twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 25 September 2023

Dari Gelaran Master Demo & Duplication with Chef Sari Palupi di Kitchen Patisserie Graha Tristar


Mahasiswa Pastry Art Kelas B-1 Pagi Tampil Percaya Diri pada Baking Demo dan Duplikasi demi Buat 12 Kreasi Roti Unyil nan Imut & Cute Banget 

 

UNTUK kali kesekian, Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit, Chef Sari Palupi, tampil pada gelaran Master Demo & Duplication bertajuk Aneka Kreasi Roti Unyil Kekinian, di Kitchen Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Kamis (21/09/2023) pagi. Baking demo membuat 12 kreasi Roti Unyil nan cute & imut itu dihadiri sembilan mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas B-1 Pagi.


Menurut sejarahnya, kreasi Roti Unyil itu dikenalkan kali pertama oleh kakak beradik Hendra Saputra Hawidjaja dan Harlianty (Pendiri Venus Bakery di Bogor). Roti Unyil kali pertama dijajakan pada 1992 silam. Sebutannya mengadopsi nama film boneka Si Unyil yang sedang populer saat itu setelah tayang di stasiun TVRI.


Kisah Roti Unyil yang legendaris dari Bogor tersebut bermula dari sisa adonan yang tak terpakai. Jika sebelumnya pendiri Venus Bakery itu menyiapkan adonan untuk membuat roti berukuran biasa seperti roti tawar dan roti isi dengan beragam varian rasa dan aneka topping nan cantik.


Semula semuanya berjalan normal-normal saja, namun setiap kali proses pembuatan adonan roti selalu ada sisa adonan yang tidak terpakai. Lalu muncullah ide brilian untuk membuat roti-roti berukuran kecil dari sisa adonan yang hampir terbuang.


Jika awal kemunculannya membidik anak-anak sebagai target pasar utama Roti Unyil. Ukurannya yang imut dan tampilannya nan cute, tentu memudahkan anak-anak untuk memakannya. Konsep unik ini terbukti sukses menarik hati konsumen, Jika awalnya hanya memproduksi 5-10 pieces Roti Unyil, sekarang produksinya bisa mencapai ribuan pieces per hari.


Berangkat dari kisah sukses Roti Unyil dari Bogor, maka Chef Sari Palupi bersama asistennya, Chef Gabriel Nathania AMd.Par., S.TP pun berbagi dengan anak didiknya dalam gelaran bertajuk Master Demo & Duplication, demi membuat 12 kreasi Roti Unyil kekinian yang keren banget, di Kitchen Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Surabaya, pekan lalu.


Menurut Chef Upi, sapaan akrabnya, 12 kreasi Roti Unyil (baik yang berasa manis maupun asin.gurih) yang didemonstrasikan di hadapan mahasiswa Pastry Art Class itu meliputi sweet corn mayo, sausage roll, mini pizza, double choco, green coconut, floss bread, srikaya bun, milky cheese, choco banana, banana cheese, vla sweet corn dan berry twist.


Mengingat namanya Roti Unyil, tentu saja ukurannya juga mini (kecil). Setiap piece Roti Unyil dibuat dari adonan roti yang sudah kalis (sweet bread dough) @ 15 gram. Adonan roti tersebut lalu dibentuk sesuai pilihan nama dari 12 kreasi Roti Unyil tersebut, kemudian diletakkan di loyang persegi. 


”Aneka kreasi Roti Unyil setengah jadi tersebut lalu di-prooving selama 25-30 menitan, sebelum di-bake dalam mesin oven selama 8-10 menitan pada suhu 190*C,” terang Chef Upi kepada anak didiknya.


Selain menghelat baking demo, Chef Sari Palupi juga memberi tantangan kepada sembilan mahasiswa Pastry Art Class (terbagi dalam dua tim), untuk menduplikasikan 12 kreasi Roti Unyil tersebut seperti yang telah dicontohkan Dosen Pengajar.


Aksi seru pun ditunjukkan masing-masing tim, Tim A (beranggotakan lima orang) maupun Tim B (anggotanya empat personel), saat berjibaku di cold kitchen Graha Tristar Surabaya, demi mempersembahkan 12 kreasi Roti Unyil masa kini yang keren tampilannya.


Sebelum memungkasi gelaran Master Demo & Duplication, Chef Upi berkesempatan untuk mem-plating dan meng-garnish 12 kreasi Roti Unyil tersebut dalam wadah cantik dari anyaman rotan dan bambu, sehingga tampilannya tampak elegan dan berkelas. Good jobs! Chef. The most incredible


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di Kampus Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar