twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 28 Mei 2024

Melihat Keseruan Praktik Masak Appetizer Bersama Chef Lusi di Kitchen Modern Tristar Samator


Huzarensla dan German Potato Salad, Dua Kreasi Appetizer ala Western Food, Persembahan Spesial Mahasiswa Culinary Art Tristar Samator Kelas A



DUA kreasi Appetizer (Salad) kekinian ala Western Food, yakni Huzarensla dan German Potato Salad menjadi persembahan spesial dari 11 mahasiswa Culinary Art Tristar Samator (member of Tristar Group) A Class pada gelaran praktik masak bertajuk Appetizer & Hors de Ouvre bersama Chef Lusi F. Noor, di Kitchen Modern 1, Tristar Samator Sky Suites SOHO-The Samator, Jl. Raya Kedung Baruk No. 26-28 Surabaya, Rabu (22/05/2024), pekan lalu.

 

Demi mempersembahkan Huzarensla dan German Potato Salad, dua kreasi appetizer (salad) yang lezat dari Negeri Kincir Angin (Belanda) dan Bavaria (Jerman), enam mahasiswa kebagian job buat Huzarensla. Sedangkan lima orang mahasiswa lainnya diminta membuat German Potato Salad.

 

Selama praktik masak dua kreasi appetizer di Hot Kitchen Tristar Samator, mahasiswa disupervisi langsung oleh Chef Lusi bersama asistennya, Chef Shefannia Christy Wijaya. Oleh Chef Lusi, mahasiswa pun ditantang untuk menampilkan hasil plating-an dan garnish dari kedua kreasi appetizer tersebut sesuai passion masing-masing dan durasi masaknya pun tidak lebih dari 90 menitan.

 

Dua kreasi appetizer (salad) yang ditampilkan mahasiswa Culinary Art AClass itu merupakan pertemuan hari kesembilan, mahasiswa diajarkan membuat dua menu makanan pembuka untuk sebuah jamuan makan malam resmi ala Table Manner atau gelaran Fine Dining di hotel-hotel berbintang maupun restoran terkenal di Surabaya dan sekitarnya.

 

Selama sepuluh kali pertemuan, mahasiswa Culinary Art Tristar Samator diajarkan membuat sekitar 15-an kreasi appetizer (salad) kekinian termasuk lima kreasi appetizer (salad) dari materi gelaran Cooking Demo & Duplication bersama Dosen Pengajar.

 

Demi membuat Huzarensla yang lezat, maka bahan yang dibutuhkan meliputi potato (di-dice), carrot (di-dice), pineapple, smoked beef, apple, onion, boiled egg, cherry tomato (for garnish) dan gherkin (di-chopped).

 

Sementara itu untuk membuat dressing-nya sendiri, bahan yang diperlukan adalah gherkin water, gherkin (fine chop), mayonnaise, boiled egg, yellow mustard, icing sugar, shallot dan seasoning secukupnya.

 

Sedangkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat German Potato Salad antara lain potato, bacon, small onion, celery, pickled (di-chopped), water, white wine vinegar, sugar, sweet bellpepper (di-roast dice), mustard, salt & blackpepper.

 

Setelah berjibaku di hot kitchen selama 90 menitan, giliran hasil masakan appetizer (salad)-nya terbaik ditata di meja display produk untuk dikritisi dan dievaluasi langsung oleh Chef Lusi dari aspek tampilan dan kreatitas saat mem-plating hasil masakan, tekstur dan aspek cita rasanya sesuai standar industri perhotelan.



Hasil kerja cerdas masing-masing individu mahasiswa yang mampu memangkas durasi kerja di dapur, sehingga dua kreasi appetizer (salad) asal Negeri Belanda dan Jerman itu bisa ditampilkan di meja display produk sekitar pukul 11.30 WIB, juga diapresiasi Chef Lusi, yang demikian telaten mendampingi anak didiknya saat bekerja di hot kitchen kampus. Good jobs! Bro & Sis. Amazing banget …


Jika Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Samator (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar