twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 23 Oktober 2023

Dari Keseruan Final Exam Hari Pertama Mahasiswa Culinary Art di Hot Kitchen Graha Tristar


Tim Juri Apresiasi Menu Grilled Chicken Mushroom Sauce with Caesar Salad Persembahan dari Amelia dan Rio Aditya



PERHELATAN final exam mahasiswa Culinart Art Class Akpar Majapahit (member of Tristar Group) dilaksanakan selama dua hari, yakni Kamis (12/10/2023) dan Jumat (13/10/2023) lalu, Pada final exam hari pertama, sebanyak delapan mahasiswa (empat tim) Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi yang tampil.

 

Keseruan aksi mereka saat berjibaku di Kitchen Modern 1, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, ditunjuk masing-masing tim saat mengkreasi dua menu masakan Continental Cuisines atau Asian Cuisines ala sajian di restoran terkenal dan hotel-hotel berbintang di Surabaya dan sekitarnya, sesuai passion mereka masing-masing.

 

”Dua menu yang wajib ditampilkan setiap tim adalah appetizer (salad) dan main course. Dengan pembagian tugas seperti itu, maka setiap mahasiswa dalam satu timnya kebagian tugas membuat satu menu masakan,” kata Chef Yanuar Kadaryanto, Dosen Pengajar Culinary Art Akpar Majapahit kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, baru-baru ini.

 

Tak pelak lagi, jika setiap tim pun harus bekerja all out demi mempersembahkan dua kreasi menu masakan Continental Cuisines atau Asian Cuisines yang tasty & deliciously. Pada final exam hari pertama, tim juri yang dihadirkan untuk menilai dan mengkritisi hasil kreasi mahasiswa adalah Chef Nadya Ratri Aryani, Chef Renny Savitri dan Chef Yanuar Kadaryanto.

 

Chef Yanuar yang mengawasi langsung hasil kerja anak didiknya sejak prepare bahan masakan hingga menyajikannya di meja display produk, juga memberikan arahan kepada peserta ujian praktik masak hari pertama agar meja untuk men-display hasil kreasi masakannya itu dihias sekeren mungkin.

 

Pada final exam hari pertama, Tim A yang beranggotakan Adeline Virginia K. dan Thalia Arella tampil percaya diri demi masak dua menu Continental Cuisines andalannya, yakni Chicken Parmentier with Strawberry Spinach. Kedua mahasiswa ini berbagi tugas sejak prepare bahan, proses memasak hingga mem-plating-nya di atas piring, sebelum dua masakan Continental Cuisines (Western Food) itu di-display di atas meja untuk dinilai tim juri.

 

Tak kalah serunya dengan Tim A, maka Tim B (Eden Novenda Santoso dan Difilia Ilsabana, Tim C (Amelia Amanda K.P. dan Rio Aditya Chandra) dan Tim D (Hengky Rismawan dan Rafidah Azzahra) pun tampil percaya diri saat masak dua menu Asian Cuisines dan empat menu Continental Cuisines yang lezat dan keren plating-nya.

 

Dua personel Tim B, Eden dan Difilia, berjibaku di hot kitchen sejak pukul 09.00-10.30 WIB, demi mempersembahan dua kreasi menu masakan Asian Cuisines legendaris yang bertajuk Wonton Cup Salad dan Thai Chicken Satay with Steamed Rice, sesuai standar industri perhotelan.

 

Sedangkan dua anggota Tim C, Amelia dan Rio, tampil antusias di hot kitchen Graha Tristar Surabaya, saat masak dua menu Continental Cuisines yang lezat, yakni Grilled Chicken Mushroom Sauce with Caesar Salad.

 

Sementara itu Hengky dan Rafidah dari Tim D juga tampil all out di kitchen Graha Tristar demi menampilkan dua menu Continental Cuisines (Western Food) yang menjadi andalannya, yakni BBQ Chicken Setcam Butter Head Lettuce with Parmesan Dressing.

 

Sebelum hasil kreasi masakan mahasiswa dalam final exam hari pertama itu ditampilkan di hadapan tim juri, masing-masing tim pun peserta wajib mem-plating dan meng-garnish-nya lebih dulu agar masakan itu tampilannya keren layaknya menu makanan yang biasa disajikan di restoran terkenal dan hotel-hotel berbintang di Surabaya dan sekitarnya.

 

Selanjutnya hasil kreasi masakan mahasiswa itu dinilai oleh tim juri yakni Chef Nadya Ratri Aryani, Chef Renny Savitri dan Chef Yanuar Kadaryanto. Setidaknya ada tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

 

Ketiga juri mengapresiasi kerja cerdas keempat tim yang tampil pada final exam hari pertama. Salah satu kreasi masakan mahasiswa yang mendapat apresiasi dari tim juri adalah Grilled Chicken Mushroom Sauce with Caesar Salad persembahan dari Tim C.

 

Dua menu masakan Continental Cuisines yang ditampilkan Amelia dan Rio itu diapresiasi oleh ketiga juri berkat tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasanya yang sesuai ekspektasi. Congratulations. Good jobs! Bro & Sis



Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar