twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 14 September 2023

Aksi Ciamik Mahasiswa Culinary Art Praktik Masak Continental Cuisines with Chef Nadya


Lamb Navarin with Devil Egg & Broccoli Au Gratin, Tiga Menu Legendaris dari Mediterania Persembahan Spesial Mahasiswa Culinary Art Class

 

KELEZATAN menu sup klasik yang telah melegenda dari Prancis dibangkitkan kembali oleh 10 mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi, demi memenuhi tantangan dari Chef Nadya Ratri Aryani, dalam praktik masak Continental Cuisines hari ke-5, Senin (11/09/2023) pagi, di Kitchen Modern 2, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Oleh Chef Nadya, 10 mahasiswa Culinary Art Class yang hadir pagi itu dibagi menjadi tiga tim yakni Tim A, B dan C. Setiap tim yang beranggotakan 3-4 orang harus berjibaku di hot kitchen Graha Tristar Surabaya, sejak prepare bahan masakan, memroses memasak hingga mem-plating hasil masakan tersebut. dengan tampilan kekinian sesuai standar industri perhotelan.

 

Selama bekerja di hot kitchen kampus, Chef Nadya pun memberikan batasan waktu untuk masak tiga menu legendaris dari kawasan Mediterania tersebut tidak lebih dari 120 menitan. Setelah di-plating dan disajikan di meja display produk, hasil kreasi masakan itu selanjutnya dinilai dan dikritisi dosen pembimbing dari tiga aspek, yakni tampilan dan kreativitas, tekstur dan cita rasanya.

 

Masing-masing tim pun tampil ciamik saat berjibaku di hot kitchen demi masak Lamb Navarin with Devil Egg & Broccoli au Gratin. Di negeri asalnya, Lamb Navarin termasuk salah satu sup klasik yang dikemas dengan rasa bawang putih karamel, bumbu dan ikan teri.

 

Navarin sendiri adalah soup khas dari negeri yang berjuluk Le Bleus Prancis. Sup klasik ini secara tradisional biasanya disajikan pada musim semi dengan sayuran musiman dan sangat disukai karena mengandung lobak atau navets.

 

Bahan yang diperlukan untuk masak Navarin Lamb adalah olive oil dan lean of lamb meat (diiris bentuk cube, lalu di-sautee), salt, pepper, blond flour, white stock, white wine, tomato concasse, leek (di-chop), thyme, bay leaf, mint leaf, potato, carrot dan turnip (dipotong ala turning) dan green peas.

 

”Selain itu, masing-masing tim juga saya minta menyiapkan Devil Egg yang bahannya meliputi hard cooked egg, mayonnaise, lemon juice or vinegar, mustard, salt, white pepper, cayenne dan chopped parsley secukupnya,” terang Chef Nadya di ruang kerjanya kepada kru www.sekolahmasak.info, kemarin.

 

Sedangkan tahapan pekerjaan terakhir adalah membuat Broccoli au Gratin. Demi membuat menu klasik khas Negeri Prancis yang lezat ini, maka bahan yang dibutuhkan adalah broccoli (dipotong floret baru di-blanch), bechamel, lemon and zest, salt, pepper, parsley, ditaburi bread crumb dan parmesan sebelum di-bake pada suhu 200*C selama 15 menitan.

 

Nah jika semua pekerjaan itu selesai, sekarang giliran Anda mem-plating-nya agar tiga menu masakan dari kawasan Mediterania itu tampilannya semakin keren dan berkelas,” ujar Chef Nadya Ratri Aryani, di hot kitchen Graha Tristar Surabaya, kemarin. So cool. Good jobs! Bro & Sis

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar