twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 26 Mei 2024

Mahasiswa Sukseskan Cooking Demo & Duplication with Chef Patrick di Hot Kitchen Graha Tristar


Angkat Western Food Style, Sajikan Chicken Liver Mousse & Blackened Salmon Lemon Butter Sauce with Pillaf Rice nan Lezat dengan Tampilan Mewah   

 

DUA pekan setelah masa perkuliahan bergulir kembali, mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A dan B (member of Tristar Group), lagi-lagi dimanjakan dengan perhelatan Cooking Demo & Duplication with Chef Pratrick Farjas, di Kitchen Modern 1, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Rabu (15/05/2022) lalu, Cooking Demo iyang menghadirkan chef senior dari mancanegara itu diinisasi oleh pihak kampus.

 

Guest Lecturer dari Prancis yang dihadirkan manajemen Tristar Group tersebut, mengusung tema Western Food Style, dengan mempersembahlkan dua menu masakan populer bertajuk Chicken Liver Mousse dan Blackened Salmon Lemon Butter Sauce with Pillaf Rice yang tasty & deliciously. Demo masak menu Western Food yang dihelat Hot Kitchen Graha Tristar Surabaya itu dihadiri sekitar 11-an mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-Pagi. Sehari-hari mahasiswa ini diasuh oleh Chef Yanuar Kadaryanto, Dosen Pengajar Culinary Art Tristar Group.

 

Konsep Western Food Style yang superkeren tersebut diusung Chef Patrick karena dua menu populer tersebut sampai saat ini masih jadi salah satu pilihan kalangan turis mancanegara dan kalangan ekspatriat yang bekerja di Indonesia. Selain cita rasanya yang lezat dan teksturnya yang lembut, dua menu masakan Western Food tersebut sekarang juga mulai banyak disuka oleh kalangan menengah atas di Indonesia termasuk Surabaya tentunya.

 

”Diusungnya menu masakan Chicken Liver Mousse dan Blackened Salmon Lemon Butter Sauce with Pillaf Rice yang tasty & deliciously karena menu tersebut memang tidak tersedia di dalam Buku Ajar (Silabus). Untuk tips-nya maka resep tersebut dibagikan kepada mahasiswa sebelum gelaran demo,” kata Chef Joko Aryo Handoko, Assistance Chef yang mendampingi Chef Patrick Farjas.

 

Dengan mengangkat konsep Western Food Style, maka penyajian menu masakan Chicken Liver Mousse dan Blackened Salmon Lemon Butter Sauce with Pillaf Rice yang tasty & deliciously.itu di-plating dan di-garnish semenarik mungkin dan berkelas layaknya menu makanan best seller di restoran terkemuka sebuah hotel berbintang.

 

”Dengan konsep yang superkeren tersebut cara menyajikan Chicken Liver Mousse dan Blackened Salmon Lemon Butter Sauce with Pillaf Rice yang tasty & deliciously pun wajib dikemas secantik dan seelegan mungkin menyesuaikan diri dengan segmen pasar menengah atas terutama kalangan berduit,” terang Chef Patrick, yang telah berpengalaman bekerja sebagai executive chef di sejumlah hotel berbintang kelas dunia.



Untuk menampilkan plating-an dan meng-garnish yang berkelas dan superkeren, maka tiga tim mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-Pagi yang hadir pagi itu --Tim A (Reny Mega dkk), B (Aurelia Nastiti cs) dan C (Tri Putra Jaya dkk) -- juga diminta menduplikasi dua masakan itu sekaigus menghias hasil kreasi masakan tersebut dengan mengikuti arahan Chef Patrick, demi mempersembahkan menu Chicken Liver Mousse dan Blackened Salmon Lemon Butter Sauce with Pillaf Rice yang sekeren mungkin.

 

Baik Tim A, B maupun Tim C, siang itu tampil percaya diri saat berjibaku di hot kitchen kampus, demi mempersembahkan hasil plating-an terbaiknya di hadapan Chef Patrick dan asistennya. Hasil kreasi plating-an dan garnish dari tiga tim mahasiswa tersebut langsung diapresiasi oleh Guest Lecturer tersebut dengan penuh suka cita.


Secara umum, menurut Chef Patrick, untuk masak Chicken Liver Mousse yang bertekstur halus seperti ice cream dan berasa gurih itu, maka bahan yang dibutuhkan meliputi butter, fresh thyme, chicken liver, shallot (di-slice lebih dulu), honey, cream, slat & blackpepper sebagai seasoning-nya. Sementara itu untuk garnish-nya sendiri, Anda bisa memanfaatkan parsley leaf atau bisa juga ditaburi thyme powder.

 

Selain demo membuat Chicken Liver Mousse yang creamy, giliran selanjutnya Chef Patrick juga berbagi ilmu seputar cara masak Blackened Salmon Lemon Butter Sauce with Pillaf Rice yang superlezat. Pekerjaan tahap pertama adalah menyiapkan Ingredient A, untuk memasak Blackened Salmon. Bahan-bahan yang dibutuhkan meliputi salmon, powdered spices, paprika powder, garlic, onion, cayenne, thyme, brown sugar, cumin, ginger, salt dan blackpepper.

 

”Sedangkan ingredient B (Lemon Butter Sauce)-nya sendiri meliputi shallot (di-small dice), lemon, blackpepper, water, whitepepper dan cream,” terang Chef Patrick di hadapan mahasiswa. Sementara itu tahapan pekerjaan terakhir adalah membuat Pillaf Rice (Ingredient C), di mana bahan yang diperlukan terdiri atas carrot (mini dice), bayleaf (for aromatic), celery, oil, water, rice, \salt & pepper sebagai seasoning-nya. Good jobs! Chef Patrick Farjas. Amazing banget …

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit di Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar