twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 30 Agustus 2023

Asyiknya Praktik Masak Korean Cuisines with Chef Lusi di Kitchen Modern Tristar Samator


Mahasiswa Culinary Art A Class Persembahkan Haemul Pajeon dan Nakji Bokkeum, Dua Kreasi Menu Main Course dari Negeri Ginseng Korea


SEBANYAK 13 mahasiswa baru Culinary Art Tristar Samator A Class tampil percaya diri demi mempersembahkan Haemul Pajeon dan Nakji Bokkeum, dua kreasi menu main course yang tasty & deliciously dari Negeri Ginseng Korea. Selama praktik masak dua kreasi menu utama (main course) tersebut, mahasiswa di dampingi Dosen Pengajar Culinary Art Tristar Group, Chef Lusi F. Noor bersama asistennya, Shefannia Christy Wijaya.

 

Demi mempersembahkan dua kreasi menu utama Korean Cuisines tersebut, mahasiswa pun harus berjibaku selama dua jam di Kitchen Modern Tristar Samator, Sky Suites SOHO-The Samator Jl. Raya Kedung Baruk No. 26-28 Surabaya, Selasa (29/08/2023) pagi.

 

Dua kreasi main course yang dipersembahkan mahasiswa baru Culinary Art A Class itu merupakan tatap muka hari kesepuluh atau terakhir, mahasiswa diajarkan membuat dua menu makanan utama untuk sebuah jamuan makan siang resmi ala restoran terkenal di Surabaya.

 

Selama sepuluh kali pertemuan di hot kitchen Kampus B, mahasiswa baru Tristar Samator diajarkan cara membuat sekitar 15-an kreasi menu main course Korean Cuisines termasuk lima kreasi main course dari materi gelaran cooking demo bersama Dosen Pengajar Culinary Art Tristar Group.

 

Demo masak lima kreasi menu utama Korean Cuisines itu menampilkan Samgyetang (tatap muka hari pertama), Ovendak (Korean Braised Chicken with Soy Ginger Lemon Sauce, pertemuan hari ketiga), Dakgalbi (tatap muka hari kelima), Kimchi termasuk Kimchi Fried Rice (tatap muka hari ketujuh) dan Jjampong (pertemuan hari kesembilan).

 

Sementara itu pada tatap muka hari ke-10 (terakhir) belajar menu Korean Food, 13 mahasiswa yang hadir pagi itu dibagi menjadi enam kelompok, masing-masing kelompok beranggotakan dua orang. Setiap kelompok mendapat tantangan untuk menampilkan Haemul Pajeon dan Nakji Bokkeum dengan plating-an terbaik sebelum dievaluasi dan dikritisi oleh Chef Lusi bersama asistennya. Hal ini berarti setiap individu mahasiswa mendapat tantangan masak satu kreasi main course.

 

Enam kelompok kelompok itu lalu di-battle untuk mengetahui kelompok mana yang hasil masakan main course-nya terbaik dari aspek tampilan dan kreatitas saat mem-plating hasil masakan, tekstur dan aspek rasanya sesuai standar industri perhotelan.

 

Chef Lusi pun mengapresiasi hasil kerja keras masing-masing kelompok yang sudah mulai me-manage durasi pekerjaan di hot kitchen, sehingga dua kreasi main course asal Negeri Ginseng Korea itu bisa ditampilkan di meja display produk sekitar pukul 11.30 WIB.

 

”Secara overall dua kreasi main course yang ditampilkan enam tim mahasiswa itu sudah mengikuti standar garnish dari menu khas masakan Korean Food, yakni coriander leaf, tomato cherry, parsley leaf dan tuiles,” ungkap Chef Lusi F. Noor kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, Selasa (29/08/2023) siang.

 

Demi membuat Haemul Pajeon yang lezat, maka bahan yang dibutuhkan meliputi all purpose flour, cornstarch, garlic powder, onion powder dan ice water di-mixed jadi satu lalu ditambahkan seasoning secukupnya. Sedangkan green onion (di-slice), squid dan shrimp (di-blanch dulu baru di-slice), blackpepper, egg dan red chili yang juga sudah di-slice sebelumnya. Untuk memasaknya sendiri pakai oil for pan frying.

 

Sedangkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Nakji Bokkeum antara lain octopus (yang sudah dicuci bersih) dicampur dengan all purpose flour lalu di-rinsed dan di-blanch), garlic dan ginger (di-chopped), green chili (yang sudah dibuang bijinya, lalu di-brunoise/di-slice), onion dan leek (di-dice/di-slice) dan sesame seed (di-toast).

 

Sementara itu demi membuat sauce-nya, maka bahan-bahan yang diperlukan adalah gochugaru, soy sauce, sugar, gochujang, Korean corn syrup dan blackpepper yang sudah di-crushed lebih dulu. Good jobs! Bro & Sis. Amazing banget …

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Samator (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar