twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 30 November 2023

Aksi Heboh Mahasiswa Belajar Teknik Pengolahan Kue Tradisional di Kitchen Patisserie Graha Tristar


Selama Tiga Kali Tatap Muka, Chef Sari Palupi Ajarkan Mahasiswa Pastry Art Class Buat Sembilan Kreasi Traditional Pastry dengan Tampilan Kekinian

 

MAHASISWA Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi tampil penuh semangat ketika diajarkan teknik pengolahan kue tradisional (Traditional Pastry), demi membuat sembilan kreasi jajanan pasar dengan tampilan kekinian oleh Dosen Pengajar Pastry Art Tristar Group Chef Sari Palupi di Kitchen Patisserie 1 Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Selasa (28/11/2023) pagi.


Dari sembilan macam kreasi kue tradisional tersebut, enam di antaranya berasa manis (sweet taste), yakni Kue Mangkok, Bolu Kukus, Kue Bugis/Mendhut/Koci, Terang Bulan, Kue Caramel dan Bika Ambon. Sedangkan sisanya berasa asin gurih (savoury taste), meliputi Risoles, Pastel dan Lemper.


Menurut Chef Sari Palupi, teknik pengolahan sembilan jenis kue tradisional Indonesia ini diajarkan kepada mahasiswa Pastry Art Class selama tiga kali pertemuan terhitung sejak Senin (27/11/2023) lalu hingga Senin (04/12/2023), di Cold Kitchen Graha Tristar Surabaya.


Materi praktik kue tradisional yang diajarkan kepada 17 mahasiswa Pastry Art Class (terbagi dalam tujuh tim, yakni Tim A, B, C, D, E, F dan G) yang hadir pagi itu demi mengapresiasi keberadaan kue tradisional warisan leluhur yang mampu bertahan hingga sekarang. Bahkan aneka kreasi kue tradisional dengan tampilan masa kini itu mulai banyak diminati sejumlah pengelola hotel berbintang di Surabaya.


Menariknya lagi bahwa keberadaan kue tradisional (jajanan pasar) belakangan ini semakin bersinar karena sejumlah hotel berbintang di Surabaya juga men-display aneka kue tradisional ini dengan tampilan cantik dan menarik sebagai pelengkap sajian dessert-nya, saat gelaran breakfast (sarapan) maupun lunch (makan siang) bagi tamu hotel.


Pada tatap muka hari pertama, Senin (27/11/2023), mahasiswa Pastry art Class diajarkan Chef Sari Palupi bersama asistennya, Chef Gabriel Nathania AMd.Par., S.TP., membuat tiga kreasi kue tradisional yakni Kue Mangkok, Risoles dan Pastel dengan tampilan kekinian.


Sementara itu pada pertemuan hari kedua, Selasa (28/11/2023) pagi, Chef Upi, sapaan akrabnya berbagi ilmu dengan anak didiknya seputar cara membuat tiga kreasi kue tradisional yang berbeda dari sebelumnya, yakni Bolu Kukus, Lemper dan Kue Bugis/Mendhut/Koci.


Dari tiga resep menu kue tradisional yang diajarkan kepada anak didiknya pada hari kedua ternyata teknik membuat Kue Bugis/Mendhut/Koci yang dinilai menarik atensi mahasiswa mengingat bahan untuk pembuatannya sendiri relatif sama, tetapi tampilan akhir saat disajikan di meja display produk pastry bisa berbeda banget.


Bahan untuk membuat Kue Bugis/Mendhut/Koci adalah glutinous rice, tapioca flour, water (warm) dan pandan paste di-mix jadi satu adonan. Selanjutnya, mahasiswa juga diminta menyiapkan filling-nya. Bahan yang dibutuhkan adalah grated coconut, sugar, salt dan pandan leaf. Bahan-bahan tersebut kemudian dimasak sampai matang dan beraroma harum.


Selain itu mereka juga diminta untuk menyediakan banana leaf, sedangkan coconut milk, salt dan cornstarch di-simmer hingga matang warnanya putih kental dan berasa gurih. Saat mem-plating-nya, tampilan Kue Bugis berbentuk bulat (seukuran penthol bakso) dimasukkan wadah berbentuk persegi panjang dari daun pisang lengkap bersama santan kentalnya.


Sedangkan Mendhut/Koci yang sama-sama terbuat dari adonan glutinous rice dengan filling dari grated coconut yang berasa manis dan ditambahkan santan kental, lalu dibungkus dengan banana leaf sebelum di-steam hingga matang.


Aksi heboh mahasiswa Pastry Art Class di Cold Kitchen Graha Tristar Surabaya, juga ditunjukkan saat mereka diminta membuat dua kreasi Traditional Pastry yakni Bolu Kukus yang berasa manis dan Lemper yang rasanya gurih/asin.


Selanjutnya pada tatap muka hari terakhir, mahasiswa Pastry Art Class kembali diajarkan cara membuat tiga kreasi kue tradisional yang lainnya yakni Terang Bulan, Kue Caramel dan Bika Ambon. Good jobs! Bro & SisVery very impressive


Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar