twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 11 Maret 2024

Asyiknya Mahasiswa Pastry Art Tristar Semarang Praktik Showpiece Cakes Bersama Chef Mei


Ocean Showpiece Cake, Cheongsam Showpiece Cake dan Cage Showpiece Cake, Tiga Kreasi Showpiece Cakes nan Keren Persembahan Mahasiswa Pastry Art Tristar Semarang Kelas A-Pagi

 


MAHASISWA Pastry Art Tristar Semarang (member of Tristar Group) Kelas A-Pagi mendapat tantangan dari Dosen Pengajar Pastry Art Tristar Group, Chef Dwi Mei Retnowati, demi membuat tiga kreasi Showpiece Cakes Decoration dengan tampilan kekinian di Kitchen Modern Tristar Semarang, yang berkampus di Metro Sport Center Jl. MT Hariyono, Semarang, pekan lalu.

 

Sampai sejauh ini, Chef Mei, sapaan akrabnya, sudah tidak asing lagi di hadapan mahasiswa Pastry Art Class Tristar Semarang, karena sebagai dosen terbang sering bergantian posisi mengajar dengan dosen lain yang berada di bawah jaringan kampus Tristar Group.



Selama pekan pertama Maret 2024 lalu, Chef Mei mengajarkan anak didiknya membuat kreasi Showpiece Cakes Decoration nan mewah dan superkeren tampilannya. Dari 17-an mahasiswa Pastry Art Tristar Semarang Kelas A-Pagi dibagi tiga tim, yakni Tim A, B, dan C, di mana masing-masing tim itu beranggotakan 5-6 orang mahasiswa.


Masing-masing tim pun harus berjibaku di Cold Kitchen Tristar Semarang (member of Tristar Group) demi membuat Showpiece Cakes Decoration yang superkeren. Kali ini setiap tim mengusung tema-tema populer untuk mempertegas karakter dari kreasi Showpiece Cake Decoration yang dibuat, yakni Ocean Showpiece Cake, Cheongsam Showpiece Cake dan Cage Showpiece Cake.


Sesuai Buku Ajar (Silabus) yang telah dibagikan kepada mahasiswa, untuk membuat kreasi Showpiece Cakes Decoration sesuai standar industri perhotelan, setidaknya ada empat tahapan pekerjaan yang wajib dilakoni dan step by step pekerjaan itu di-break down dalam empat kali tatap muka di Cold Kitchen Tristar Semarang.


Sebelum praktik, Chef Mei lebih dulu mengajarkan anak didiknya bagaimana cara meng-cover cake dengan plastic icing (fondant) yang betul. Selain itu, mahasiswa juga diajarkan cara membuat aneka ornament (hiasan) untuk Showpiece Cakes dari White Chocolate Compound (WCC) dan Dark Chocolate Compound (DCC).


Mahasiswa juga dipersilakan untuk menambahkan pernak-pernik pendukung demi menitikberatkan bahwa kreasi Showpiece Cakes Decoration yang dibuat oleh masing-masing tim itu hasilnya sesuai dengan ekspektasi. Bahkan tampilannya pun tampak amazing banget!


Kehebohan aksi mahasiswa itu semakin tampak saat masing-masing tim antusias menghias Showpiece Cakes Decoration pada hari terakhir, sebelum hasil kreasi terbaik dari masing-masing tim tersebut di-display di meja untuk dinilai dan dikritisi oleh dosen pembimbing.


Tim A yang dimotori Sidiq tampak fokus menghias Ocean Showpiece Cake pada pertemuan hari terakhir, sebelum hasil kreasinya di-display di meja untuk dinilai dan dikritisi oleh Chef Dwi Mei Retnowati bersama asistennya.


Tak mau kalah dengan keseruan tim A, maka 5-6 personel Tim B yang diketuai Safeera pun asyik memberikan finishing touch, sebelum kreasi andalannya yang bertajuk Cheongsam Showpiece Cake tersebut ditampilkan di meja display produk.


Semerntara itu segenap anggota Tim C yang dipimpin Tri Saraswati, juga tetap tampil penuh semangat di hari terakhir demi menunjukkan kreasi terbaiknya yang mengusung tema Cage Showpiece Cake nan elegan dan berkelas di Cold Kitchen Tristar Semarang.


”Saya mengapresiasi banget kerja keras setiap tim demi mempersembahkan tiga kreasi Showpiece Cakes Decoration nan mewah dan superkeren tampilannya sesuai standar industri perhotelan. Dua jempol untuk kalian semua,” terang Chef Mei kepada kru www.sekolahmasak.info, melalui layanan WhatsApp (WA), Selasa (12/03/2024) siang. Good jobs! Bro & Sis. Congratulations


Anda tertarik menjadi mahasiswa Pastry Art Class Tristar Semarang (member of Tristar Group), silakan menghubungi Tim Marketing Tristar Group, Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar