twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 09 Mei 2024

Melihat Aksi Heboh Peserta Kursus Belajar Cara Buat Classic Cakes Bersama Chef Ernawati


Peserta Kursusan All Out Praktik Buat Marmer Cake Original, Red Velvet Chocolate Cake dan Marmer Lemon Cheese Cake, Tiga Kreasi Classic Cakes Kekinian nan Cantik & Menarik

 

TIGA kreasi Classic Cakes, yakni Marmer Cake Original, Red Velvet Chocolate Cake dan Marmer Lemon Cheese Cake sampai sekarang masih tetap eksis dan menjadi pilihan sejumlah ibu-ibu untuk belajar membuatnya, di Kitchen Pastry Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Tristar, Lantai 2 Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Rabu (08/05/2024) lalu.

.

Kali ini giliran yang menjadi instrukturnya adalah Chef Ernawati bersama asistennya Nurul berjibaku langsung di cold kitchen untuk berbagi ilmu bagaimana membuat tiga kreasi Classic Cakes kekinian nan cantik dan menarik itu di hadapan lima peserta kursusan, yakni Elysa K., Hermina Maria Rossita T.S., Dwiana Sri Wahyuni, Lenny Lay dan Budiyati.

 

Di hadapan peserta kursus, Chef Ernawati menjelaskan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang teknik pengolahan Classic Cakes yang bertekstur lembut dengan tampilan kekinian nan cantik dan menarik.

 

Demi membuat Marmer Cake Original, misalnya, salah satu hal yang wajib diperhatikan adalah bahan-bahan untuk membuat adonannya yang di-blender hingga kalis. Dalam satu resep Marmer Cake Original untuk kelas premium, maka kebutuhan telurnya bisa 9-10 butir mixer dengan bahan kue lainnya termasuk penambahan cake emulsifier.

 

Setelah proses membuat adonan kue selesai (adonan 1 chocolate dan adonan 2 vanilla) kemudian ditaruh pada cetakan Marmer Cake Original berdiameter 24 cm dengan cara diselang-seling. Tampilan mirip marmer itu diperoleh dengan mencampur kan adonan terang dan gelap dengan sangat tipis.

 

Sebelum adonan itu di-bake pada suhu 175*C selama 45 menitan, adonan dalam cetakan diaduk agar nantinya saat cake yang sudah di-bake itu di-slice, maka terdapat tampilan layaknya marmer atau kelereng (marble). Di pasaran, Marmer Cake Original ini juga dikenal dengan sebutan Marble Cake atau Zebra Cake.

 

Setelah dicontohkan Chef Ernawati dan asistennya, giliran peserta kursusan diminta menyiapkan sejumlah bahan kue demi membuat adonan Red Velvet Chocolate Cake. Untuk cake yang satu ini, adonannya ada tiga rasa (warna), yakni adonan vanilla, adonan red velvet dan adonan chocolate.

 

Setelah ketiga adonan itu kalis, maka adonan dimasukan ke dalam wadah berdiameter 24 cm dengan cara berselang-seling. Sebelum dimasukkan ke dalam mesin oven, adonan tersebut di-mixer dengan cara diaduk. Dan untuk nge-bake-nya sendiri, ukuran suhunya (baik suhu atas maupun suhu bawah oven) diatur pada posisi 175 *C selama 45 menitan.

 

Sementara itu resep kue yang terakhir adalah Marmer Lemon Cheese Cake. Untuk memberikan kesan aroma khas jeruk lemon yang menggoda selera, maka adonan Marmer Cheese Lemon Cake itu juga ditambahkan parutan halus kulit jeruk lemon. Sementara itu parutan cheese-nya sendiri dimanfaatkan sebagai bahan topping-nya.

 

”Setelah di-bake pada suhu 175 *C selama 45 menitan, resep kue yang ketiga yakni Marmer Lemon Cheese Cake akhirnya matang juga. Tampilannya cantik banget dengan padu padan antara aroma lemon dengan cheese, yang betul-betul menggoda selera,” ujar Chef Ernawati di hadapan peserta kursusan.

 

Salah satu peserta kursusan, Elysa menuturkan, dirinya antusias mengikuti pelatihan membuat tiga kreasi Classic Cake, yakni Marmer Cake Original, Red Velvet Chocolate Cake dan Marmer Lemon Cheese Cake, karena ingin membuatkan tiga orang cucunya cakes premium seperti ini saat mereka berulang tahun.

 

”Makanya saya pun berinisiatif untuk menghubungi staff marketing LPK Tristar Surabaya untuk dicatat menjadi peserta kursus. Usai mengikuti rangkaian kegiatan sejak prepare bahan kue hingga mem-plating sekitar 3-4 jam, saya pun antusias untuk mencobanya di rumah,” tutur ibu berkaca mata tersebut dengan senyum sumringah. The most incredible. Good jobs! Mom …

 

Anda tertarik untuk mengikuti pelatihan membuat aneka kreasi Food & Beverage bersama Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Tristar (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar