twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Jumat, 05 April 2024

Dari Keseruan Aksi Cooking Practices with Chef di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya


Enam Tim Asyik Berjibaku di Hot Kitchen demi Masak Beef Blackpepper, Szechuan Soup & Lo Bak Go, Tiga Menu Oriental yang Tasty & Deliciously

 

UNTUK kali kesekian, mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-Pagi yang diasuh Chef Yanuar Kadaryanto, kembali diajarkan teknik masak tiga menu Chinese Food legendaris yang cukup populer di Indonesia, yakni Beef Blackpepper, Szechuan Soup dan Lo Bak Go, di Kitchen Modern 1 Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Selasa (19/03/2024) lalu.

 

”Ini merupakan pertemuan kali keempat pada materi praktik Chinese Food. Pada tiga pertemuan sebelumnya, mahasiswa sudah diajarkan masak sembilan menu Oriental Cuisines yang bikin ketagihan, di antaranya Shanghai Mie, I Fu Mi with Crab Sauce, Cantonese Vermicelli, Spicy Oriental Noodle, Beef Paprika with Mongolian Sauce, Chow Mein Beef dan Stir-Fry Kaylan with Garlic,” kata Chef Yanuar, sapaan karibnya kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya.

 

Untuk mempercepat pekerjaan di Hot Kitchen, 12 mahasiswa Culinary Art Kelas A-Pagi yang hadir pagi itu dibagi enam tim. Tim A, B, C dan D kebagian tugas masak dua menu Beef Blackpepper dan Szechuan Soup yang bercita rasa hao-se (enak banget). Sedangkan dua tim berikutnya, yakti Tim E dan F kebagian job membuat Szechuan Soup dan Lo Bak Go yang tasty & deliciously.

 

”Selama daily practices di Kitchen Modern Graha Tristar, durasi masak Chinese Food itu dibatasi 1,5 jam atau sekitar 90 menitan. Demi efisiensi waktu kerja di hot kitchen, maka masing-masing tim disilakan untuk berjibaku sejak prepare bahan masakan, memproses masakan hingga menyajikannya di meja display produk,” terang Chef Yanuar Kadaryanto.

 

Dermi memasak Beef Blackpepper, misalnya, bahan yang disiapkan di meja kerja meliputi beef tenderloin, tenderizer, baking soda, vetsin, salt, sugar, light soy sauce, L&P sauce, maggi seasoning, egg, shallot, garlic, cooking oil dan maizena.

 

Untuk condiment-nya sendiri memanfaatkan onion, red bellpepper dan green bellpepper. Sedangkan bahan untuk membuat sauce-nya meliputi margarine, flour, blackpepper, sugar, chicken powder, water, maggi seasoning, dark soy sauce, L&P sauce dan tomato ketchup.

 

Selanjutnya masak menu yang kedua adalah Szechuan Soup. Demi masak menu sup yang istimewa ini, maka bahan yang diperlukan meliputi dried fish libs, chicken breast, ear mushroom, shitake mushroom, tofu, carrot dan pok choy pickled.

 

Sementara itu untuk membuat Szechuan Sauce-nya sendiri, maka bahan yang dibutuhkan adalah red chili, hot chili, chili oil, garlic oil, black vinegar, mushroom soy, shao xing wine, ginger, sesame oil dan Szechuan pepper.

 

Sementara itu untuk memasak Lo Bak Go, bahan yang dibutuhkan antara lain rice flour, maizena flour, tangmien flour, salt, vetsin, sugar, chicken powder, pepper, sesame oil, water, turnip, ground pork loin dan dried shrimp.

 

Demi menghasilkan masakan yang terbaik, Chef Yanuar pun dengan telaten berkeliling dari meja ke meja untuk memastikan bahwa masakan yang dibuat anak didiknya tidak sampai overcook atau masih kurang masak, kurang asin atau malah keasinan dan sebagainya. Upaya ini agar hasil kreasi masakan yang dibuat oleh masing-masing tim nantinya sesuai ekspektasi.

 

Teknik memotong daging sapi untuk masak Beef Blackpepper, membuat Szechuan Soup hingga saat masak Lo Bak Go pun diawasi Chef Yanuar agar tekstur dan cita rasanya sesuai dengan tema masakan di dalam Buku Ajar (Silabus). Selain itu jika masakan tersebut disajikan di atas piring tampilannya semakin cantik, menarik dan elegan. Good jobs! Bro & Sis. So cool

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akapr Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit di Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar