twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 21 Agustus 2023

Keseruan Belajar Masak Asian Cuisines Bersama Chef Nadya di Kitchen Modern Graha Tristar


Mahasiswa Baru Culinary Art Class Praktik Masak Chicken in Pandan Leaf dan Phad Thai, Dua Menu Makanan Khas dari Negeri Gajah Putih nan Lezat


GILIRAN Chef Nadya Ratri Aryani S.Pd., M.Kes., Dosen Pengajar Culinary Art Akpar Majapahit, menantang anak didiknya dalam gelaran Cooking & Plating Battle di Kitchen Modern 2, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Rabu (09/08/2023) pagi, demi masak dua menu makanan khas dari Negeri Gajah Putih (Thailand), yakni Chicken in Pandan Leaf dan Phad Thai yang tasty & deliciously.

 

Gelaran Cooking & Plating Battle bagi mahasiswa baru itu untuk membiasakan diri setiap individu mahasiswa berkompetisi secara sehat dan fair agar nantinya mereka tidak kaget menghadapi final exam di kampus maupun ajang kompetisi masak di luar kampus.

 

Untuk itu, 10 mahasiswa baru Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi yang terbagi dalam tiga tim, yakni Tim A, B dan C, untuk berbagi tugas menyiapkan bahan-bahan masakan termasuk bumbunya. Itu dilakukan demi masak Chicken in Pandan Leaf dan Phad Thai, sesuai panduan dari Buku Ajar (Silabus), lalu menyajikannya di meja display produk dengan tampilan sekeren mungkin.

 

Keseruan mahasiswa baru berjibaku di hot kitchen Graha Tristar Surabaya pagi itu, tampak sejak prepare bahan masakan, proses memasak hingga saat mem-plating hasil masakan tersebut. Jika ada hal yang kurang jelas, perwakilan dari masing-masing tim pun menyempatkan diri berkonsultasi dengan Chef Nadya, agar nantinya dua menu masakan khas Thailand yang mereka buat itu benar-benar sesuai ekspektasi.

 

Secara garis besar, demi membuat Chicken in Pandan Leaf, misalnya, bahan yang disiapkan antara lain chicken leg (small portion & clean), sesame oil, salt, pepper, vetsin, ground turmeric (di-grated), coriander leaf (di-chop), fish gravy, pandan leaf (clean) dan ginger (di-grated).


Ayam dan bumbunya lalu dimarinasi dan tambahkan seasoning secukupnya, sebelum olahan ayam tersebut dibungkus dengan daun pandan, lalu di-fry hingga matang dan mengeluarkan aroma harum.

 

Sementara itu menu masakan yang kedua adalah Phad Thai. Bahan untuk membuat Phad Thai meliputi thai rice noodle (di-blanch), garlic dan shallot (keduanya di-chop), ginger (di-grated) kemudian di-sautee. Selain itu masih ada bahan yang lainnya seperti chicken breast (di-slice), shrimp (di-tail on), tofu (bean curd) di-small dice, egg dan coconut oil.

 

Untuk melengkapi penyajian Phad Thai, masing-masing tim juga diminta membuat sauce-nya. Bahan untuk membuat sauce tersebut terdiri dari fish gravy, tamarind water, soy sauce dan palm sugar. Teknik membuat sauce-nya adalah quick stir fry agar hasilnya nanti stir well, lalu tambahkan seasoning dan spring onion kemudian heat off.

 

Setelah berjibaku di hot kitchen selama 120 menitan, masing-masing tim diminta menampilkan hasil kreasi masakannya untuk di-display di meja makan. Selanjutnya hasil kreasi masakan dari Tim A, B dan C dievaluasi dan dikritisi Chef Nadya Ratri, mulai dari aspek tampilan dan kreativitas, tekstur serta cita rasanya, layaknya sajian di hotel-hotel berbintang. Good jobs! Bro & Sis. Amazing banget …

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit (member of Tristar Group), Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar