twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 22 November 2023

Kehebohan Mahasiswa Buat Aneka Kreasi Ginger Bread House di Kitchen Patisserie Graha Tristar


Snow by The River, Christmas House, Christmas Village, Vintage Telephone, Bianglala dan Bakery Shop, Enam Kreasi Ginger Bread House Mahasiswa Pastry Art Class nan Keren

 

JELANG Perayaan Natal dan Tahun Baru, umat Nasrani di berbagai belahan dunia antusias menyiapkan aneka pernak pernik bernuansa Natal. Salah satunya dengan membuat aneka kreasi Ginger Bread House dan Bread Clay yang keren, demi menyambut hari istimewa tersebut di pengujung tahun bersama orang-orang terkasih.


Kehebohan membuat aneka kreasi Ginger Bread House di Kitchen Patisserrie, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, pun dilakoni 28 mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi dan Kelas A-1 Siang bersama Chef Renny Savitri, Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit, Kamis (09/11/2023) lalu.


Menurut Chef Renny, sapaan akrabnya, demi membuat kreasi Ginger Bread House dan Bread Clay, enam tim mahasiswa Pastry art dari Kelas A-2 Pagi dan A-1 Siang, mengerjakannya di cold kitchen kampus selama empat kali pertemuan, mulai Senin (06/11/2023), Selasa (07/11/2023), Kamis (09/11/2023) dan tatap muka hari terakhir pada Senin (13/11/2023) lalu.


Sebanyak 15 mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi yang terbagi dalam tiga kelompok, antusias membuat tiga kreasi Ginger Bread House dengan tampilan nan keren. Tim A, misalnya, all out menampilkan kreasinya bertajuk Snow by The River. Sedangkan Tim B dan Tim C masing-masing mempersembahkan kreasi Ginger Bread House terbaiknya yang diberi judul Christmas House dan Christmas Village.


Sementara itu tiga tim dari 13 mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit dari Kelas A-1 Siang juga tampil percaya diri demi membuat tiga kreasi Ginger Bread House dan Bread Clay yang cantik dan menarik. Tim D, misalnya, mempersembahkan kreasi terbaiknya yang bertema Vintage Telephone. Sedangkan Tim E dan Tim F masing-masing menampilkan kreasinya yang diberi nama Bianglala dan Bakery Shop.


 

Sebelum berbagi tugas dengan anggota timnya masing-masing, lanjut Chef Renny, mahasiswa Pastry Art Class yang hadir di cold kitchen Graha Tristar Surabaya dibekali pengetahuan seputar cara membuat Ginger Bread House dan Bread Clay, sesuai panduan dari Silabus (Buku Ajar).


Pada tatap muka hari pertama, mahasiswa dibekali cara membuat scale system measurement, draft/pattern of real size, ginger bread dough, cutting the pattern dan baking the dough. Selanjutnya pada pertemuan hari kedua Chef Renny mengajarkan cara membuat royal icing, contructing building dan aneka tambahan decoration.


Sedangkan pada tatap muka hari ketiga, masing-masing tim fokus untuk memberikan adding decorating dan finishing bread house agar tampilannya nanti betul-betul cantik dan menarik. Sementara itu pada pertemuan hari terakhir, mahasiswa kembali diajarkan membuat bread clay dough, bread clay shape dan baking bread clay.


Setiap tim ditugasi membuat satu unit Ginger Bread House. Untuk itu bahan yang dibutuhkan meliputi bread flour, sugar, egg, fresh milk, ginger powder, baking soda, honey dan water yang dicetak dengan ukuran 40 x 40 cm2.


Selanjutnya, setiap tim juga diminta membuat Royal Icing yang bahannya terdiri atas icing sugar, egg white dan vinegar. Sedangkan bahan untuk membuat Bread Clay-nya sendiri, meliputi bread flour, salt, water dan margarine.


”Setelah berjibaku di cold kitchen selama empat kali pertemuan, saya pun mengapresiasi kerja keras enam tim mahasiswa Pastry Art Kelas A-2 Pagi dan Kelas A-1 Siang yang berhasil mempersembahkan enam kreasi Ginger Bread House yang keren,” ujar Chef Renny di ruang kerjanya kepada kru www.sekolahmasak.info, Senin (20/11/2023). Good jobs Bro & Sis. Congratulations!


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class di Kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit (member of Tristar Group), Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar