twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Sabtu, 25 Mei 2024

Memotret Keseruan Praktik Buat Kreasi Pie & Tartlet Bersama Chef Sari Palupi di Kitchen Graha Tristar


Cheese Blueberry Tart, Egg Tartlet dan Hokaido Tart, Tiga Kreasi Pie & Tartlet Kekinian nan Keren, Persembahan Mahasiswa Pastry Art Class

 

UNTUK kali kesekian Chef Sari Palupi, Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit (member of Tristar Group), mengajarkan cara membuat Pie & Tartlet standar industri perhotelan. Selama tiga kali pertemuan berjibaku di Kitchen Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl, Raya Jemursari No. 244 Surabaya, mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A- Pagi diajarkan cara membuat tujuh kreasi pie & tartlet kekinian nan keren dan dengan tampilan elegan dan berkelas.


Pada tatap muka hari pertama, Selasa (07/05/2024) pagi, misalnya, Chef Sari Palupi yang akrab disapa Chef Upi, menggelar baking demo & duplication demi membuat Salami Vegetable Pie, salah satu kreasi pie masak kini yang bersama gurih atau asin (savoury taste). Mahasiswa pun tampak antusias mengikuti penjelasan seputar proses pembuatan pie tersebut, lalu mempraktikkannya di cold kitchen Graha Tristar Surabaya.


Selanjutnya pada pertemuan hari kedua, Rabu (08/05/2024), giliran Chef Upi memberi tantangan kepada anak didiknya untuk membuat tiga kreasi pie & tartlet kekinian, yakni Cheese Blueberry Tart, Egg Tartlet dan Hokaido Tart yang berasa manis (sweet taste) dan gurih atau asin (savoury taste).


Demi memudahkan pekerjaan di Cold Kitchen Graha Tristar pada pertemuan hari kedua, Rabu (08/05/2024) lalu, maka Chef Upi pun membagi 10 mahasiswa Pastry Art Class yang hadir pagi itu menjadi empat tim (Tim A, B, C dan D). Masing-masing tim beranggotakan 2-3 orang mahasiswa sudah mulai berjibaku di cold kitchen sejak pukul 09.00 – 12.00 WIB


Tim A dan B kebagian tugas membuat Cheese Blueberry Tart kekinian dengan tampilan berbeda, sedangkan Tim C diminta membuat Egg Tartlet. Sementara itu Tim D mendapat tugas dari Chef Upi demi membuat Hokaido yang cantik dan menarik tampilannya.


Selama berjibaku sekitar tiga jam lebih di Kitchen Patisserie Graha Tristar Surabaya, setiap tim diminta membuat kreasi Pie & Tartlet sesuai panduan Buku Ajar (Silabus) yang dijabarkan oleh Chef Sari Palupi. Namun saat mem-plating dan meng-garnish-nya, diserahkan kepada masing-masing tim untuk menuangkan imaginasinya agar tampilannya nanti betul-betul keren banget.


Saat membuat Cheese Blueberry Tart, misalnya, ada dua tahapan pekerjaan yang harus ditempuh. Pekerjaan pertama membuat skin-nya. Bahannya terdiri dari margarine, icing sugar, egg yolk, milk powder dan medium flour.


Sedangkan pekerjaan kedua menyiapkan bahan untuk membuat filling-nya berupa cream cheese, butter, sugar (di-blend), egg, fresh cream, lemon juice, medium flour dan blueberry jam. Setelah filling-nya dibungkus skin maka terbentuklah Cheese Blueberry Tart setengah jadi.


Cheese Blueberry Tart setengah jadi yang sudah diletakkan di atas loyang persegi panjang itu kemudian di-bake dua kali pada suhu 160*C selama 10-15 menitan dan 200*C selama 15-20 menitan.


Selain praktik membuat Cheese Blueberry Tart, mahasiswa Pastry Art Class yang dibimbing Chef Sari Palupi juga ditugasi membuat Egg Tartlet dan Hokaido Tart. Semua hasil kreasi mahasiswa Pastry Art Class itu di-garnish lebih dulu agar tampilannya semakin keren dan mempesona, sebelum dikritisi dan dievaluasi dosen pembimbing.


Sementara itu pada pertemuan hari ketiga (terakhir), Senin (13/05/2024), Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit itu kembali berbagi ilmu dengan anak didiknya seputar cara membuat tiga kreasi pie & tartlet yang berbeda dari sebelumnya, yakni BBQ Vegetable Pie, Onion Cheese Flan dan Prunes Pie with Almond Cream yang keren dan elegan.


Pie & tartlet yang saya ajarkan kepada mahasiswa Pastry Art Class ini selain berasa manis (sweet taste), juga ada yang rasanya gurih atau asin (savoury taste). Resep tujuh kreasi pie & tartlet termasuk materi baking demo, semuanya mengacu pada standar industri perhotelan,” kata Chef Sari Palupi kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, pekan lalu. So cool! Good jobs Bro & Sis …


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar