twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 19 Oktober 2023

Memotret Aksi Mahasiswa Praktik Buat Aneka Kreasi Cupcakes Bersama Chef Renny Savitri


Selama Empat Kali Pertemuan di Cold Kitchen Graha Tristar, Mahasiswa Pastry Art Class Diajarkan Buat 10 Kreasi Cupcakes Masa Kini


SEPEKAN jelang gelaran final exam, mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi yang diasuh Chef Renny Savitri, masih diajarkan cara membuat 10 kreasi Cupcakes & Muffin dengan tampilan kekinian. Demi mempersembahkan 10 kreasi cupcakes & muffin tersebut, mahasiswa wajib hadir di Kitchen Patisserie 2, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, selama empat kali pertemuan.


Pada tatap muka hari pertama, Selasa (03/10/2023), misalnya, Chef Renny, menghelat baking demo di hadapan 10 mahasiswa Pastry Art Class demi menampilkan kreasi Flower Cupcake yang keren sesuai standar industri perhotelan. Tampilan Flower Cupcake tersebut semakin berkelas dan elegan jika dikreasi lebih lanjut menjadi Flower Bouquet Cupcakes.


”Kehadirannya menjadi saingan ketat dalam layanan jasa pengiriman bunga antaran baik dalam bentuk bunga segar (Fresh Flowers Bouquet) maupun bunga plastik (Artificial Flowers Bouquet),” kata Chef Renny di ruang kerjanya, pekan lalu.


Tampilan Flower Bouquet Cupcakes ini juga tidak kalah cantik dan elegan dari Fresh Flowers Bouquet maupun Artificial Flowers Bouquet, yang telah eksis lebih dulu. Malahan kreasi baru dari seni menghias cupcakes ini sekarang lagi booming, selain karena tampilannya yang oke banget, kuenya pun bisa dikonsumsi.


Sementara itu di restoran-restoran hotel berbintang, aneka kreasi cupcakes kekinian itu biasanya disajikan pada saat breakfast, lunch buffet maupun dinner, sebagai menu makanan penutup atau dessert-nya. Citarasa kreasi cupcakes yang diajarkan kepada mahasiswa itu ada yang berasa manis (sweet taste), juga ada yang gurih/asin rasanya (savoury taste).


Giliran pada praktik hari kedua, Rabu (04/10/2023), mahasiswa Pastry Art Class itu mendapat tantangan dari Chef Renny, sapaan karibnya, untuk membuat tiga kreasi Muffin masa kini, yakni Corn Cheese Muffin, Banana Cheese Muffin dan Chocolate Peanut Butter Muffin.


Selanjutnya pada pertemuan hari ketiga, Senin (09/10/2023), Chef Renny kembali mengajarkan anak didiknya teknik membuat tiga kreasi cupcakes yang berbeda dari sebelumnya, yakni Choco Mint Cupcake, Cookie Monster Cupcake dan Pretty Little Cupcake yang cantik dan elegan.


Tim A tampil all out di cold kitchen Graha Tristar demi membuat Choco Mint Cupcake. Bahan untuk membuatnya terdiri atas butter, margarine, icing sugar, chocolate paste, egg yolk, egg, cocoa powder, instant coffee, hot water, cake flour dan baking powder. Adonan cupcake setengah jadi lalu di-bake pada suhu 160*C selama 20-25 menit.


Selanjutnya mereka juga diminta menyiapkan filling & topping yang bahannya meliputi Dark Chocolate Compound (DCC), White Chocolate Compound (WCC), fresh cream, mint essence, red cherry dan mint leaf. Selama meng-garnish Choco Mint Cupcake, anggota Tim A juga membuat ornament dari White Chocolate Compound (WCC) agar tampilannya tampak cantik dan seksi.


Untuk Tim B dan C kebagian tugas membuat Cookie Monster Cupcake yang tampilannya sangar layaknya karakter monster. Selama mendampingi anak didiknya di Kitchen Patisserie 2 Lantai 2 Graha Tristar, Chef Renny Savitri juga melibatkan asistennya, yakni Chef Gabriel Nathania AMd.Par., S.TP.


Sedangkan Tim D ditugasi Chef Renny ujtuk membuat Pretty Little Cupcake. Selama bekerja di cold kitchen sekitar 120 menitan, dua personel Tim D pun tampil penuh antusias demi mempersembahkan Pretty Little Cupcake yang cantik dan menarik sesuai standar industri perhotelan.


Sementara itu pada pertemuan terakhir, Selasa (10/10/2022), mahasiswa Pastry Art Class kembali praktik membuat tiga kreasi cupcakes lagi, yakni Banana Cake, English Cake dan Lemon Cake yang keren. Good jobs! Bro & Sis. So cool


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di Kampus Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar