twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 13 Mei 2024

Memotret Keseruan Peserta Kursusan Kopitiam Food with Chef Andreas Alvin di Graha Tristar


12 Peserta LPK Tristar Antusias Belajar Teknik Buat Gohyong Ayam Udang, Kuo Tiek, Wonton Kuah, Mie Wonton, Chili Oil dan Tomato Hoisin Glaze untuk Usaha


SEBANYAK 12 peserta kursusan Kopitiam Food di Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Tristar Surabaya (member of Tristar Group), tampil penuh percaya diri demi belajar teknik membuat olahan Gohyong Ayam Udang, Kuo Tiek, Wonton Kuah, Mie Wonton, Chili Oil dan Tomato Hoisin Glaze untuk usaha jasa makanan kekinian. Selama berjibaku di Kitchen Modern 3, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Sabtu (11/05/2024), peserta yang hadir dibimbing oleh Chef Andreas Alvin.


Para peserta kursusan LPK Tristar itu antusias mengikuti arahan dari Chef Andreas Alvin, sejak penjelasan secara teori mulai cara membuat Gohyong Ayam Udang hingga membuat Tomato Hoisin Glaze, kemudian dilanjutkan dengan praktik langsung bagaimana cara membuatnya di hot kitchen Graha Tristar Surabaya. Pelatihan ini terasa istimewa dengan hadirnya Penanggung Jawab LPK Tristar Evie Muliasari Dewi SSi.Apt., M.MPar.


Sajian menu Kopitiam Food ternyata banyak disuka tidak hanya dari kalangan Tionghoa di Surabaya, tetapi kalangan masyarakat umum pun banyak yang menyukai salah satu olahan makanan khas Oriental yang superlezat hingga keberadaannya masih tetap eksis hingga sekarang.


Eksistensi menu Kopitiam Food tampaknya akan terus berkibar di masa mendatang karena menu istimewa tersebut sekarang dijadikan salah satu materi kursusan yang menjadi andalan LPK Tristar. Kepada calon pebisnis jasa makanan bisa belajar lebih dulu di LPK Tristar, sebelum menyediakan menu ala Kopitiam Food tersebut kepada calon konsumennya. Generasi millennial pun suka banget dengan cita rasanya yang superlezat (hao-se) dan bergizi tentunya.


Salah satu peserta kursusan, Musa --pelaku bisnis Kosmetik dan Farmasi di Surabaya-- misalnya, menyatakan ketertarikannya membuka café bersama mitra usahanya dengan menu ala Kopitiam Food di seputaran Malang Raya. Niatnya itu terispirasi dari kisah sukses sahabatnya yang mengelola café di Malang dan terbukti eksis hingga sekarang.


Sementara itu Febrianti dari  Solo, jauh-jauh datang ke Surabaya sebelum Subuh dengan kereta api, demi belajar membuat aneka menu ala Kopitiam Food di LPK Tristar karena ingin menambah ragam menu di restorannya dengan masakan khas Oriental (Chinese Food) yang berbasis ayam dan udang.


Tak salah jika kedua peserta kursusan bersama 10 peserta yang lain tampak antusias mengikuti arahan Chef Andreas sejak dari A to Z teknik membuat aneka menu ala Kopitiam Food. Selama bekerja di hot kitchen Graha Tristar, instruktur LPK Tristar itu dibantu oleh tiga orang asisten, yakni Iffa, Nurul dan Muharram.


Kelas dimulai dengan penjelasan tentang pemilihan bahan yang baik supaya hasil masakan maksimal. Keseruan bekerja di hot kitchen Graha Tristar mulai terasa sejak prepare bahan, proses memasak hingga hasil masakan siap disajikan.


Peserta kursusan antusias mengikuti praktik membuat Gohyong Ayam Udang, Kuo Tiek dan Wonton. Menu ini khusus diajarkan untuk menambah wawasan terutama yang menginginkan masakan Chinese tapi halal. Selain itu diajarkan juga teknik membuat kaldu yang enak dan jernih.


Keseruan peserta di hot kitchen siang itu semakin terasa ketika peserta ikut praktik langsung membuat Gohyong Ayam Udang, Kuo Tiek dan Wonton. Peserta kursusan juga belajar cara membungkus yang benar dan rapi.


Tidak lupa Chef Andreas Alvin membagikan tips dan pengalamannya dalam membuat menu Kopitiam Food ini. Bahkan sampai ke cara penyajiannya juga diajarkan. Bonus pembuatan Chili Oil dan Tomato Hoisin Glaze Sauce sebagai pelengkap juga diajarkan.


Tak terasa waktu sudah berlalu hampir empat jam. Hasil praktik masakan Kopitiam Food Series 1 ini sudah selesai dan siap disajikan. Peserta pulang dan tidak lupa foto bersama dengan Chef Andreas Alvin. Sampai jumpa di menu Kopitiam Series yang lain.


Jika Anda tertarik dengan aneka kegiatan Lembaga Pelatihan Kerja Tristar (member of Tristar Group) dan ingin mengikuti program pelatihan membuat aneka kreasi makanan, minuman dan kue kekinian, silakan menghubungi tim marketing Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Tristar di Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar