twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 10 Oktober 2023

Dari Gelaran Baking Demo Flower Cupcake & Duplications with Chef Renny di Graha Tristar Surabaya


Setelah Berjibaku Tiga Jam di Kitchen Patisserie, Mahasiswa Pastry Art Class Sukses Tampilkan Aneka Kreasi Flower Cupcake yang Keren & Elegan

 

SEPEKAN jelang pelaksanaan final exam pada pertengahan Oktober 2023, sebanyak 10-an mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi antusias mengikuti gelaran Baking Demo Flower Cupcake & Duplications with Chef Renny Savitri, di Kitchen Patisserie 2, Lantai 2 Graha Tristar, Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Selasa (03/10/2023), pekan lalu.


Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit (member of Tristar Group) ini tertarik mengangkat tema Flower Cupcake karena sampai saat ini kreasi cupcakes yang satu ini masih eksis karena tetap disuka konsumen.


Pasalnya kreasi Flower Cupcake ini bisa dikreasi lebih lanjut menjadi Flower Bouquet Cupcakes yang keren dan lagi nge-trend belakangan ini. Kehadirannya menjadi saingan ketat dalam layanan jasa pengiriman bunga antaran baik dalam bentuk bunga segar (Fresh Flowers Bouquet) maupun bunga plastik (Artificial Flowers Bouquet).


Tampilan Flower Bouquet Cupcakes juga tidak kalah cantik dan elegan dari Fresh Flowers Bouquet maupun Artificial Flowers Bouquet, yang telah eksis lebih dulu. Malahan kreasi baru dari seni menghias cupcakes ini sekarang lagi booming, selain karena tampilannya yang oke banget, kuenya pun bisa dikonsumsi.


Perhelatan Baking Demo & Duplications pagi itu tentu saja diapresiasi mahasiswa Pastry Class yang antusias mengikuti proses pembuatan Flower Cupcake sejak prepare bahan, proses membuat cupcake, lalu menghiasnya hingga menjadi sebuah tampilan yang cantik dan elegan, saat kreasi Flower Cupcake itu ditata di meja display produk.


Sementara itu bahan yang disiapkan untuk membuat Flower Cupcake, terdiri dari dua resep, yakni resep pertama untuk membuat adonan cupcake-nya sendiri terdiri dari margarine, icing sugar, vanilla paste, egg yolk, egg, milk powder, medium flour dan baking powder. Sedangkan resep kedua membuat butter cream untuk menghias cupcake-nya. Bahannya meliputi (white) margarine, condensed milk, fresh cream, milk powder dan food color sesuai kebutuhan.


Demi mempercepat pekerjaan di cold kitchen, Chef Renny juga mengajak anak didiknya yang hadir pagi itu untuk membantu membuat adonan cupcake dan menyiapkan cetakannya berupa Muffin Tin dan Cupcake Case. Sedangkan kelompok mahasiswa yang lain diajarkan cara membuat adonan untuk topping hiasan cupcake dengan tema aneka warna dan motif bunga yang cantik dan elegan.


Saat berjibaku di cold kitchen bersama Chef Renny Savitri, mahasiswa Pastry Art Class itu tampil penuh percaya diri demi membuat kreasi Flower Cupcake kekinian dengan tampilan yang keren dan elegan.


Chef Renny juga meminta anak didiknya yang tergabung dalam Tim A untuk praktik menghias cupcake motif bunga seperti yang dicontohkan Chef Renny. Demikian pula dengan kelompok mahasiswa yang lainnya (Tim B) juga diajarkan teknik membuat hiasan cupcake dengan motif bunga.


Dengan kepiawaiannya, Chef Renny lalu memberi contoh bagaimana menghias cupcakes itu dengan spuit demi menghasilkan berbagai motif bunga. Selain diajarkan cara menghias cupcakes dengan motif bunga, Tim A dan B juga dipersilakan menghias cupcakes-nya dengan tampilan gambar ala succulent (kaktus), karakter boneka (kartun) dan sebagainya.


Gelaran Baking Demo Flower Cupcake & Duplications itu sendiri berlangsung sekitar tiga jam, sejak pukul 08.30-11.30. Aneka kreasi Flower Cupcake itu selanjutnya di-display di meja untuk didokumentasikan tim multimedia Tristar Group. Good jobs! Chef. Amazing banget


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar