twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 05 September 2023

Serunya Belajar Basic Cake Decoration with Chef Daniel di Kitchen Patisserie Graha Tristar Surabaya


Mahasiswa Baru Pastry Art Class Akpar Majapahit Praktik Basic Bordering Plain Tube & Basic Bordering with Star Tube, Basic Bordering Flowers serta Buat Empat Kreasi Cakes yang Keren


SELAMA tiga kali tatap muka, sekitar 15 mahasiswa baru Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi diajarkan Basic Cake Decoration, Selama praktik Basic Cake Decoration, mahasiswa disupervisi langsung oleh Chef Daniel Pradipta di Kitchen Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Selasa (05/09/2023) pagi.


Pada pertemuan hari pertama, mahasiswa Pastry Art Class tersebut, selain dibekali secara teori seputar Basic Cake Decoration, juga praktik membuat Basic Bordering Plain Tube dengan menggunakan spuit yang ujungnya runcing berlubang satu.


Untuk bisa leluasa selama praktik Basic Cake Decoration, setiap individu mahasiswa waijb memiliki satu set spuit (isi 24 pieces) sendiri. Di pasaran, harga spuit memang bervariasi, tergantung bahan pembuatannya karena ada yang terbuat dari alumunium hingga bahan stainless steel


Selama praktik Basic Bordering Plain Tube, mahasiswa diajarkan membuat pola hiasan writing, heart, drop strings, cornelli lace, lattice, ruffle dan overlapping drop stringsSelain itu mahasiswa Pastry Art Class juga praktik Basic Bordering with Star Tube. Mereka diajarkan membuat pola hiasan cake mulai stars, fleur de lis, rosettes, shells, reserve shells, zig zag garlands, e-motion, c-motion, twist, flute, zig-zag hingga puff.


”Untuk membuat berbagai pola Basic Bordering with Star Tube, maka Anda bisa menggunakan spuit yang ujungnya berbentuk bintang,” kata Chef Daniel sambil menunjukkan contoh spuit itu di hadapan mahasiswa Pastry Art Class.


Saat praktik Basic Bordering with Star Tube di Kitchen Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar, 15 mahasiswa Pastry Art yang hadir pagi itu tampil percaya diri sejak prepare bahan, proses menghias Styrofoam (gabus) yang sudah tertutup oleh whipped cream (white margarine).


Teknik menghias berbagai pola yang cantik dengan spuit itu dilakukan di atas Styrofoam berdiameter 14 cm yang sudah ditutup dengan whipped cream (white margarine yang sudah di-mixer) lebih dulu.


Sementara itu pada pertemuan hari kedua, Selasa (05/09/2023) pagi, mahasiswa Pastry Art Class tampil secara individual demi praktik Basic Bordering Flowers. Bahan yang khusus dipakai membuat hiasan cakes adalah butter cream borders & flowers decoration. Pola hiasannya sendiri berupa ropes, basket wave, scrolls, leaf, rose dan crown.


Setelah berjibaku di cold kitchen selama tiga jam, hasil kreasi mahasiswa itu dipajang dii meja display produk untuk didokumentasikan sekaligus dilakukan foto bareng bersama mahasiswa, sebelum hasil kreasi mereka dievaluasi oleh Chef Daniel.


Saat mendampingi anak didiknya praktik Basic Bordering Flowers, Chef Daniel dibantu Gabriel Nathania AMd.Par., Assistance Pastry Chef. Keduanya pun tampak bahu membahu memberikan asistensi kepada mahasiswa di cold kitchen Graha Tristar Surabaya.


Sedangkan pada pertemuan hari ketiga (terakhir), 15 mahasiswa baru Pastry Art Class Akpar Majapahit (terbagi dalam empat tim), giliran diajarkan Chef Daniel seputar cara membuat empat kreasi Cakes Basic yang cantik dan keren tampilannya.


”Temanya pun bisa dipilih sesuai selera masing-masing tim, yakni Anniversary Cake, Birthday Cake, Valentine Cake, Idul Fitri Cake, Cartoon Cake atau Mother Day Cake,” terang Chef Daniel kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, kemarin.. Good jobs! Bro & Sis. Amazing banget


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class di Kampus Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan menghubungi Divisi Marketing Tristar Group di Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar