twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 02 Agustus 2023

Dari Gelaran Master Demo Bersama Chef Sari Palupi di Kitchen Pastry Graha Tristar Surabaya


Mahasiswa Baru Pastry Art Kelas A-1 Pagi Dilibatkan pada Demo dan Duplikasi Teknik Buat Pizza Roll, Kreasi Pizza dengan Tampilan Masa Kini


DOSEN PENGAJAR Pastry Art Akpar Majapahit, Chef Sari Palupi, giliran tampil pada gelaran Master Demo & Duplication bertajuk Enriched Bread Creation 2023, di Kitchen Patiksserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Senin (31/07/2023) pagi. Demo membuat Pizza Roll itu dihadiri 11-an mahasiswa baru Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi.


Pizza Roll merupakan salah satu kreasi bread masa kini yang berdiameter 10-12 cm, Pizza Roll merupakan hasil pengembangan dari original pizza yang berasal dari Negeri Spaghetti (Italia), lalu menyebar luas hingga Amerika Serikat dengan berbagai varian pizza kekinian.


Dengan tampilannya yang keren, maka Pizza Roll itu cocok banget jika dimanfaatkan untuk oleh-oleh. Sementara itu di kalangan pelaku industri perhotelan, Pizza Roll ini biasanya disandingkan dengan aneka produk pastry lainnya yang ditata artistik ketika breakfast, lunch maupun dinner bagi para tamu hotel.


Sebelum Chef Sari Palupi mendemonstrasikan teknik membuat Pizza Roll, mahasiswa diingatkan kembali seputar Basic Pastry Knowledge. Pengetahuan praktis ini tentunya harus dipahami mahasiswa baru sejak awal praktik di cold kitchen kampus, mulai scalling ingredient, mixing, bulk fermentation (durasinya 5-10 menit), punching/folding, dividing, rounding, intermediat proofing, make up/panning, final proofing, baking hingga cooling.


”Urut-urutan pekerjaan di cold kitchen ini yang harus dipahami mahasiswa baru Pastry Art Class ketika Anda praktik membuat aneka kreasi bread termasuk saat mengikuti demo membuat Pizza Roll agar hasil akhirnya nanti sesuai ekspektasi,” terang Chef Sari Palupi di hadapan mahasiswa baru Pastry Art Class, Senin (31/07/2023) pagi.


Setidaknya ada tiga tahapan pekerjaan yang dilakoni mahasiswa saat membuat Pizza Roll. Langkah pertama adalah menyiapkan bahan untuk membuat dough-nya, yakni bread flour, yeast, bread improver, milk powder, salt, egg, water dan butter.


Adonan dough yang sudah kalis, dibentuk bulat lalu dipipihkan hingga berdiameter 10-12 cm (rata-rata beratnya sekitar 50 gram). Pizza Roll itu kemudian dimasukkan mesin pengembang kue (proofer) selama 45-60 menitan.


Setelah di-proofing maka Pizza Roll setengah jadi itu dihias dengan aneka topping yang bahannya terdiri dari beef sausage, tomato sauce, oregano, onion, parsley, cheddar cheese dan mozzarella cheese. Selanjutnya Pizza Roll tersebut di-bake pada suhu 190*C selama 15-20 menit.


Setelah matang, Pizza Roll tersebut kemudian di-platting di atas piring atau loyang keramik agar tampilannya semakin keren dan berkelas seperti layaknya produk pastry yang ditata semenarik dan secantik mungkin di meja display ala hotel berbintang.


”Saat menghias Pizza Roll itu dengan aneka topping yang sudah tersedia di meja kerja, maka saya lebih dulu berikan contoh, lalu mengajak mahasiswa untuk tampil menghias Pizza Roll itu agar mereka juga terbiasa kerja di cold kitchen ala hotel berbintang,” ujar Chef Upi, sapaan akrabnya kepada kru www.sekolahmasak.info. The most incredible. Good jobs! Chef


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di Kampus Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar