most incredible. Good jobs! Bro & Sis

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Samator (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar