twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 03 Oktober 2023

Serunya Skill Training Practices with Chef Fridolin di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya


120 Menit Mahasiswa Culinary Art Class Praktik Individual Teknik Cutting Fish & Applications demi Masak Delapan Kreasi Menu Olahan Gurame nan Lezat

 

DELAPAN mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi tampil penuh semangat menghadiri materi Skill Training Practices with Chef Fridolin, di Kitchen Culinary 1, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Kamis (21/09/2023) lalu. Oleh Chef Fridolin, mahasiswa ditantang praktik secara individual teknik cutting fish & applications demi masak delapan kreasi menu olahan gurami nan lezat.

 

Sebelum berjibaku di hot kitchen Graha Tristar Surabaya, Chef Fridolin mengawalinya dengan mengajarkan cara cutting fish yang benar ala butcher di hotel berbintang berikut teknik mem-fillet-nya, sekalipun pada pelajaran Basic Cookery Knowledge yang lalu, mereka juga sudah dikenalkan teknik cutting fish.

 

Butcher adalah seseorang yang punya tugas untuk mengolah berbagai jenis bahan masakan, mempersiapkan bahan makanan tambahan, menjaga kuantitas dan kualitas bahan produksi, memeriksa kelengkapan peralatan kerja dan produk yang akan dijual. Dalam menjalankan setiap tugasnya, mereka akan bekerja sama dengan divisi lain agar setiap tugasnya dapat terselesaikan dengan baik.


 

Butcher sendiri merupakan salah satu bagian dapur yang memiliki tugas menyiapkan segala jenis daging termasuk ikan. Pada bagian ini bertugas khusus memotong daging terutama pada acara buffet yang khusus menyediakan daging panggangan (grill).

 

Diakui Chef Frido, bagian ini memang tidak mudah untuk dikerjakan karena memotong daging dalam bentuk tertentu memerlukan 12 skill serta pendidikan dan pelatihan yang khusus dan intensif. Mereka juga harus mengetahui bagian daging yang diminati oleh tamu (hotel).

 

Standar operasional kerja di butcher sebuah hotel berbintang maupun restoran terkenal, di antaranya mengenakan seragam kerja sebelum melaksanakan operasional, mempersiapkan alat-alat pemotong, mengasah pisau-pisau sebelum melaksanakan pemotongan, membersihkan area butcher, mengecek event order, memotong bahan sesuai dengan jenis menu yang diminta dan menimbang bahan yang sudah dipotong.

 

Selanjutnya kru butcher juga wajib menempelkan nama dan jumlah bahan yang sudah dipotong, menyimpan bahan, mempersiapkan atau memotong bahan untuk kebutuhan alacarte, mempersiapkan atau memotong bahan untuk keperluan event di esok harinya dan membersihkan alat-alat dan area butcher setelah selesai melaksanakan tugas operasional.

 

Dengan sederet standar operasional kerja di butcher, maka setiap individu mahasiswa Culinary Art Class pun diminta mengikuti aturan main tersebut agar segala sesuatunya bisa berjalan dengan baik dan benar.

 

Setelah masing-masing personel mahasiswa itu mengikuti praktik cutting fish selama 30 menitan, giliran selanjutnya mereka ditantang Chef Frido untuk menampilkan satu menu main course dari hasil pengolahan ikan gurami dengan durasi memasaknya tidak lebih dari 90 menit.


Vince, misalnya, siang itu berhasil mempersembahkan Oat Carp with Tartar Sauce, sedangkan Marcel menyajikan menu Pan Seared Gurame with Lemon Butter Herb & Soy Reduce dan Raihan tampil percaya diri demi membuat Nasi Goreng Hongkong with Dori Katsu.


Giliran selanjutnya Ananda yang antusias menghidangkan menu andalannya bertajuk Pan Seared Gurame with Lemon Sauce Herbs & Potato Wedges, Melissa asyik masak Pan Seared Gurame with Creamy Lemon Garlic Sauce, sedangkan Yudhistira tampil penuh semangat demi mempersembahkan Pan Seared Fish with Cauliflower Puree.

 

Sementara itu Galan dan Gisella berturut-turut menampilkan kreasi masakan terbaiknya yang diberi nama Pan Fry Carp with Mushroom Sauce dan Pan Fry Carp with Lemon Butter Garlic Sauce yang lezat rasanya di meja display produk.


Delapan kreasi masakan yang ditampilkan mahasiswa Culinary Art Class itu diapresiasi oleh Chef Fridolin, setelah delapan menu main course itu dinilai dari aspek tampilan dan kreativitas, tekstur dan cita rasanya. ”Saya senang banget atas kinerja anak-anak selama berjibaku di hot kitchen demi menyukseskan gelaran skill training practices,” pungkas Chef Frido kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, baru-baru ini. Amazing banget. Good jobs! Bro & Sis …


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit di Gedung Graha Tristar, silakan menghubungi Tim Marketing di Front Office (FO) Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar