twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 07 September 2023

Memotret Kehebohan Praktik Masak Continental Cuisines with Chef Yanuar di Kitchen Graha Tristar


Wow! Lezatnya Fish en Papilote with Lemon Sauce Seared Herbs Potato, Moules Marinieres dan Garlic Bread, Persembahan Mahasiswa Baru Culinary Art Class

 

DOSEN Pengajar Culinary Art Akpar Majapahit Chef Yanuar Kadaryanto menghelat cooking battle demi masak tiga menu Continental Cuisines (Western Food) bersama 14 orang mahasiswa baru Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi, yang terbagi dalam empat tim. Setiap tim ditantang untuk masak Fish en Papilote with Lemon Sauce Seared Herbs Potato, Moules Marinieres & Garlic Bread dengan tampilannya yang elegan dan bercitarasa lezat, layaknya hidangan makanan mewah di hotel-hotel berbintang dan restoran terkenal.

 

Demi memudahkan pekerjaan di Kitchen Culinary 1, Lantai 3 Graha Tristar, Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Selasa (05/09/2023) pagi, 14 mahasiswa Culinary Art Class dibagi menjadi lima tim (Tim A, B, C, D dan E) masing-masing tim beranggotakan 2-3 orang. Setiap tim kebagian tugas membuat masakan Fish en Papilote with Lemon Sauce Seared Herbs Potato, Moules Marinieres & Garlic Bread yang tasty & deliciously.

 

Masing-masing tim kerja mahasiswa Culinary Art Class pun berupaya tampil all out saat masak tiga menu Continental Cuisines yang cukup populer itu hingga mem-plating-nya, sebelum kreasi masakannya dievaluasi dan dikritisi dosen pembimbing. Selama berjibaku di hot kitcken Graha Tristar, masing-masing tim tampil heboh banget!

 

”Saat mem-plating Fish en Papilote with Lemon Sauce Seared Herbs Potato, setiap tim dipersilakan memberi sentuhan khusus misalnya dengan menambahkan coral tuilles untuk garnish atau topping-nya di-smoked gun agar tampilannya semakin elegan dan berkelas,” tandas Chef Yanuar seraya mengingatkan bahwa standard garnish untuk menu masakan Continental Cuisines terdiri atas cherry tomato, parsley dan tuilles.

 

Sesuai jobs dari Chef Yanuar, lima tim mahasiswa itu sama-sama membuat menu masakan yang pertama yakni Fish en Papilote with Lemon Sauce Seared Herbs Potato. Bahan untuk masak menu legendaris dari Prancis itu meliputi fish fillet (Mahi-mahi/Baramundi, lemon, rosemary, thyme, butter, mustard, salt & pepper.

 

Selain itu masing-masing tim juga berjibaku demi membuat sauce dan condiment-nya. Bahan untuk membuat sauce-nya terdiri dari bechamel base, lemon juice, lemon zest dan parsley. Sementara itu bahan untuk membuat condiment-nya meliputi cherry tomatoes, potato wedges, olive oil, oregano, thyme dan cayenne.

 

Sedangkan menu yang kedua adalah Moules Marinieres, salah satu menu populer dari Belgia. Bahan yang dibutuhkan untuk masak Moules Marinieres terdiri dari mussels, shallot dan garlic (keduanya di-chop dulu, barulah di-sautee), butter, white wine, fish atau seafood prawn, heavy cream, salt, pepper dan parsley.

 

Sementara itu tahapan pekerjaan terakhir di hot kitchen adalah membuat Garlic Bread ala menu European Food pada umumnya sebagai pengganti nasi atau kentang. Untuk membuat Garlic Bread ternyata relatif mudah dan tidak begitu ribet. Bahannya sendiri meliputi baguette (toast), garlic roast, parsley, butter, salt dan blackpepper.

 

”Durasi masak tiga menu Continental Cuisines tersebut, yakni Fish en Papilota with Lemon Sauce Seared Herbs Potato, Moules Marinieres dan Garlic Bread tidak lebih dari 120 menit, sejak prepare bahan masakan, proses memasak hingga mem-plating-nya,” terang Chef Yanuar kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, kemarin.

 

Baik Tim A, B, C maupun Tim D berupa menampilkan kreasi terbaiknya terutama dalam hal the art of plating, sebelum aspek lainnya yakni tekstur & kelezatan rasa masakannya juga dievaluasi dan dikritisi Chef Yanuar Kadaryanto. Good jobs! Bro & Sis. The most incredible …

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar