twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 19 September 2023

Dari Keseruan Praktik Masak Continental Cuisines with Chef Yanuar di Kitchen Modern Tristar Samator


Mahasiswa Culinary Art Class Sukses Persembahkan Lamb Kabobs & Swedish Meatball, Dua Menu Legendaris dari Mediterania yang Delicious

 

CHEF Yanuar Kadaryanto, Dosen Pengajar Culinary Art Tristar Samator (member of Tristar Group), mengapresiasi dua kreasi menu masakan Continental Cuisines legendaris, yakni Lamb Kabobs & Swedish Meatball yang ditampilkan di meja display produk, seusai 14 mahasiswa Culinary Art Tristar Samator C Class, praktik masak secara individual di Kitchen Modern Tristar Samator Sky Suites SOHO-The Samator Jl. Raya Kedungbaruk No. 26-28 Surabaya, Rabu (13/09/2023), pekan lalu.


Setelah berjibaku di hot kitchen Tristar Samator selama 90 menitan, setiap individu mahasiswa berbagi tugas demi mempersembahkan dua kreasi menu Continental Cuisines yang diolah sesuai Standard Operation & Procedure (SOP), seperti yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan. Sesuai arahan Chef Yanuar, tujuh mahasiswa dipercaya masak Lamb Kabobs, sedangkan tujuh mahasiswa lainnya ditantang masak Swedish Meatball.

 

”Setiap individu mahasiswa Culinary Art Class dipersilakan menampilkan kreasi plating (the art of plating) kekinian nan keren dengan tekstur lembut dan bercitarasa tasty & delicious, layaknya hidangan menu makanan berkelas ala restoran terkenal di sebuah hotel berbintang,” terang Chef Yanuar di ruang kerjanya, pekan lalu.

 

Demi memenuhi standar garnish untuk menu Continental Cuisines, setiap mahasiswa pun dipersilakan membuat coral tuilles sendiri yang dipadupadankan dengan cherry tomato, lettuce, onion dan parsley agar tampilan masakannya terkesan mewah dan berkelas. Sedangkan bahan untuk buat coral tuilles sebetulnya cukup sederhana, hanya tepung terigu serbaguna (segitiga biru), water dan vegetable oil.

 

Kali ini tujuh mahasiswa Culinary Art C Class dipercaya untuk masak Lamb Kabobs. Bahan yang dibutuhkan untuk masak menu makanan khas dari kawasan Mediterania itu meliputi lamb ground, green onion (di-slice dulu), onion powder, oregano, rosemary, garlic powder, cumin, thyme, blackpepper dan salt dan. Semua bahan tersebut di-mix jadi satu, kemudian dilekatkan pada ice cream steak, sehingga tampilannya mirip sate lilit.

 

Tahapan pekerjaan berikutnya adalah membuat Tzatziki. Untuk bahannya meliputi plain set yoghurt, cucumber seed (di-grated), sedangkan garlic-nya di-mashed, tabasco, lemon juice, salt & blackpepper di-mix menjadi satu.

 

Selain itu mahasiswa juga diminta membuat Pita Bread. Bahannya terdiri dari flour (all purpose), whole weat flour, water, oil, sugar, salt, baking powder dan yeast. Semua bahan di-mix lalu didiamkan selama 30 menitan (portion 50 gram, lalu dibentuk round & flat). ”Sementara itu sebagai condiment sekaligus garnish-nya, maka kalian bisa memanfaatkan lettuce, onion dan cherry tomato agar tampilan Lamb Kabobs nantinya semakin keren,” terang Chef Yanuar.

 

Tak kalah serunya dengan mahasiswa yang ditugasi masak Lamb Kabobs, maka tujuh mahasiswa Culinary Art C Class yang dipercaya masak Swedish Meatball juga tampil heboh di hot kitchen Tristar Samator Sky Suites SOHO-The Samator, pekan lalu.

 

Untuk membuat Swedish Meatball yang lezat, maka bahan yang diperlukan adalah ground beef, ground chicken, egg, cooking cream, onion (di-chop dulu), breadcrumbs, butter, salt, pepper dan all spice powder di-mix jadi satu kemudian dibentuk bulat seperti penthol bakso.

 

Tahapan pekerjaan selanjutnya membuat Cream Sauce. Bahan yang disiapkan untuk masak cream sauce meliputi cooking cream, brown beef stock, worchestershire sauce, all purpose flour, butter, salt dan pepper.

 

Pekerjaan berikutnya adalah membuat Mashed Potato. Bahan yang dibutuhkan antara lain potato (di-steam lebih dulu), butter, cooking cream, salt dan pepper. Sementara itu untuk garnish-nya sendiri, Anda bisa memanfaatkan berry jam (selai redberry) dan parsley secukupnya. Good jobs! Bro & Sis. The most incredible …

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Samator (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Tristar Group, Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar