twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 12 Maret 2024

Aksi Ciamik Mahasiswa Praktik Masak Continental Cuisines di Kitchen Modern Tristar Samator


Pesona Tiga Menu Masakan Klasik dari Italia, Fettuccine Carbonara, Spaghetti Bolognaise dan Pasta ala Pesto & Grilled Chicken yang Mamamia Lezatos



GILIRAN mahasiswa Culinary Art Tristar Samator (member of Tristar Group) B Class yang mendapat tantangan dari Dosen Pengajar Culinary Art Tristar Group, Chef Fridolin, masak tiga menu masakan klasik Continental Cuisines, yakni Fettuccine Carbonara, Spaghetti Bolognaise dan Pasta ala Pesto & Grilled Chicken yang mamamia lezatos rasanya.

 

Fettuccine Carbonara merupakan salah satu menu masakan klasik dari Negeri Spaghetti (Italia). Resep masakan pasta yang berasal dari Roma (Italia) ini terbuat dari pasta fettuccine, keju bertekstur keras seperti keju pecorino romano atau parmesan, daging asap dan lada hitam.

 

Sedangkan Spaghetti Bolognaise adalah sajian pasta khas Italia dengan tambahan pasta tomat, daging sapi cincang dan bumbu-bumbu lainnya. Rasa pasta bolognaise asam segar sekaligus gurih, terkadang ditambahkan keju parmesan untuk memperkuat cita rasanya.


Sementara itu Pasta ala Pesto & Grilled Chicken atau biasa disebut Pasta Pesto Ayam Panggang adalah hidangan khas dari Italia yang sangat mudah disiapkan, namun penuh dengan rasa lezat yang kaya. Menu legendaris ini sempurna untuk hidangan makan malam bersama keluarga. Baik Spaghetti Bolognaise maupun Pasta ala Pesto & Gerilled Chicken, termasuk dalam kelompok menu masakan legendaris dari Negeri Spaghetti tersebut.

 

Praktik masak tiga menu Continental Cuisines pada hari kesembilan itu diikuti 11-an mahasiswa Culinary Art Tristar Samator B Class. Setiap individu mahasiswa fokus masak satu menu sesuai tugas dari Chef Frido, sapaan akrabnya. Praktik masak itu sendiri dihelat di Kitchen Modern Sky Suites SOHO-The Samator Jl. Raya Kedungbaruk No. 26-28 Surabaya, Rabu (06/03/2024), pekan lalu.

 

Berdasarkan arahan dari Chef Frido di Hot Kitchen Tristar Samator, empat mahasiswa yang hadir pagi itu diberi tantangan untuk masak Fettuccine Carbonara, sedangkan empat mahasiswa berikutnya diminta fokus masak Spaghetti Bolognaise dan tiga mahasiswa lainnya kebagian tugas membuat Pasta ala Pesto & Grilled Chicken.

 

Demi masak tiga menu makanan klasik dari Italia tersebut, maka setiap individu mahasiswa Culinary Art Class Tristar Samator juga wajib mengikuti Standard Operation & Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

 

”Setiap individu mahasiswa, saya minta menampilkan kreasi masakan khas Italia itu dengan tampilannya kekinian. Upayakan plating-annya yang berkelas, elegan dan lezat rasanya, seperti layaknya hidangan makanan mewah di hotel-hotel berbintang dan restoran terkenal di Surabaya,” terang Chef Frido kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, pekan lalu.

 

Demi memudahkan pekerjaan di Hot Kitchen Tristar Samator, 11 mahasiswa Culinary Art Class yang hadir pagi itu berbagi tugas sesuai pembagian jobs dari Dosen Pembimbing. Empat mahasiswa pertama yang hadir pagi itu diberi tantangan untuk masak Fettuccine Carbonara.

 

Sementara itu empat mahasiswa berikutnya diminta fokus masak Spaghetti Bolognaise dan tiga mahasiswa lainnya kebagian tugas membuat Pasta ala Pesto & Grilled Chicken yang berasa mamamia lezatos. Durasi masak tiga menu Continental Cuisines itu tidak lebih dari 90 menitan

 

Demi mempersembahkan hasil masakan terbaiknya, maka setiap individu mahasiswa Culinary Art Class pun berupaya tampil all out saat masak hingga mem-plating-nya, sebelum kreasi masakan tersebut dievaluasi dan dikritisi Chef Frido. Selama berjibaku di Kitchen Modern Tristar Samator, masing-masing personel berupaya keras untuk tampil all out! Good jobs! Bro & Sis. Amazing banget …

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Samator (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Head Office Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar