twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 04 Oktober 2023

Asyiknya Belajar Teknik Dasar Pengolahan Petit Four Kekinian Bersama Chef Renny Savitri


Praktik Hari Pertama, Mahasiswa Pastry Art Class Tampilkan Choux Cup, Éclair dan Choux Roll, Tiga Kreasi Petit Four nan Keren dan Berkelas


SETELAH sukses mengaplikasikan program Entrepreneurship, 11 mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas B-2 Pagi giliran diajarkan Teknik Dasar Pengolahan Petit Four kekinian oleh Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit, Chef Frenny Savitri. Praktik membuat aneka kreasi Petit Four tersebut dilaksanakan di Kitchen Patisserie 2 Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Kamis (21/09/2023) lalu.


Selama dua kali tatap muka di cold kitchen Graha Tristar Surabaya, Chef Renny Savitri berbagi ilmu seputar teknik membuat enam kreasi Petit Four kekinian nan keren. Pada tatap muka hari pertama, Kamis (21/09/2023) pagi, mahasiswa praktik membuat tiga kreasi Petit Four yakni Choux Cup, Éclair dan Choux Roll.


Sedangkan pada pertemuan hari kedua, Jumat (22/09/2023), Chef Renny, sapaan akrabnya, mengajarkan cara membuat tiga kreasi Petit Four yang berbeda dari sebelumnya, yakni Fruit Exotic Cake, Edelweiss Cake dan Cheese Strawberry Cake Chilled.


Praktik membuat tiga kreasi Petit Four hari pertama itu diikuti 11 orang mahasiswa Pastry Art Class. Sesuai Buku Ajar (Silabus), mereka diajarkan membuat enam kreasi Petit Four kekinian yang keren dan berkelas.


”Aneka kreasi Petit Four yang saya ajarkan ini ukurannya dibuat agak mungil, rapi dan detail hiasannya pun tampak glowing agar tampilannya semakin cantik dan elegan. Kreasi Petit Four tersebut ada yang berasa manis dan ada pula yang rasanya gurih (asin),” terang Chef Renny kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, baru-baru ini.


Selama praktik hari pertama di Kitchen Patisserie 2 Lantai 2 Graha Tristar Surabaya, Tim A diminta Chef Renny membuat Choux Cup. Sedangkan Tim B dan Tim C kebagian tugas membikin Eclair serta Tim D fokus mengerjakan Choux Roll. Untuk memudahkan pekerjaan dan pembagian tugas di cold kitchen, masing-masing tim beranggotakan 2-3 orang mahasiswa.


Demi membuat Choux Cup nan cantik dan elegan, maka Tim A harus berjibaku di cold kitchen sejak prepare bahan, memproses hingga menampilkan kreasi Petit Four yang berasa gurih (asin) tersebut di meja display produk, sebelum dievaluasi oleh dosen pembimbing.


Untuk membuat Choux Cup sedikitnya melalui dua tahapan pekerjaan. Tahapan pekerjaan pertama, menyiapkan bahan untuk buat adonan sesuai resep di dalam Buku Ajar (Silabus), yakni water, butter, salt dan bread flour.


Sedangkan tahapan pekerjaan selanjutnya membuat filling-nya. Bahan yang dibutuhkan adalah mayonnaise, egg (di-boiled lebih dulu), smoked beef (yang sudah di-toast), corn kernel dan cheddar cheese (di-grated lebih dulu).


Choux Cup setengah jadi tersebut lalu di-bake pada suhu 180*C selama 20-25 menitan. Sementara itu untuk meng-garnish Choux Cup-nya sendiri, Anda bisa memanfaatkan parsley agar tampilannya semakin cantik dan menarik.


Selanjutnya Tim B dan C yang kebagian tugas membuat Eclair, antusias menyiapkan bahan untuk membuat adonannya sesuai resep yang tersaji di dalam Buku Ajar, yakni water, butter, salt, bread flour, egg dan baking powder.


Anggota tim B dan C juga diminta untuk membuat filling dan topping-nya. ”Untuk filling-nya menggunakan Dark Chocolate Compound (DCC) dan fresh cream, sedangkan untuk topping-nya sendiri, kalian bisa memanfaatkan Dark Chocolate Compound (DCC) dan White Chocolate Compound (WCC),” ujar Chef Renny di hadapan anak didiknya.


Tak mau kalah dengan semangat kerja personel Tim A, B maupun C, maka anggota Tim  D pun tampil percaya diri di Kitchen Patisserie Graha Tristar Surabaya, demi mempersembahkan kreasi Petit Four yang keren, yakni Choux Roll.


Demi membuat Choux Roll sesuai standar industri perhotelan, maka resepnya adalah fresh milk, butter, salt, bread flour, egg dan parsley yang sudah di-chop lebih dulu. Sementara itu untuk membuat filling-nya, maka bahan yang diperlukan terdiri dari nori, carrot (di-blanch), cucumber, egg (di-boil lebih dulu), chicken breast (juga di-boil), chili sauce dan mayonnaise. Good jobs! Bro & Sis. So cool …


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class di kampus Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar