twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 17 Oktober 2023

Melihat Aksi Seru Mahasiswa Buat Aneka Kreasi Es Krim & Es Puter Bersama Chef Sari Palupi


Melon Sorbet, Es Puter Kelapa Muda, Sweet Corn Gelato, Oreo Ice Cream Dome, Biscoff Lotus Ice Cream Tartlet dan Peach Ice Cream Cake, Enam Kreasi Ice Cream Masa Kini Persembahan Mahasiswa Pastry Art Class

 

MUSIM kemarau panjang menjadi pemicu cuaca panas terik di kawasan Surabaya dan sekitarnya, Pada siang hari suhu udara bisa mencapai 35*C. Tak salah jika aneka kreasi minuman dingin termasuk es krim (ice cream) di café & resto maupun pedagang kaki lima diserbu masyarakat demi mengurangi rasa dahaga mereka.

 

Saat ini aneka kreasi es krim ditawarkan kepada pelanggan dengan berbagai varian rasa dan topping yang nikmat dengan tampilan nan keren banget. Salah satu kedai es krim legendaris yang masih eksis sampai sekarang adalah Zangrandi, berlokasi di pusat kota Surabaya.

 

Tak salah jika mahasiswa Pastry Art Class Akpar Majapahit pun diajarkan bagaimana cara membuat es krim dan es puter yang nikmat, teksturnya yang halus (lembut) dengan tampilan masa kini tentunya. Materi praktik membuat enam kreasi es krim ini pas banget dengan suasana panas terik belakangan ini.

 

\

Oleh Chef Sari Palupi, mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi diajarkan membuat enam kreasi es krim (ice cream) dalam dua kali pertemuan di Kitchen Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Pada tatap muka hari pertama, Senin (09/10/2023) lalu, mahasiswa diajarkan cara membuat tiga kreasi es krim, yakni Melon Sorbet, Es Puter Kelapa Muda dan Sweet Corn Gelato.

 

Sedangkan pada pertemuan hari kedua (terakhir), Selasa (10/10/2023), Chef Upi, sapaan akrab Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit, mendampingi anak didiknya membuat tiga kreasi es krim yang berbeda dari sebelumnya, yakni Oreo Ice Cream Dome, Biscoff Lotus Ice Cream Tartlet dan Peach Ice Cream Cake yang lezat dengan tampilannya nan cantik dan elegan.

 

Dengan memanfaatkan tiga unit mesin pemroses es krim berukuran portable, maka tiga tim mahasiswa Pastry Art Class tersebut bisa membuat Melon Sorbet, Es Puter Kelapa Muda dan Sweet Corn Gelato, dalam waktu yang bersamaan dengan durasi sekitar 60 menitan pada suhu -4* C.

 

Mesin pemroses es krim merk GEA tipe ICE-1530 dengan daya listrik 150 W (220 V) dan berkapasitas 1,5 liter dengan berat total 11,5 kg itu praktis banget jika digunakan untuk sarana mahasiswa praktik membuat es krim dan es puter kekinian di cold kitchen Graha Tristar Surabaya.

 

Sebelum praktik dimulai, Chef Upi lebih dulu menerangkan teknik membuat es krim, es milk (gelato), sorbet dan es puter sesuai panduan singkat yang tersaji pada Buku Ajar (Silabus) yang sudah diberikan kepada mahasiswa. Selain itu, mereka juga dikenalkan bagaimana cara mengaplikasikan mesin pemroses es krim portable tersebut.

 

Selanjutnya demi memudahkan pekerjaan di cold kitchen Graha Tristar, 12-an mahasiswa Pastry Art Class yang hadir pagi itu dibagi tiga tim. Masing-masing tim beranggotakan empat orang. Tim A kebagian tugas buat Melon Sorbet, sedangkan Tim B dipercaya membuat Es Puter Kelapa Muda dan Tim C mendapat tantangan membuat Sweet Corn Gelato.



Menurut Chef Upi, proses pembuatan Melon Sorbet memang tidak terlalu ribet, karena tidak harus menggunakan mesin pemroses es krim seperti halnya dalam praktik membuat Es Puter Kelapa Muda dan Sweet Corn Gelato.

 

”Namun pada praktik kali ini, mahasiswa diminta memanfaatkan mesin pemroses es krim ukuran portable itu demi membuat Melon Sorbet karena hasil akhirnya tekstur Melon Sorbet tersebut terasa lebih halus,” terang Chef Sari Palupi kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, pekan lalu.

 

Bahan untuk membuat Melon Sorbet terdiri dari sugar, water, melon syrup, melon fresh dan lemon juice. Cara membuatnya sugar, water, melon syrup dan melon segar yang di-blender bersama ice cube yang sudah dihancurkan lebih dulu, kemudian pindah dalam mesin pemroses es krim tersebut selama 60 menitan pada suhu -4* C.

 

”Sebelum ditampilkan di meja display produk, Melon Sorbet yang sudah jadi tersebut lalu dimasukkan ke dalam mangkuk es krim dan di-garnish dengan irisan buah melon agar tampilannya cantik dan menarik,” ujarnya.

 

Selain diajarkan cara membuat Melon Sorbet, Es Puter Kelapa Muda dan Sweet Corn Gelato, maka pada tatap muka hari kedua, Selasa (10/10/2023), mahasiswa kembali diajarkan membuat tiga resep es krim yang berbeda yakni Oreo Ice Cream Dome, Biscoff Lotus Ice Cream Tartlet dan Peach Ice Cream Cake yang lezat dan keren tampilannya. Amazing banget. Good jobs! Bro & Sis

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar