twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 22 April 2024

Aksi Ciamik Mahasiswa Praktik Hot & Cold Pudding Art with Chef di Kitchen Modern Graha Tristar


Mahasiswa Pastry Art Diajarkan Chef Renny Buat Klapertaart, Bread & Butter Pudding dan Crème Brulle, Tiga Kreasi Hot & Cold Pudding nan Keren

 


MATERI terakhir sebelum memasuki gelaran Final Exam pekan terakhir April 2024, mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit (member of Tristar Group) Kelas A-Pagi, diajarkan cara membuat 12 kreasi Hot & Cold Pudding Art. Praktik membuat aneka kreasi Hot & Cold Pudding Art bersama Chef Renny Savitri itu dihelat di Kitchen Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Pada pertemuan hari keempat (terakhir), Senin (22/04/2024) pagi, Chef Renny Savitri kembali memberikan materi praktik Hot & Cold Pudding Art di hadapan mahasiswa Pastry Art Class membuat Klapertaart, Bread & Butter Pudding dan Crème Brulle, tiga kreasi Hot & Pudding Art nan keren dan berkelas tampilannya.

 

Tiga kreasi Hot & Cold Pudding Art kekinian yang diajarkan kepada mahasiswa Pastry Art ini juga menjadi salah satu andalan sejumlah hotel berbintang di Surabaya, untuk dihidangkan pada acara jamuan makan ala fine dining, table manner maupun buffet karena tampilannya yang superkeren, berkelas dan elegan.

 

Oleh Chef Renny, sebanyak 12 mahasiswa yang hadir pagi itu dibagi menjadi lima tim, dua tim pertama, yakni Tim A dan B kebagian tugas membuat Klapertaart, sedangkan Tim C dan D ditugasi membuat Creme Brulle. Sementara itu satu tim terakhir, yakni Tim E membuat Bread & Butter Pudding.

 

”Resep untuk membuat tiga kreasi Hot & Cold Pudding Art kekinian itu sendiri sudah tersaji dalam Buku Ajar (Silabus) yang sudah dibagikan sebelumnya,” kata Chef Renny kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, Senin (22/04/2024) pagi.

 

Masih menurut Chef Renny, untuk membuat Klapertaart, misalnya, mahasiswa anggota Tim A dan B diminta menyiapkan Batter Recipe yang bahannya terdiri dari medium flour, corn starch, sugar, egg yolk, young coconut water, dan fresh milk di-mix all together, lalu boil until buble.

 

Setelah adonan itu matang kemudian tambahkan butter, condensed milk, young coconut, cinnamon powder, canary, raisin, cheddar cheese dan terakhir masukkan cheddar cheese sambil terus diaduk cepat.

 

Selanjutnya mahasiswa membuat Meringue-nya di mana bahan yang dibutuhkan adalah eeg white, cream of tar-tar, sugar dimasukkan perlahan-lahan dan terakhir tambahkan vanilla paste. Sesudah adonan Klapertaart jadi, lalu dituangkan dalam wadah persegi yang terbuat dari alumunium foil sebelum di-bake pada suhu 180*C selama 15-20 menitan.

 

Sementara itu untuk membuat Crème Brulle, maka mahasiswa anggota Tim C maupun Tim D pun diminta menyiapkan bahan untuk menyiapkan bahannya lebih dulu, yakni fresh milk (dihangatkan lebih dulu), lalu di-mix jadi satu dengan sugar, egg yolk, fresh cream lalu di-strainer barulah ditambahkan rum paste.

 

Adonan Crème Brulle yang sudah jadi kemudian dituangkan dalam wadah persegi dari alumunium foil sebelum di-bake dalam mesin oven pada suhu 160*C selama 25-30 menit. Setelah masak, Crème Brulle tersebut diangkat dari mesin oven. Sebelum mem-plating dan meng-garish-nya, Crème Brulle itu di-torch gun sebentar agar warna permukaannya tampak kecoklatan.

 

Tak mau kalah dengan antusiasme personel Tim A, B, C dan D, maka Tim E yang beranggotakan dua orang mahasiswa pun tampil ciamik saat berjibaku di Kitchen Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar, demi membuat Bread & Butter Pudding yang keren.

 

Setelah semua pekerjaan rampung, tiga kreasi Hot & Cold Pudding Art kekinian itu di-plating dan di-garnish lebih dulu agar tampilannya tampak cantik dan menarik, sebelum Hot & Cold Pudding Art tersebut di-display di meja uji untuk didokumentasikan lebih dulu, sebelum dievaluasi Chef Renny Savitri. Good jobs! Bro & Sis. Amazing banget

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar