twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 29 April 2024

Melihat Kehebohan Peserta Kursusan Dim Sum ala Kaki Lima Bersama Chef Endang di Graha Tristar


Ingin Jadi Pebisnis Jasa Makanan, Empat Peserta LPK Tristar All Out Belajar Cara Buat Olahan Kaki Ayam, Hakau, Siomay dan Lumpia Kekinian


EMPAT peserta kursusan di Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Tristar Surabaya (member of Tristar Group), tampil all out demi belajar cara membuat olahan Kaki Ayam, Hakau, Siomay dan Lumpia Ayam kekinian lengkap dengan sauce-nya, Materi kursusan yang bertajuk Dim Sum ala Kaki Lima tersebut dibimbing langsung oleh Chef Endang Sri Rahajoe, di Kitchen Modern 3, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Kamis (25/04/2024) pagi.


Empat peserta kursusan LPK Tristar itu antusias mengikuti arahan dari Chef Endang, sejak penjelasan secara teori seputar empat menu Dim Sum ala Kaki Lima hingga praktik langsung bagaimana cara membuatnya di hot kitchen Graha Tristar Surabaya.


Sajian menu Dim Sum ala Kaki Lima akhir-akhir ini telah tumbuh kembang di kalangan pelaku bisnis jasa makanan di Surabaya dan sekitarnya. Pasalnya, Dim Sum sebagai salah satu masakan khas Chinese Food telah melegenda di kalangan komunitas Tionghoa di Surabaya.


Eksistensi menu Dim Sum terus berlanjut hingga saat ini karena menu istimewa tersebut sekarang tersedia di café-café yang tumbuh bak jamur di musim penghujan maupun di restoran terkenal dan hotel-hotel berbintang karena disuka generasi millennial berkat cita rasanya yang lezat dan bergizi tentunya.


Eloknya lagi, menu Dim Sum ala Kaki Lima kini juga mulai menjamur menyusul hadirnya café-café baru di kawasan pinggiran kota Surabaya. Fakta empiris ini tentu mengundang sebagian masyarakat untuk mencoba peruntungan baru dengan membuka usaha Dim Sum ala Kaki Lima.


Selama bekerja di hot kitchen Graha Tristar, instruktur senior LPK Tristar itu dibantu oleh dua orang asisten, yakni Iffa dan Nurul. Iffa prepare saat membantu menyiapkan bahan untuk praktik masak olahan Kaki Ayam berikut membuat kuah bumbunya dan membuat Hakau dan skin Hakau. Sedangkan Nurul prepare demi membantu membuat Siomay dan Lumpia Ayam berikut membuat sauce-nya.


Keseruan bekerja di hot kitchen Graha Tristar mulai terasa sejak prepare bahan, proses memasak hingga hasil masakan siap di-packaging dalam kemasan plastik transparan berbentuk persegi maupun yang berbentuk bowl.


Oleh Chef Endang Sri Rahajoe, peserta kursusan ditunjukkan bagaimana membuat olahan Kaki Ayam berikut kuah bumbunya. Untuk hasil yang memuaskan, Kaki Ayam tersebut wajib di-presto lebih dulu agar kulit dagingnya mudah terlepas dari tulangnya saat dikonsumsi.


Selanjutnya peserta kursusan diajarkan bagaimana cara membuat Hakau berikut skin-nya. Tahap pertama, Chef Endang bersama dua asistennya bahu membahu menyiapkan sejumlah bahan untuk membuat filling-nya yang meliputi ayam, udang berikut bumbu-bumbunya.


Setelah sukses membuat filling-nya, giliran berikutnya membuat skin-nya dengan ketebalan 0,7-0,8 milimeter. Skin yang dibuat itu dikatakan berhasil apabila Hakau yang dikukus sampai matang sekitar 15 menitan, kulitnya tampak transparan sehingga terlihat filling di dalamnya.


Materi berikutnya adalah membuat Siomay. Berdasarkan bahan utama pembuatannya, publik mengenal Siomay Ayam, Siomay Ayam Jamur dan Siomay Ayam Udang. Selain bahan utama, masih ada bahan pendukung yang lain, seperti bengkoang, daun bawang, carrot, tapioca, water dan ice cube. Dalam pelatihan membuat menu Dim Sum ala Kaki Lima, peserta kursus diajarkan membuat Siomay yang berukuran @ 15 gram.


Terakhir, Chef Endang dengan asistennya mengajarkan teknik membuat Lumpia Ayam masa kini lengkap dengan sauce-nya. Pekerjaan tahap pertama adalah membuat isian Lumpia (filling)-nya, di mana bahan untuk membuat adonannya meliputi daging ayam, wortel, rebung, daun bawang berikut tepung dan bumbu-bumbu pendukungnya.


Untuk skin Lumpia-nya bisa beli yang sudah jadi di supermarket atau swalayan di sekitar rumah Anda karena lebih praktik dan efisien daripada membuat sendiri. Di pasaran, bentuk skin-nya ada yang bulat atau persegi dengan pilihan aneka warna sesuai kebutuhan.


Selanjutnya peserta kursusan juga ditunjukkan bagaimana cara membuat sauce-nya. Lumpia Ayam untuk Dim Sum ala Kaki Lima beratnya tidak lebih dari 35 gram per buahnya, bukan yang besar seukuran Lumpia khas Semarang.


Sebelum dimasukkan ke dalam kemasan plastik transparan, contoh olahan Kaki Ayam berikut kuah bumbunya, Hakau, Siomay dan Lumpia Ayam lengkap dengan sauce-nya, boleh dicicipi peserta kursusan. ”Dijamin Anda bakal ketagihan,” kata Chef Endang setengah berpromosi.


Ditemui kru www.sekolahmasak.info disela-sela kesibukannya belajar membuat empat menu Dim Sum ala Kaki Lima, Millasari, salah satu peserta mengakui, jika dirinya antusias mengikuti kursusan di LPK Tristar Surabaya karena ingin membuat tiga dari empat produk Dim Sum tersebut, yakni Hakau, Siomay dan Lumpia dalam skala usaha rumahan (home industrial).


Sedangkan Sri Miardi Astuti dan dua peserta kursusan lainnya kompak ingin membuka usaha ala café dengan menyediakan menu Dim Sum ala Kaki Lima yang saat ini menjamur dan disuka banget oleh generasi millennial Surabaya dan sekitarnya. ”Doakan usaha yang ingin kami rintis ini bisa berjalan lancar, setelah kami belajar di LPK Tristar Surabaya,” ujar Sri Miardi Astuti, ibu paro baya tersebut. Good jobs! Mom. Amazing banget …


Anda tertarik dengan aneka kegiatan Lembaga Pelatihan Kerja Tristar (member of Tristar Group) dan ingin mengikuti program pelatihan membuat aneka kreasi makanan, minuman dan kue kekinian, silakan menghubungi tim marketing Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Tristar di Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar