twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 08 Agustus 2023

Master Demo with Chef Lusi di Kitchen Modern Tristar Samator Sky Suites SOHO-The Samator


Gado-Gado Roll, Menu Appetizer Alternatif yang Dikemas Cantik untuk Jamuan Makan Malam ala Fine Dining  

 

UNTUK kali kesekian, Dosen Pengajar Culinary Art Tristar Group Chef Lusi F. Noor menggelar master demo demi menampilkan Gado-Gado Roll, kreasi Appetizer kekinian yang terinspirasi dari salah satu menu masakan tradisional Indonesia yakni Gado-GadoDemo masak yang dihelat di Kitchen Modern 1 Tristar Samator Jl. Raya Kedung Baruk No. 26-28 Surabaya, Senin (07/08/2023) pagi, dihadiri 13 orang mahasiswa baru Culinary Art Tristar Samator A Class.

 

Dalam gelaran master demo tersebut, Chef Lusi memberikan tips dan trik membuat Gado-Gado Roll yang keren, sejak prepare bahan masakan, memproses masakan tersebut hingga makanan di-plating dan siap dihidangkan.

 

Agenda master demo itu sendiri tetap mengacu pada panduan Buku Ajar (Silabus) yang telah dibagikan kepada mahasiswa, di mana pada pertemuan hari sembilan Dosen Pengajar tampil untuk mendemonstrasikan teknik masak satu menu Appetizer (Salad) asli dari Indonesia.

 

Untuk membuat Gado-Gado Roll ala hotel berbintang, maka bahan yang dibutuhkan adalah cabbage (di-steamed), bean sprout (di-blanch), cucumber, bean curd (di-fried), potato (di-steamed or fried), tomato dan shrimp cracker (kerupuk udang) di-fried.

 

Sedangkan untuk membuat sauce-nya, maka mahasiswa diminta menyiapkan peanut (yang sudah di-fried), garlic (di-sautee), palm sugar, sweet potato (di-steam and mashed), coconut cream, fried garlic dan fried shallot. Semua bahan tersebut kemudian di-blend and simmer hingga braised.

 

Sekadar informasi, dalam sebuah acara jamuan makan malam lengkap (table manner) yang mengusung konsep fine dining, misalnya, menu Appetizer disajikan kali pertama sebagai menu pembuka, yang sifatnya tidak mengenyangkan, melainkan untuk merangsang nafsu makan umumnya berupa Fruits & Vegetables Salad.

 

Di sejumlah hotel berbintang atau restoran ternama, jamuan makan malam (fine dining), sebelum menu Appetizer dikeluarkan oleh waiters/waitress, ada sajian ringan berupa Bread & butter (BB), berupa roti tawar dengan butter dan selai.

 

Setelah menyajikan menu Appetizer, kemudian dihidangkan aneka olahan Soup. Untuk selanjutnya waiters mengeluarkan aneka menu utama (Main Course). Sedangkan menu makan penutupnya adalah Dessert yang meliputi pudding, fruits slice (buah iris), es buah, es kelapa muda, lemon tea, aneka juice, infused water dan mineral water. Good jobs! Chef. Congratulations ...

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Samator (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar