twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 27 Agustus 2023

Memotret Keseruan Acara Baking Demo with Guest Lecturer di Lobby Graha Tristar Surabaya


Chef Verian Persembahkan Empat Kreasi Cakes Modern nan Elegan dengan Tampilan Shining & Glowing seperti Kristal

 

UNTUK kali kedua, Chef Verian Mahendra Jati AMd.Par., Guest Lecturer dari Tigerson Philti, menggelar baking demo bertajuk All About Decorating, di Lobby Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Sabtu (26/08/2023) pagi, demi membuat empat kreasi cakes modern nan elegan dengan tampilan shining & glowing seperti kristal yang berkilau.

 

Gelaran baking demo bertajuk All About Decorating itu merupakan rangkaian acara demi memperingati Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia yang dihelat civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group). Baking demo tersebut dihadiri 36-an mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit dan Tristar Manyar, serta empat orang peserta umum dari luar kampus. Selain menghelat baking demo, pihak panitia juga menggelar Traditional Food Bazaar.

 

Sebelum demo, Chef Verian menjelaskan pengetahuan umum tentang teknik pengolahan dan cara menghias cakes modern di hadapan peserta. Technical Advisory Tigerson Philti itu juga mengingatkan kembali dasar-dasar teknik pengolahan kue dan cara menghias kue.

 

Chef Verian pun menerangkan keunggulan produk premium jelly glaze dari Tigerson yakni Royal Jelly. Manfaat dari penggunaan Royal Jelly membuat tampilan cake menjadi shining & glowing, tampilan cake-nya pun semakin elegan, tampak bersinar sebening kristal (crystal clear) dan materialnya sendiri terbuat dari bahan-bahan premium.

 

Hal itu ditunjukkan oleh Chef Verian dan asistennya saat membuat empat kreasi cakes modern. Pekerjaan tahap pertama adalah membuat adonan sponge cake. Adonan cake itu dicetak pada loyang bulat berdiameter 14 cm, kemudian di-bake di dalam mesin oven pada suhu 180*C selama 25-30 menitan. Pada demo tersebut telah disiapkan empat buah sponge cakes.

 

Dua sponge cakes-nya dimanfaatkan Chef Verian untuk membuat dua kreasi cakes modern yang tampilannya tampak shining & glowing. Untuk mirror glazing-nya sendiri dipilih yang berwarna orange dan red dengan garnish-nya berupa chocolate ornament dan hiasannya itu berasal dari edible printing (bentuknya seperti sticker).

 

Sementara itu dua sponge cakes sisanya digunakan oleh dua orang peserta seperti yang dicontohkan Chef Verian. Untuk tampilan mirror glazing-nya sendiri dipilih yang berwarna green dan chocolate dengan garnish-nya juga berupa chocolate ornament, sehingga tercipta empat kreasi cakes modern yang beragam tampilannya. Amazing banget!


Demi membuat satu kreasi cake modern yang keren, maka sponge cake diletakkan di atas rolling desk cake untuk memudahkan proses memotong cake jadi dua lalu ditengahnya diisi whipped cream (berwarna putih seperti salju) yang sudah disiapkan sebelumnya.

 

Selanjutnya sponge cake dilapisi (ditutup) whipped cream (atau bisa juga pakai fondant) secara merata dengan spatula dan rolling desk cake diputar perlahan agar ketebalan whipped cream-nya rata dan hasilnya pun semakin bagus.



Sebelum melapisi sponge cake dengan whipped cream, Chef Verian juga berbagi ilmu dengan peserta baking demo yang datang pagi itu untuk membuat aneka kreasi chocolate ornament seperti segitiga, bulat, belah ketipat, bulan dan bintang.

 

Sebelum hiasan chocolate ornament itu diletakkan di atas permukaan cake, maka sponge cake yang sudah dilapisi whipped cream, lalu dilapisi lagi dengan royal jelly (premium jelly glaze) produksi Tigerson Philti dan ditambahkan beberapa tetes food coloring sesuai selera agar hasil akhirnya nanti tampak bersinar bak kristal.


”Selama proses melapisi cake ini dengan premium jelly glaze pun harus dllakukan hati-hati sambil diputar perlahan-lahan sampai menutup seluruh permukaan cake hingga sempurna. Untuk finishing touch-nya, saya taruh beberapa chocolate ornament,” ujar Chef Verian di hadapan peserta demo. Good jobs! Chef. The most incresible …



Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar