twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 07 Mei 2024

Dari Final Exam Hari Pertama Mahasiswa Pastry Art di Cold Kitchen Graha Tristar Surabaya


Presdir Tristar Group Atensi 31 Kreasi Produk Pastry Masa Kini yang Berasa Manis dan Gurih dengan Tampilan Berkelas, Mewah dan Keren

 

PERHELATAN final exam mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit (member of Tristar Group) kembali bergulir pada pekan terakhir April 2024 lalu. Pada final exam hari pertama, Kamis (25/04/2024) lalu, 15 mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas B-Siang menampilkan aneka kreasi produk pastry mulai Bread, Cakes, Danish (Croissant), Cupcakes hingga Traditional Pastry (Jajanan Pasar) dengan tampilan berkelas, mewah dan keren.

 

Ujian praktik mahasiswa Pastry Art Class hari pertama itu terasa semakin berkesan dengan hadirnya Presdir Tristar Group Ir Juwono Saroso MM., M.MPar, yang menyaksikan langsung proses penjurian oleh tim juri terhadap 31 kreasi produk pastry nan keren yang ditata cantik dan artistik di Class Room Lantai 2 Graha Tristar Surabaya. Produk pastry kekinian itu terdiri dari 20 kreasi berasa manis (sweet taste) dan sisanya 11 kreasi berasa gurih/asin (savoury taste).

 

Menurut Chef Dwi Mei Retnowati, Dosen Pengajar Pastry Art Tristar Group, gelaran final exam kali ini terdiri dari dua tahapan. Ujian sesi pertama, mahasiswa Pastry Art Class mengikuti ujian tulis (teori) untuk memecahkan lima soal essay di ruang kelas. Durasi ujian tulis tersebut sekitar 60 menitan.

 

Selanjutnya pada sesi kedua, mahasiswa wajib berjibaku di cold kitchen demi membuat aneka kreasi produk pastry masa kini sesuai rencana dan passion mereka. Durasi ujian praktiknya sendiri sekitar tiga jam, sejak prepare bahan, memproses hingga menampilkan produk pastry andalannya itu di hadapan tim juri.

 

Dari 15 mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas B-Siang yang hadir pagi itu, ada delapan mahasiswa yang maju ujian secara individual. Masing-masing peserta mendapat tantangan membuat tiga kreasi produk pastry kekinian nan keren dan bercitarasa enak tentunya.

 

Sementara itu tujuh mahasiswa lainnya terbagi dalam tiga tim. Tim A (tiga mahasiswa) ditantang membuat tiga kreasi produk pastry, sedangkan Tim B dan C (masing-masing beranggotakan dua mahasiswa) mendapat tantangan membuat dua kreasi produk pastry kekinian.

 

Silveris Jason Liem, misalnya, berjibaku di Kitchen Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, demi membuat tiga kreasi produk pastry andalannya, yakni Danish Cream Cheese Blueberry dan Rollcake Cream Cheese Blueberry (berasa manis atau sweet taste), sedangkan Spinach Mushroom Galette yang berasa gurih/asin (savoury taste).

 

Selanjutnya Syifa Safira tampil all out di Cold Kitchen Graha Tristar Surabaya untuk membuat Putu Pound Cake dan Tartlet Pisang Ijo (sweet taste), sedangkan Crispy Chicken Balado Brioche Bun (savoury taste).

 

Adhiyansyah Suciono tampil percaya diri di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya demi menampilkan tiga kreasi unggulannya, yakni Klepon Bread dan Es Puter Cake (sweet taste), sedanhkan Ayam Betutu Choux au Craquelin (savoury taste) nan elegan tampilannya.

 

Berikutnya Nicolous Edzel Adikristianto antusias mempersembahkan tiga kreasi produk pastry masa kini nan keren, yakni Deconstructed Glutinous Rice Ball with Sweet Peanut & Cheese Filling dan Angel Food Cupcake with Cream Cheese Whipped Cream & Cherry Sauce (sweet taste), sedangkan Soy Garlic Chicken Sandwich (savoury taste).

 

Rany Mega Puspita menampilkan tiga kreasi produk pastry yang menjadi kebanggaannya, yakni Deconstructed Selendang Mayang dan Cendol Cake (sweet taste), sedangkan Croissant Cup Yangyom Chicken (savoury taste).

 

Selanjutnya yang tampil adalah Muhammad Hakim. Mahasiswa berkaca mata ini tampil percaya diri demi membuat Mile Crepes Tiramisu dan Angel Sandwich Fruit Matcha Cake (sweet taste), sedangkan Bruschetta Tuna Tartar (savoury taste).

 

Hanz Yudha Saputra all out berjibaku di cold kitchen Graha Tristar demi membuat tiga kreasi produk pastry yang bertajuk Teriyaki Bread (savoury taste), sedangkan Strawberry Chiffon Cake dan Deconstructed Es Teller (sweet taste).

 

Sementara itu Syabila Gidiazwa Permata Ayu tampil penuh semangat demi menampilkan tiga kreasi produk pastry kesukaannya, yang diberi nama Banoffee with Coconut Cake dan Tiramisu Danish (sweet taste), sedangkan Lemper Ayam Sere Lemo (savoury taste).


Selanjutnya Tim A yang terdiri dari Anthony Johan, Rafira Azzahiasya dan Miftahul Jannah, antusias mempersembahkan tiga kreasi produk pastry kekinian yakni Spicy Chicken Mayo Cream Horn (savoury taste), sedangkan Tiramisu Bun dan Strawberry Chocolate Cake Jelly (sweet taste).

 

Giliran Tim B yang beranggotakan Valentheo Henokh Cipto Membala dan Afiyah Jihan Yusita tampil percaya diri demi membuat dua kreasi produk pastry yang menjadi kebanggaannya yakni Vanilla Cheese Chiffon Cake (sweet taste) dan Tuna Mayo Bread (savoury taste).

 

Terakhir adalah Tim C dengan dua personel yakni Ilona Yesya Asteria dan Candra Andika Putra mempersembahkan dua kreasi produk pastry masa kini yang menjadi unggulannya, yakni Taro Butter Cake (sweet taste) dan Creamy Beef Bread (savoury taste).

 

”Kalau melihat dari tampilannya yang keren, elegan dan berkelas, 31 kreasi produk pastry baik yang berasa manis maupun gruih (asin) persembahan mahasiswa Pastry Art Class ini layak banget jika dihidangkan di restoran terkemuka maupun hotel-hetel berbintang,” kata Chef Renny Savitri, salah satu dari tiga juri yang dihadirkan untuk menilai dan mengkritisi karya mahasiswa Pastry Art Class Akpar Majapahit, Kamis (25/04/2024) siang.

 

Tidak hanya Chef Renny, dua orang juri lainnya, yakni Chef Sari Palupi dan Chef Dwi Mei Retnowati, juga kompak mengapresiasi hasil kreasi mahasiswa Pastry Art Class yang ditampilkan di atas meja display produk pastry yang telah dihias cantik dan menarik.

 

Sedangkan Chef Dwi Mei Retnowati yang akrab disapa Chef Mei menambahkan, hasil kreasi produk pastry mahasiswa Pastry Art Class tersebut dinilai berdasarkan tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.  

 

Selama gelaran ujian praktik pastry hari pertama, dirinya mengapresiasi kerja keras anak didiknya yang tampil all out demi menampilkan 31 kreasi produk pastry masa kini nan keren. Good Jobs! Bro & Sis. Congratulations …

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)




































Tidak ada komentar:

Posting Komentar