twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 29 Mei 2024

Asyiknya Praktik Buat Kreasi Sweet Bread di Kitchen Food University Indonesia with Chef Vivi Liong


Dari Hands on Group Practices, Mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Tampilkan Steamed Brownies Hide in Bread, Kreasi Sweet Bread nan Berkelas    

 

UNTUK kali kesekian, Dosen Pengajar Pastry Art Tristar Manyar (member of Tristar Group), Chef Vivi Liong menghelat Hands on Group Practices. Kali ini mengajak mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar A dan B Class, praktik membuat Steamed Brownies Hide in Bread, kreasi sweet bread kekinian nan mempesona dan berkelas, di Kitchen Modern 1, Lantai 1 Food University Indonesia (FUI) Tristar Manyar Jl. Raya Manyar Kertoarjo No. 74 Surabaya, Selasa (28/05/2024) lalu.

 

Steamed Brownies Hide in Bread adalah salah satu kreasi sweet bread masa kini dengan aneka topping berupa taburan cheese, chocolate rice, almond (sudah di-slice) atau raisins (kismis). Kreasi sweet bread ini belakangan mulai populer di kalangan masyarakat menengah atas di Surabaya dan sekitarnya.

 

Tekstur filling-nya yang lembut dan coklatnya pun tampak melted (berupa dua layers brownies di tengahnya diisi irisan pisang panggang). Filling Istimewa tersebut lalu dibungkus adonan sweet bread yang sudah di-roll lebih dulu, juga terasa lembutnya saat dikunyah di dalam mulut dengan cita rasa manis (sweet taste).  

 

Di sejumlah outlet Cake Shop di kawasan Surabaya dan sekitarnya, kreasi sweet bread kekinian ini dikemas sedemikian rupa, sehingga tampilannya semakin cantik dan menarik. Harga per bijinya dibandrol antara Rp 15.000,00 – Rp 20.000,00, dengan berat @ 80 gram.

 

Dalam gelaran Hands on Group Practices, Selasa (28/05/2024), Chef Vivi melibatkan 14 mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar A Class (dibagi menjadi dua tim) demi membuat Steamed Brownies Hide in Bread nan mempesona dan berkelas.

 

Sementara itu pada pertemuan sebelumnya, Senin (27/05/2024), 14 mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar B Class juga dibekali Chef Vivi Liong seputar teknik membuat Steamed Brownies Hide in Bread nan cantik dan elegan tampilannya.

 

Baik mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar A Class maupun mahasiswa Pastry Art B Class, tampil antusias saat praktik membuat Steamed Brownies Hide in Bread, mulai dari A (prepare bahan) sampai Z (mem-plating dan meng-garnish) di meja display produk, bersama Chef Vivi di Kitchen Modern 1, Lantai 1 Food University Indonesia (FUI).

 

Demi membuat Steamed Brownies Hide in Bread sesuai standar industri, maka bahan yang dibutuhkan meliputi (1). Ingredients A-nya terdiri dari hime flour, SB flour, milk powder, castor sugar, yeast, egg dan full cream. Sedangkan (2). Ingredients B-nya berupa unsalted butter dan salt.

 

Sweet bread setengah jadi itu kemudian dilabur dengan Egg Wash, di mana bahannya berupa kombinasi antara egg tolk dan full cream milk. Sementara itu untuk Topping-nya (selama gelaran Hands on Group) menggunakan almond slice dan chocolate rice. Namun Anda bisa juga memanfaatkan bahan yang lain untuk topping-nya sesuai selera masing-masing.

 

Selama proses pembuatan sweet bread kekinian tersebut, Chef Vivi Liong melibatkan dua tim mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar A Class, sejak prepare bahan hingga pelaksanaan finishing-nya.

 

Chef Vivi pun tampil all out ketika memberikan finishing touch agar tampilan Steamed Brownies Hide in Bread setelah di-plating dan di-garnish menjadi semakin mempesona dan berkelas saat ditata di meja display produk. Good jobs! Bro & Sis. The most impressive …

 

Jika Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar (member of Tristar Group) dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group, silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar