twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 24 Maret 2024

Mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Berjibaku Sukseskan Program Food Hampers for Entrepreneur


Incar Juara Food Hampers Competition, Dua Tim Mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas B-Siang All Out Penuhi Target Maksimum Jual 40 Paket Hantaran untuk Setiap Tim    

 


DOSEN Pengajar Pastry Art Tristar Group, Chef Ita Suhervin terus mendorong dua tim mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas B-Siang, untuk tampil pantang menyerah, demi mengincar juara Food Hampers Competition yang dihelat pihak kampus. Pasalnya, program Food Hampers for Entrepreneur ini dinilainya cukup bergengsi, mengingat baru kali ini program baru tersebut digelorakan di seluruh jaringan kampus di bawah Tristar Group.

 

Bukti mahasiswa Pastry Art Class itu tampil all out demi memenuhi target maksimum bisa membukukan penjualan 40 paket hantaran untuk setiap tim berusaha direalisasikan Tim A maupun Tim B, saat mereka melakoni proses produksi tahap pertama di Kitchen Patisserie 1 Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Selasa (18/03/2024) pagi.

 

Bak seorang dirijen sebuah kelompok musik orkestra, Chef Ita, sapaan akrabnya, terus mem-push anak didiknya untuk tampil serius demi menyukseskan program baru Food Hampers for Entrepreneur, yang diaplikasikan pada Triwulan I Tahun Akademik 2024, sekaligus memanfaatkan momentum datangnya Bulan Suci Ramadhan dan Perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1445 H mendatang.

 

“Saya pun minta kalian juga tampil all out karena program baru ini dilombakan oleh pihak kampus. Salah satu tolak ukur sebagai tim kandidat the real champion-nya adalah omzet penjualan tertinggi,” kata Chef Ita Suhervin di ruang kerjanya, pekan lalu.

 

Eloknya lagi harapan untuk mengejar mimpi sebagai kandidat juara sudah mulai terlihat ketika dirinya bersama Assistant Chef Gabriel Nathania AMd.,Par., S.TP., mendampingi langsung proses produksi tahap pertama yang dilakoni Tim A maupun Tim B, di Cold Kitchen Graha Tristar Surabaya pekan lalu.

 

Tim A yang dimotori Adhiyansyah Suciono bersama tujuh anggotanya tampil mengesankan saat mereka berjibaku di cold kitchen kampus demi membuat 47 Paket Hantaran nan cantik berisi 25 buah homemade brownies dengan aneka topping yang dibandrol Rp 95,000 per paketnya. Ini betul-betul melebihi ekspektasi. Mantap!


Menurut Adhiyansyah, Tim A sukses membukukan penjualan di atas target maksimum, setelah dua pekan sebelumnya sudah mulai gencar mempromosikan produk hantaran (Food Hampers Package) andalannya, melalui media sosial seperti WhatsApp (WA), Instagram (IG): @sweet zone – homemade brownies dan getok tular ke big family dan teman-teman dekat di seputaran Surabaya dan sekitarnya.

 

Sedangkan delapan personel Tim B yang dipimpin Syabila Sidiazza P.A., juga tampil percaya diri demi menyiapkan 40 Paket Hantaran yang elegan dan berkelas tampilannya berisi enam buah pie (tartlet) berasa manis dan asin (gurih) yang dijual dengan harga Rp 85.000 per paketnya.

 

”Enam buah pie (tartlet) dalam satu paket hantaran itu filling dan topping-nya terdiri atas almond, cashewnut, cookies, chocolate, cream cheese dan chicken cheese spicy, di mana masing-masing produk pie (tartlet) tersebut punya sensasi rasa yang berbeda dan tentunya disuka banget oleh anak-anak generasi millennial,” ujar Syabila setengah berpromosi, seraya mengenalkan nama Instagram (IG)-nya: @secret bakery.

 

Selama proses packaging, Syabila bersama anggota Tim B yang lain juga antusias mempercantik kemasannya dengan mini sticker bertuliskan Marhabhan yaa Ramadhan (untuk produksi tahap pertama), sedangkan tulisan Eid Mubarak pada kemasan produk selanjutnya untuk proses produksi tahap kedua, 23 April 2024 mendatang.

 

Dalam kesempatan itu Chef Ita Suhervin juga menginformasikan bahwa sebelum running ke proses produksi tahap pertama, dirinya telah menggelar Baking Demo & Duplication dua kali di hadapan 16 mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas B-Siang, tepatnya pada tanggal 7 dan 21 Februari 2024 lalu. Materi demonya seputar kreasi cake, pie (tartlet), cookies dan muffin (cupcake) kekinian yang cocok untuk paket hantaran.

 

Selanjutnya pada tanggal 6 Maret 2024, giliran dua tim mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas B-Siang ditantang untuk menghelat food test, sesuai passion dan kesepakatan masing-masing anggota tim, di mana Tim A sepakat membuat kreasi brownies dan Tim B menampilkan kreasi pie (tartlet) untuk paket hantarannya.


Sementara itu pada tanggal 13 Maret 2024 kedua tim diminta Chef Ita Suhervin untuk mempresentasikan proposal usahanya. Selama berdiskusi di ruang kelas, proposal usaha setiap tim pun tak luput untuk dikritisi, dievaluasi dan disempurnakan oleh Dosen Pembimbing.


Setelah proposal usaha itu disetujui Dosen Pembimbing, barulah masing-masing tim dipersilakan untuk memasuki tahap produksi. Proses produksi tahap pertama dilakoni pada 18 Maret 2024 lalu, sedangkan produksi tahap kedua dijadwalkan setelah Idul Fitri, tepatnya pada 23 April 2024 yang akan datang. Good jobs! Bro & Sis. The most impressive

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar