twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 12 September 2023

Melihat Keseruan Praktik Masak Continental Cuisines with Chef Yanuar di Kitchen Graha Tristar


Mahasiswa Baru Culinary Art Class Sukses Padupadankan Menu Seafood Arancini, Gambas Al-Ajilo & Broccoli au Gratin, Tiga Masakan Klasik dari Prancis & Negeri Spaghetti Italia yang Mamamia Lezatos


MAHASISWA baru Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi sukses memadupadankan menu Seafood Arancini, Sambas al-Ajilo (Garlic Shrimp) dan Broccoli au Gratin, tiga masakan klasik dari Prancis & Negeri Spaghetti Italia dengan citarasa mamamia lezatos. Tiga menu masakan legendaris itu ditampilkan di meja display produk seusai lima tim mahasiswa berjibaku selama 90 menit di Kitchen Modern 1, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Senin (11/09/2023) pagi.

 

Pada tatap muka hari kelima itu, Dosen Pengajar Culinary Art Akpar Majapahit Chef Yanuar Kadaryanto terus mendampingi 14 mahasiswa Culinary Art Class yang bekerja di hot kitchen Graha Tristar demi masak tiga menu Continental Cuisines sesuai Standard Operation & Procedure (SOP) yang biasa diterapkan di industri perhotelan.

 

”Karena itu setiap tim saya tantang untuk masak Seafood Arancini, Sambas al-Ajilo (Garlic Shrimp) dan Broccoli au Gratin, dengan tampilannya masa kini nan keren dan lezat rasanya, layaknya hidangan makanan mewah di sebuah hotel berbintang,” terang Chef Yanuar Kadaryanto.

 

Demi memudahkan pekerjaan di hot kitchen Graha Tristar Surabaya, 14 mahasiswa Culinary Art Class dibagi menjadi lima tim (Tim A, B, C, D dan E) masing-masing tim beranggotakan 2-3 orang. Setiap tim kebagian tugas membuat dua menu masakan.

 

Tim A, B dan C misalnya, ditugasi Chef Yanuar masak Seafood Arancini dan Broccoli au Gratin, sedangkan Tim D dan E diminta masak Gambas al-Ajilo & Broccoli au Gratin yang tasty & deliciously. Durasi masak dua menu western food itu tidak lebih dari 90 menitan

 

Demi mempersembahkan hasil masakan terbaiknya, maka setiap tim kerja mahasiswa Culinary Art Class pun berupaya tampil all out saat masak dua menu legendaris itu hingga mem-plating-nya, sebelum kreasi masakannya dievaluasi dan dikritisi dosen pembimbing. Selama berjibaku di Kitchen Culinary Graha Tristar Surabaya, masing-masing tim tampil seru banget!

 

Sesuai pembagian jobs dari Chef Yanuar, maka Tim A, B dan C tampil percaya diri demi masak dua menu, Seafood Arancini & Broccoli au Gratin. Bahan untuk masak Seafood Arancini (masakan klasik dari Italia) itu meliputi rice (di-shimmer), seafood broth (di-steam), mix seafood (shrimp, squid & fish yang lebih dulu di-dice), onion & garlic (di-chop dulu baru di-sautee), oil, parmesan cheese, egg, bread crump, salt & pepper.

 

Sebelum digoreng di atas minyak panas, Seafood Arancini dibentuk bulat seperti meatball (seukuran penthol bakso), lalu ditaburi bread crump dan dilumuri kocokan egg. Seafood Arancini yang sudah matang selama proses frying, warnanya berubah kuning kecoklatan.



Sementara itu Tim D dan E juga berjibaku di hot kitchen Graha Tristar untuk masak dua menu, yakni Gambas al-Ajilo (Garlic Shrimp) & Broccoli au Gratin. Bahan yang dibutuhkan untuk masak Gambas al-Ajilo (juga menu klasik dari Italia) adalah shrimp (di-peel lebih dulu), oil, garlic (di-chop), dried red chili (di-sautee bersama garlic), parsley (di-chop), fresh lemon juice dan salt.


Giliran masak Broccoli au Gratin (menu klasik dari Prancis), baik Tim A, B, C, D maupun E kebagian tugas masak menu spesial tersebut. Untuk membuat Broccoli au Gratin yang lezat, maka bahan yang diperlukan adalah broccoli (dipotong floret baru di-blanch), bechamel, lemon and zest, salt, pepper, parsley, ditaburi bread crumb dan parmesan sebelum di-bake pada suhu 200*C selama 15 menitan.

 

”Demi masak tiga menu Continental Cuisines tersebut, Seafood Arancini, Sambas al-Ajilo (Garlic Shrimp) dan Broccoli au Gratin, setiap tim diberi waktu tidak lebih dari 90 menit, sejak prepare bahan masakan, proses memasak hingga mem-plating-nya,” kata Chef Yanuar kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, kemarin.  Good jobs! Bro & Sis. Amazing banget …

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar