twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 17 Agustus 2023

Memotret Aksi Ciamik Mahasiswa Praktik Skill Training with Chef di Kitchen Patisserie Graha Tristar


 Mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 dan A-2 Pagi Tampil All Out Demi Buat Scoring Oatmeal Bread


SEKITAR 20-an orang mahasiswa baru Pastry Art Akpar Majapahit dari Kelas A-1 dan A-2 Pagi tampil secara terpisah antusias mengikuti materi praktik Skill Training demi membuat Scoring Oatmeal Bread sesuai standar industri. Selama praktik Skill Training, mahasiswa dibimbing dua orang Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit, Chef Sari Palupi dan Chef Renny Savitri, di Kitchen Patisserie Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Rabu (09/08/2023) pagi.


Pada pertemuan pagi itu, 12 mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi praktik Skill Training bersama Chef Sari Palupi. Sedangkan Chef Renny Savitri fokus mendampingi delapan mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi belajar Skill Training demi membuat Scoring Oatmeal Bread, salah satu kreasi Plain/Lean Bread dengan tampilan kekinian


”Di Benua Biru (Eropa), bread ini umumnya dikonsumsi sebagai pengganti nasi dan dihidangkan bersama soup sewaktu breakfast (sarapan), lunch maupun dinner. Plain/Lean Bread ini umumnya tidak berasa manis maupun tak berasa asin (gurih),” ujar Chef Renny Savitri kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, Rabu (09/08/2023), pekan lalu.


Perhelatan Skill Training itu sendiri, menurut Chef Sari Palupi, bertujuan untuk mempertajam pengetahuan mahasiswa baru Pastry Art Class tentang metode pembuatan roti (ada 12 steps of bread making). Dalam hal ini, mahasiswa baru telah diajarkan membuat adonan roti, dibekali pengetahuan tentang suhu pembakaran dan waktu yang dibutuhkan untuk mengoven roti serta dibekali pengetahuan seputar teknik penyimpanan roti.


Selama praktik membuat Scoring Oatmeal Bread, baik Chef Sari Palupi maupun Chef Renny Savitri membagikan fotokopi resep pembuatan bread tersebut kepada anak didiknya masing-masing. Dengan panduan tersebut, maka setiap individu mahasiswa diharapkan bisa mempraktikannya sendiri di rumah.


Resep untuk membuat Scoring Oatmeal Bread adalah 500 gram bread flour (Cakra Kembar), 100 gram oatmeal, 8 gram yeast, 8 gram salt, 200 ml water, 5 gram cocoa powder African red dan 100 gram honey. Sementara itu untuk membuat butter dish-nya bahan yang dibutuhkan meliputi 50 gram butter, 50 gram margarine dan pinch of salt (taburi sedikit garam).


Adonan Scoring Oatmeal Bread yang sudah kalis, lalu diambil @ 250 gram dan selanjutnya dibentuk bulat dan lonjong. Adonan roti tersebut kemudian di-proofing dalam mesin pengembang roti selama 1,5 jam, sebelum di-bake dalam oven pada suhu 200*C selama 20 menitan.


Sebelum di-bake, Scoring Oatmeal Bread (bentuk lonjong) yang sudah selesai di-proofing, permukaan atasnya diolesi dulu dengan butter, telur dan honey agar permukaan atas roti nantinya tampak mengkilap setelah bread itu diangkat dari mesin pengovenan.


Sedangkan Scoring Oatmeal Bread (bentuk bulat) permukaan atas roti tersebut diberi topping-an berupa taburan chocolate powder. Dengan demikian, tampilan roti yang kedua ini berbeda dengan varian yang pertama, namun tampilan keduanya sama kerennya. Good jobs! Bro & Sis. Amazing banget


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa baru Pastry Art Class Akpar Majapahit (member of Tristar Group) di Kitchen Patisserie Graha Tristar, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit di Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar