twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 09 Mei 2024

Serunya Belajar Basic Cake Decoration with Chef Sari Palupi di Kitchen Patisserie Graha Tristar


Mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-Pagi Antusias Tampil Individu demi Praktik Basic Bordering Plain Tube, Basic Bordering with Star Tube dan Basic Bordering Flowers


MAHASISWA Pastry Art Akpar Majapahit (member of Tristar Group) dari Kelas A-Pagi tampil individu demi belajar Basic Cake Decoration. Selama praktik Basic Cake Decoration, mahasiswa di dampingi Chef Sari Palupi, di Kitchen Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar, Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Rabu (08/05/2024) lalu. Selama belajar materi praktik ini sesuai step by step-nya, setiap mahasiswa wajib menghadirinya dalam tiga kali tatap muka.


Pada tatap muka hari pertama, mahasiswa Pastry Art Class, selain dibekali secara teori seputar Basic Cake Decoration oleh Chef Sari Palupi, juga diajarkan membuat Basic Bordering Plain Tube dengan menggunakan spuit yang ujungnya runcing berlubang satu.


Selama praktik Basic Cake Decoration, setiap individu mahasiswa waijb memiliki satu set spuit (isi 24 pieces) sendiri. Di pasaran, harga spuit memang bervariasi, tergantung bahan pembuatannya karena ada yang terbuat dari alumunium hingga bahan stainless steel yang relatif lebih mahal harganya.


Selama praktik Basic Bordering Plain Tube, mahasiswa diajarkan membuat pola hiasan writing, heart, drop strings, cornelli lace, lattice, ruffle dan overlapping drop strings. Teknik menghias berbagai pola yang cantik dengan spuit itu dilakukan di atas Styrofoam berdiameter 14 cm yang sudah ditutup dengan whipped cream (white margarine yang sudah di-mixer) lebih dulu.


Selain itu mahasiswa Pastry Art Class juga diajarkan Basic Bordering with Star Tube yakni membuat pola hiasan cake mulai stars, fleur de lis, rosettes, shells, reserve shells, zig zag garlands, e-motion, c-motion, twist, flute, zig-zag hingga puff.


”Untuk membuat berbagai pola Basic Bordering with Star Tube, maka Anda bisa menggunakan spuit yang ujungnya berbentuk bintang,” kata Chef Upi, sapaan akrabnya, seraya memperlihatkan contoh spuit itu di hadapan mahasiswa Pastry Art Class, Rabu (08/05/2024) lalu.


Saat praktik Basic Bordering with Star Tube di Cold Kitchen Lantai 2 Graha Tristar Surabaya, 10 mahasiswa Pastry Art Class tampil percaya diri sejak prepare bahan, proses menghias Styrofoam (gabus) yang sudah tertutup oleh whipped cream (white margarine).


Sementara itu pada pertemuan hari kedua, mahasiswa Pastry Art Class giliran praktik Basic Bordering Flowers. Bahan yang dipakai membuat hiasan cakes kali ini adalah butter cream borders & flowers decoration. Pola hiasannya sendiri berupa ropes, basket wave, scrolls dan crown.


Selama mendampingi anak didiknya di cold kitchen, Chef Upi dengan telaten memberikan contoh kepada setiap anak didiknya bagaimana membuat hiasan cake dari whipped cream (white margarine) dan food coloring (red, pink, grey, blue or yellow) berupa flower (rose) blossom yang cantik tampilannya dengan pilihan warna yang menarik.


Setelah berjibaku di cold kitchen selama tiga jam lebih, 10 kreasi Basic Bordering Flowers mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-Pagi itu ditampilkan di meja display produk untuk dievaluasi langsung oleh Chef Sari Palupi. ”Untuk hasil terbaik, Anda sebaiknya sering latihan terus agar tampilan Basic Cake Decoration-nya tampak rapi, halus dan kreasi flower-nya seperti bunga merekah betulan,” ujarnya memberikan masukan.


Sedangkan pada pertemuan hari ketiga atau hari terakhir, Senin (13/05/2024) mendatang, Chef Upi kembali akan mengajarkan teknik membuat aneka kreasi Cakes Basic nan keren, elegan dan berkelas tampilannya, dengan mengangkat tema Anniversary Cake, Birthday Cake, Cartoon Cake, Valentine Cake, Idul Fitri Cake atau Mother Day Cake. Good jobs! Bro & Sis. So cool


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di Kampus Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan menghubungi Divisi Marketing Tristar Group di Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar