twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 12 November 2023

Dari Final Exam Hari Pertama Mahasiswa Pastry Art Class di Kitchen Graha Tristar Surabaya


Tim Juri Apresiasi Beef Mushroom Bolognese Pie, Kreasi Pie Kekinian Persembahan dari Aurella Della & Adhiyansyah Suciono



PADA gelaran final exam hari pertama, Kamis (12/10/2023) lalu, enam mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi yang tergabung dalam tiga tim yakni Tim A, B dan C, menampilkan tiga kreasi terbaiknya berupa dua kreasi cakes kekinian dan satu kue tradisional (traditional pastry) yang keren.

 

Demi mempersembahkan tiga kreasi kue masa kini tersebut, masing-masing tim yang sehari-hari diasuh oleh Chef Sari Palupi itu, harus berjibaku di Kitchen Patisserie 1 Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, selama 120 menitan. Selain mengikuti ujian praktik di cold kitchen, mahasiswa Pastry Art Class tersebut juga mengikuti ujian tulis untuk menyelesaikan 10 soal essay di ruang kuliah.

 

Keasi Beef Mushroom Bolognese Pie yang berasa gurih/asin (savoury taste) persembahan dari Aurella Della ZZI dan Adhiyansyah Suciono (Tim B), mendapat apresiasi dari tim juri yang terdiri dari Chef Renny Savitri, Chef Nadya Ratri Aryani dan Chef Yanuar Kadaryanto.

 

Sedangkan dua kreasi produk pastry lainnya, yakni Strawberry Cheese Cupcake dan Dadar Gulung (rasanya manis), yang ditampilkan duet Syifa Shafira dan Syabila Gidiazwa Permata Ayu (Tim A) dan pasangan Silverius Jason Liem dan Muhammad Hakim (Tim C), juga diatensi oleh tiga orang juri.

 

Ketiga tim tampil antusias saat mengikuti gelaran final exam Pastry Art pada hari pertama yang bertajuk Amazing Pastry Product Creations 2023. Masing-masing tim berjibaku di Cold Kitchen Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, demi bisa menampilkan tiga kreasi produk pastry masa kini yang menjadi andalan masing-masing tim.

 

Tiga kreasi produk pastry itu yakni Beef Mushroom Bolognese Pie, Strawberry Cheese Cupcake dan Dadar Gulung, persembahan mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit, layak layak banget jika dihidangkan di restoran terkemuka maupun hotel-hetel berbintang di Surabaya dan sekitarnya, Selama proses penjurian, tiga orang juri pun kompak mengapresiasi hasil kreasi mahasiswa Pastry Art Class tersebut.

 

Sementara itu Chef Sari Palupi yang akrab disapa Chef Upi menambahkan, hasil kreasi produk pastry mahasiswa Pastry Art Class tersebut dinilai berdasarkan tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

 

Selama proses penjurian, masing-masing tim peserta final exam juga diminta mempresentasikan kreasi produknya di hadapan tiga orang juri, mulai bahan-bahan yang dipakai, metode dan teknik pembuatannya hingga cara mem-plating serta meng-garnish-nya.

 

”Ujian praktik kali ini mengusung tema Amazing Pastry Product Creations 2023. Diikuti 12 mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi. Pada ujian praktik hari pertama diikuti enam mahasiswa, sedangkan final exam hari kedua (terakhir) juga diikuti enam mahasiswa. Total sebanyak 12 orang mahasiswa tersebut terbagi dalam enam tim,” ujar Chef Upi di ruang kerjanya, belum lama ini.



Setiap tim menampilkan kreasi cakes terbaiknya, baik yang bercitasa manis (sweet taste) maupun gurih/asin (savoury taste). Selama ujian praktik pastry hari pertama maupun hari kedua, dirinya mengapresiasi kerja keras anak didiknya yang tampil all out demi menampilkan kreasi produk pastry yang menjadi andalan masing-masing tim.

 

Selain menggelar ujian praktik di cold kitchen, pihaknya juga mewajibkan kepada setiap individu mahasiswa Pastry Art Class untuk mengikuti ujian teori (tulis) di kelas. Untuk ujian tulis ada 10 soal essay. Ujian teori itu berdurasi satu jam. Good Jobs! Bro & Sis. Amazing banget



Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar