twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 09 Agustus 2023


Mahasiswa Culinary Art B Class Tampil All Out Sajikan Huzarensla dan German Potato Salad, Dua Kreasi Appetizer dari Negeri Kincir Angin dan Bavaria


SEBANYAK 12 mahasiswa baru Culinary Art Tristar Samator B Class tampil all out demi mempersembahkan Huzarensla dan German Potato Salad, dua kreasi appetizer (salad) yang lezat dari Negeri Kincir Angin (Belanda) dan Bavaria (Jerman). Selama praktik masak dua kreasi appetizer di Kitchen Modern Tristar Samator, Sky Suites SOHO-The Samator Jl. Raya Kedung Baruk No. 26-28 Surabaya, Senin (07/08/2023) pagi, mahasiswa disupervisi langsung oleh Chef Fridolin.

 

Dua kreasi appetizer (salad) yang ditampilkan mahasiswa baru Culinary Art B Class itu merupakan pertemuan hari kesepuluh atau terakhir, mahasiswa diajarkan membuat dua menu makanan pembuka untuk sebuah jamuan makan resmi ala Table Manner.

 

Selama sepuluh kali tatap muka, mahasiswa baru Tristar Samator diajarkan membuat sekitar 15-an kreasi appetizer (salad) kekinian termasuk lima kreasi appetizer (salad) dari materi gelaran Master Demo bersama Dosen Pengajar.

 

Sementara itu 12 mahasiswa yang hadir pagi itu dibagi menjadi enam kelompok, masing-masing kelompok beranggotakan dua orang. Setiap kelompok mendapat tantangan untuk menampilkan Huzarensla dan German Potato Salad dengan plating-an terbaik sebelum dievaluasi Chef Frido, sapaan akrabnya. Hal ini berarti setiap individu mahasiswa memperoleh jatah membuat satu kreasi appetizer (salad).

 

Enam kelompok kelompok itu lalu di-battle untuk mengetahui kelompok mana yang hasil masakan appetizer (salad)-nya terbaik dari aspek tampilan dan kreatitas saat mem-plating hasil masakan, tekstur dan aspek rasanya sesuai standar industri perhotelan.

 

Chef Frido juga mrengapresiasi hasil kerja keras masing-masing kelompok yang sudah mulai memangkas durasi pekerjaan di hot kitchen, sehingga dua kreasi appetizer (salad) asal Negeri Belanda dan Jerman itu bisa ditampilkan di meja display produk sekitar pukul 11.45 WIB.

 

”Padahal ketika belajar Basic Cookery Knowledge dan pengenalan materi Appetizer (Salad), mahasiswa baru itu menuntaskan pekerjaan di kitchen rata-rata di atas pukul 12.00. Saya bisa memahami itu karena mereka kan masih pemula bekerja di kitchen kampus,” ungkap Chef Fridolin kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, Senin (07/08/2023) siang.

 

Demi membuat Huzarensla yang lezat, maka bahan yang dibutuhkan meliputi potato (di-dice), carrot (di-dice), pineapple, smoked beef, apple, onion, boiled egg, cherry tomato (for garnish) dan gherkin (di-chopped).

 

Sementara itu untuk membuat dressing-nya sendiri, bahan yang diperlukan adalah gherkin water, gherkin (fine chop), mayonnaise, boiled egg, yellow mustard, icing sugar, shallot dan seasoning secukupnya.

 

Sedangkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat German Potato Salad antara lain potato, bacon, small onion, celery, pickled (di-chopped), water, white wine vinegar, sugar, sweet bellpepper (di-roast dice), mustard, salt & blackpepper. Good jobs! Bro & Sis. The most incredible …

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Samator (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar